Yuk, Kenalan dengan Motif Batik Kawung yang Sarat Makna!

Artikel ini dibuat oleh tim konten Dekoruma. Setiap hari, kami menerbitkan cerita mengenai rumah, ikuti di sini.

Memahami Motif Batik Kawung yang Memiliki Makna Mendalam

Batik merupakan kerajinan bernilai seni tinggi dan mewakili budaya asli Indonesia. Terdiri dari berbagai corak yang sarat makna serta memiliki karakter tersendiri berdasarkan asal pembuatannya, batik pun mengalami perkembangan dari tahun ke tahun baik dalam segi desain, motif maupun proses dalam pembuatannya.

Dari sekian banyak motif batik yang ada di Indonesia, salah satu yang sangat terkenal adalah batik kawung. Batik kawung memiliki nilai filosofis yang tinggi, serta tak hanya diaplikasikan pada kain untuk dikenakan pada acara tertentu saja, tapi juga dijadikan ornamen unik pada berbagai benda, seperti pada lukisan, sarung bantal sofa, hingga dekorasi bangunan.

Lantas, apakah kamu tertarik mengenal batik kawung secara lebih detail? Sebagai referensi, Kania akan membahas serba-serbi mengenai batik kawung pada artikel berikut ini! 

Motif Batik Kawung

motif batik kawung pada kaingoogle.com

Batik kawung memiliki motif unik yang terinspirasi dari bulatan menyerupai buah kawung yang dibelah menjadi dua dan ditata secara apik hingga bergaya geometris. Dilansir dari beberapa sumber, motif batik kawung juga kerap diartikan sebagai gambar bunga teratai dengan empat lembar mahkota bunga yang mekar. 

Makna Batik Kawung

motif batik kawunggoogle.com

Motif batik kawung memiliki makna yang sangat dalam, yakni kemurnian, kesempurnaan, dan kesucian. Jika dikaitkan dengan kata suwung yang berarti kosong, maka motif batik kawung dapat ditafsirkan sebagai pengendalian diri yang sempurna atas hasrat duniawi.

Dengan demikian, kekosongan ini akan menjadikan seseorang menjadi lebih netral, tak ingin menonjolkan diri, dan membiarkan segala hal yang ada di sekitarnya agar berjalan sesuai kehendak dari alam. Bahkan, semar yang ditafsirkan sebagai manusia titisan dewa dan berakhlak bijaksana selalu mengenakan kain dengan motif batik kawung. 

Motif Batik Kawung Berdasarkan Ukuran

seseorang menjahit kain dengan motif batik kawunggoogle.com

Motif batik kawung terdiri dari berbagai jenis yang terbagi berdasarkan ukuran dengan penyebutan yang diambil dari nama koin yang beredar pada zaman Belanda. Lantas, apa saja sih jenis batik kawung yang saat ini beredar di Indonesia?

  • Batik Kawung Picis

Motif batik kawung yang satu ini memiliki desain unik yang tersusun oleh bulatan berukuran kecil. Sementara itu, penamaannya sendiri diambil dari mata uang 10 sen yang memang ukurannya kecil.

  • Batik Kawung Bribil

Memiliki bentuk bulatan yang sedikit lebih besar ketimbang motif batik kawung picis. Penamaannya pun diambil dari mata uang senilai 25 sen yang ukurannya sedikit lebih besar.

  • Batik Kawung Sen

Batik kawung sen memiliki bentuk bulat-lonjong yang ukurannya lebih besar ketimbang batik kawung bribil. Ukuran tersebut disesuaikan berdasarkan koin senilai satu sen yang beredar di zaman kolonial Belanda.

  • Batik Kawung Kemplong

Terakhir adalah batik kawung kemplong. Jenis ini memiliki motif terbesar ketimbang ketiga jenis batik kawung lainnya. 

Motif Batik Kawung Berdasarkan Desain

kain motif batik kawungbatikfiga.com

Selain terbagi dalam berbagai ukuran, jenis motif batik kawung pun terbagi lagi jika dilihat dari desainnya. Berikut ini adalah jenis-jenis batik kawung berdasarkan desainnya:

  • Batik Kawung Beton

Jenis batik kawung yang satu ini memiliki rupa berbentuk empat buah bulatan dengan dua buah titik segi empat yang seolah-olah dibatasi oleh garis berbentuk silang. Adapun, penamaan beton pada motif batik kawung ini diambil dari nama biji buah nangka dalam bahasa Jawa.

  • Batik Kawung Geger

Ada pula batik kawung geger dengan motif berukuran besar yang dipercantik dengan motif kawung berukuran lebih kecil pada bagian dalamnya. Batik kawung jenis ini dianggap paling sakral sehingga hanya boleh digunakan oleh raja dan kerabatnya.

  • Batik Kawung Kopi

Memiliki desain dengan ornamen utama berbentuk bulatan lonjong, terdapat pula bentuk garis yang membelah menjadi dua pada setiap bagiannya. Dengan demikian, bentuknya menyerupai biji kopi.

  • Batik Kawung Sekar Ageng

Motif batik kawung yang satu ini terdiri dari ornamen berbentuk empat bulatan lonjong yang telah mengalami perubahan menjadi bujur sangkar. Di setiap ornamen utama terdapat pula tiga buah garis yang diikuti oleh tiga buah titik.

  • Batik Kawung Semar

Terakhir adalah motif batik kawung semar. Jenis ini terdiri dari ornamen utama berbentuk empat bulatan lonjong dengan ukuran besar yang menyerupai batik kawung beton dan dipadukan dengan ornamen bulatan lonjong berukuran lebih kecil pada bagian dalamnya.

Pengaplikasikan Motif Batik Kawung

aplikasi motif batik kawungwikipedia.org

Selain diaplikasikan pada kain, motif batik kawung pun diaplikasikan pada berbagai ornamen. Kamu bisa menemukan motif batik kawung yang diaplikasikan pada sekat ruangan dan berbagai benda, seperti kotak tisu, cover dispenser, hiasan dinding, hingga fasad bangunan.

Melalui penjelasan di atas, Kania harapkan kamu bisa mengenal motif batik kawung dengan lebih dekat. Selain informasi mengenai batik kawung, temukan juga berbagai inspirasi dan informasi menarik lainnya melalui artikel Dekoruma!

Kamu juga bisa sekaligus membeli furnitur multifungsi dengan harga terjangkau yang akan membuat hunianmu makin space saving, lho. Dekoruma jual kursi kantor, sofa minimalis, meja makan, dan lemari pakaian.

Selain furnitur, Dekoruma juga jual Dunlopillo, Sleep Care, dan Comforta, merek kasur ternama Indonesia yang punya kualitas material terbaik. Tunggu apa lagi? Buruan kunjungi laman Dekoruma dan cari semua kebutuhan rumahmu!

Voucher Dekohouse