Mau Buka Usaha Rumah Kost? Perhatikan Dulu 6 Hal ini!

Artikel ini dibuat oleh tim konten Dekoruma. Setiap hari, kami menerbitkan cerita mengenai rumah, ikuti di sini.

Hal Penting yang Harus Dipertimbangkan Sebelum Buka Usaha Rumah Kost

Mengandalkan pendapatan dari satu sumber saja tidak cukup. Kamu membutuhkan usaha sampingan untuk menambah jumlah pendapatan. Misalnya saja, dengan membuka usaha rumah kost. Usaha yang satu ini dapat dikelola tanpa mengganggu pekerjaan utama dan memberikan passive income

Modal untuk membuka rumah kost pada dasarnya cukup besar karena harus memiliki rumah lain. Bahkan, tak jarang orang-orang membeli rumah baru untuk dijadikan tempat kost. Oleh karena itu, pengusaha perlu merencanakan budget dan aspek lain sebaik mungkin supaya usahanya lancar. Jika kamu tertarik, simak dulu hal-hal di bawah ini sebelum membuka usaha rumah kost supaya tidak merugi.

Pilih Lokasi yang Strategis

ilustrasi lokasi strategis rumah kostpixabay.com

Lokasi yang strategis akan membuat rumah kost milikmu dilirik oleh banyak orang. Untuk memilihnya, pertama-tama kenali dulu target penyewa. Apakah mahasiswa atau karyawan? Jika menargetkan mahasiswa, pilihlah lokasi yang dekat dengan kampus. Sebaliknya, untuk karyawan, pilihlah lokasi di dekat area perkantoran, seperti rumah-rumah di Jakarta Selatan. Semakin dekat lokasi rumah kost, maka semakin baik.

Apabila lokasi yang paling dekat dengan kampus dan kantor tidak tersedia atau over budget, kamu bisa mencari lokasi strategis lainnya. Di antaranya, lokasi yang dapat dijangkau dengan transportasi umum, ramai dengan rumah makan, serta dekat pusat perbelanjaan.

Bersih, Nyaman, dan Aman Itu Penting

kamar sederhana di dalam rumah kostpixabay.com

Setelah menemukan lokasi yang strategis, kamu perlu menyediakan kamar kost yang baik. Syaratnya adalah bersih, nyaman, dan aman. Saat ketiga aspek ini terpenuhi, kamar yang kecil pun akan disukai oleh penyewa. 

Kebersihan rumah kost bisa dijaga dengan cara merekrut asisten rumah tangga. Pastikan seluruh sudut rumah kost disapu dan dipel secara rutin. Untuk kenyamanan, beri penerangan dan ventilasi udara yang baik di setiap kamar kost. 

Sementara itu, untuk keamanan bersama, lengkapi rumah kost dengan CCTV.  Di era yang modern ini, konsep smart home bisa diterapkan pada rumah kost. Misalnya, masing-masing kamar dan pintu masuk menggunakan sistem PIN atau sidik jari. Pintu pun akan terkunci otomatis saat ditinggalkan penyewa. Hal ini tentunya dapat meminimalisir tindak kejahatan.

Sediakan Fasilitas Pendukung

fasilitas setrika di dalam rumah kostpixabay.com

Untuk dapat bersaing dengan rumah kost lainnya, sediakan juga fasilitas pendukung bagi penyewa. Di antaranya adalah Wi-Fi yang unlimited dan kencang, serta furnitur yang lengkap di dalam kamar, seperti tempat tidur, lemari, meja, dan kursi.

Bisa juga menyediakan layanan laundry in house untuk menghemat waktu penyewa dan meminimalisir kehilangan pakaian. Kebutuhan akan makan dan minum juga perlu dipenuhi. Fasilitas dapur yang sederhana, galon air minum, atau katering akan disukai oleh penyewa.

Harga yang Bersaing

ilustrasi harga terbaik untuk rumah kostpixabay.com

Harga sewa merupakan salah satu pertimbangan penyewa saat memilih kost. Untuk menentukan harga yang bersaing, rajinlah mencari informasi terkait harga rumah kost di lokasi yang sama. Bila perlu, bandingkan juga harga tersebut dengan fasilitas yang ditawarkan. Kamar kost dengan kamar mandi dalam dan AC, memiliki harga sewa yang lebih mahal dibandingkan kamar kost dengan kamar mandi luar dan kipas angin.

Promosikan dengan Tepat

seseorang sedang menempelkan tanda kamar disewa di rumah kostrealtor.com

Rumah kost yang didesain dengan nyaman dan dilengkapi fasilitas mumpuni tidak akan dilirik orang tanpa promosi yang baik. Saat ini, ada banyak media yang dapat dipilih untuk mempromosikan rumah kost, misalnya lewat media sosial, brosur, atau situs properti. Di samping itu, berikan tawaran menarik yang menguntungkan penyewa dan pemilik rumah kost. Contoh yang paling umum adalah gratis biaya sewa satu bulan jika membayar biaya sewa setahun di muka.

Surat Perjanjian dengan Penyewa

surat perjanjian untuk rumah kostpixabay.com

Layaknya menyewakan properti, surat perjanjian di antara penyewa dan pemilik rumah kost itu wajib diadakan. Hal ini untuk mencegah penyewa berbuat lalai sehingga merugikan kamu sebagai pemilik kost, dan begitu juga sebaliknya. Beberapa hal yang perlu dicantumkan adalah kewajiban dan hak kedua belah pihak, sanksi pelanggaran, serta tata cara pembayaran.

Sekarang, apakah kamu sudah siap membuak usaha rumah kost? Jangan lupa kunjungi laman Dekoruma untuk menemukan inspirasi desain kamar tidur yang akan disukai oleh calon penyewa, ya!

Kalau kamu justru masih mencari rumah yang nyaman dan berlokasi strategis untuk dijadikan rumah kost, kamu bisa menemukannya melalui DekorumaHouse, lho! Beberapa di antaranya, ada rumah dijual di Jakarta Barat, Depok, Tangerang, hingga Bekasi. Semoga rencanamu untuk membuka usaha rumah kost berjalan lancar, ya!

article_cicilan_0_percent
Voucher Dekohouse