Ikuti 3 Cara Menanam Bunga Dahlia, Lengkap dengan Jenis-Jenisnya!

Artikel ini dibuat oleh tim konten Dekoruma. Setiap hari, kami menerbitkan cerita mengenai rumah, ikuti di sini.

3 Metode Menanam Bunga Dahlia dan Ragam Jenisnya

Mekar indah dengan mahkota berwarna, bunga dahlia memang punya daya pesona yang tinggi. Identik dengan warna cerah yang bervariasi, kebun rumah jadi tidak lengkap rasanya tanpa kehadiran si cantik dahlia. Bunga ini juga terkenal cukup tangguh dan bisa bertahan di saat bunga lainnya mulai berguguran melalui masanya.

Nah, bagi kamu yang tertarik menanam bunga dahlia di kebun rumah, berikut ini Kania akan membagikan cara-cara menanamnya. Namun, sebelum masuk ke pembahasan tersebut, ada baiknya kamu kenalan dulu dengan bunga dahlia dan jenis-jenisnya. Yuk, langsung saja simak di bawah ini!

Bunga Dahlia, Si Primadona Kembang

bunga dahlia warna ungugardeningknowhow.com

Berasal dari kawasan pegunungan Meksiko di Amerika Tengah, bunga dahlia merupakan tanaman dikotil yang serumpun dengan bunga krisan, bunga matahari, dan sejenisnya. Hal inilah yang membuat kelopak bunga yang cantik ini tipis menumpuk dalam berbagai lapisan.

Selain itu, bunga dahlia juga merupakan kelompok tumbuhan semak yang notabene tangguh di berbagai kondisi lingkungan. Daya adaptifnya cukup tinggi, termasuk jika ditanam di daerah beriklim tropis di Indonesia. Untuk urusan keindahan pun semua pasti setuju kalau bunga dahlia layak menjadi primadona favorit yang menghias kebun rumah.

Jenis-jenis Bunga Dahlia

jenis-jenis bunga dahliagardeningknowhow.com

Terdiri dari 1.200 jenis, ada beberapa bunga dahlia yang umum ditanam untuk hobi pribadi yang dapat mempercantik pekarangan rumah. Di antaranya adalah dahlia kuning, amarilis, pom-pom, dahlia anemone, dan beberapa varian lokal lainnya. 

Nah, kalau kamu mau menanam salah satu dari jenis bunga dahlia tersebut, pastikan bahwa bibit yang didapat berkualitas unggul supaya hasilnya pun maksimal. Lokasi tanamnya juga harus yang cukup sinar matahari serta media tanam yang gembur. Gunakan wadah polybag jika tidak memiliki lahan yang cukup untuk menanamnya.

3 Cara Menanam Bunga Dahlia di Rumah

aneka jenis bunga dahliapetalrepublic.com

Pada dasarnya, ada tiga cara utama untuk menanam bunga dahlia di rumah, yaitu dengan metode menanam benih, stek, dan umbi. Kamu bisa memilihnya sesuai dengan kemampuan dan yang dirasa paling mudah.

1. Menanam Bunga Dahlia dengan Benih

menanam bunga dahlia dengan benihbenessereblog.it

Menanam bunga dahlia dengan benih termasuk salah satu yang paling mudah karena caranya hampir sama dengan menanam tumbuhan pada umumnya. Benihnya pun bisa didapatkan di toko bunga ataupun secara online. Adapun, langkah-langkah menanam bunga dahlia dengan metode benih adalah:

  • Sebarkan benih secara merata di atas media, lalu tutup dengan lapisan tanah yang tipis saja.  
  • Media tanam yang digunakan harus cukup lembap. Jika kondisi cuaca kering, tambahkan karung goni atau daun pisang yang bersih. Setelah itu, tambahkan juga plastik transparan di atas media semai sebagai pelindung bunga.
  • Setelah bibit tumbuh dan berdaun sempurna sebanyak enam helai, pindahkan bunga ke tempat yang lebih besar dan berisi sekam serta pupuk kandang dengan komposisi 6:1.
  • Perhatikan intensitas sinar matahari dan usahakan agar bunga dahlia senantiasa mendapatkan sinar matahari yang cukup.

2. Menanam Bunga Dahlia dengan Stek

cara menanam bunga dahliajackwallington.com

Menanam dengan stek adalah budidaya yang menggunakan potongan bagian dari tanaman, misalnya akar, daun, batang, dan sebagainya. Cara ini biasanya digunakan untuk bunga dahlia yang tidak dapat berbiji. Langkah-langkahnya adalah:

  • Siapkan potongan stek bunga dahlia yang sudah tumbuh pada bagian tunas ketiak dengan ukuran 7-10 cm.
  • Potong tunas dengan hati-hati dan pastikan kondisi pisau bersih alias tidak terkontaminasi untuk menghindari penyakit.
  • Persiapkan media tanam di polybag kecil yang telah diisi sekam dan pupuk kandang dengan perbandingan 6:1.

3. Menanam Bunga Dahlia dari Umbi

cara menanam bunga dahlia dengan umbiflowermag.com

Menanam bagian umbi adalah sarana reproduksi dari batang yang tumbuh dan berkembang di dalam tanah. Nah, bunga dahlia juga memiliki bagian umbi yang bisa kalian manfaatkan. Berikut caranya:

  • Rendam umbi dahlia di dalam air yang bersih dari fungisida dan zat penumbuh tanaman.
  • Setelah itu, siapkan pot tanaman berukuran 30 cm dan media tanam. Adapun, media tanam yang digunakan, yaitu campuran tanah, arang sekam, dan kompos.
  • Mulai proses penanaman dengan posisi tunas di atas mendekati permukaan tanah. Kemudian, posisikan umbinya miring ataupun berbaring.
  • Dalam tiga hari pertama penanaman, tempatkan tanaman bunga dahlia pada tempat yang teduh. Setelah itu, pindahkan ke tempat yang lebih terbuka.

Nah, apakah kamu sudah siap menanam bunga dahlia di rumah? Dari ketiga cara di atas, kira-kira kamu pilih yang mana, nih? Apa pun itu, pastikan kamu melakukannya dengan benar dan juga merawatnya secara berkala, ya! Selamat menanam bunga dahlia dan temukan ragam aturan merawat tanaman lainnya di Dekoruma!

kamu sedang mencari furnitur baru untuk hunianmu? Dekoruma menyediakan aneka furnitur yang multifungsi dan space saving untuk hunianmu, lho. Selain itu, Dekoruma juga jual Calista, merek wadah makanan yang aman digunakan. Harganya pun ramah di kantong. Yuk, langsung saja kepoin Dekoruma!

Voucher Dekohouse