6 Desain Pintu Geser Kayu dengan Kesan Alami yang Khas

Artikel ini dibuat oleh tim konten Dekoruma. Setiap hari, kami menerbitkan cerita mengenai rumah, ikuti di sini.

Aneka Model Pintu Geser Kayu dengan Sentuhan Natural

Saat membangun hunian mungil, kamu perlu merencanakan tata ruang dan elemen bangunan yang efisien. Salah satu solusi yang paling sering digunakan adalah menghadirkan pintu geser. Model pintu seperti ini lebih space saving dibanding pintu biasa. Pasalnya, area di sekitar pintu dapat dimanfaatkan untuk meletakkan benda lain dan tidak perlu takut bukaan pintu terhalang.

Pintu geser dapat dibuat dari berbagai macam material, di antaranya adalah kayu. Pintu geser kayu sering dipilih bukan tanpa alasan. Material ini kuat, cocok untuk aneka desain hunian, dan memiliki kesan alami yang amat khas. Tertarik menggunkan pintu geser kayu? Yuk, simak 6 pilihan desain  pintu geser kayu dari Kania berikut ini!

Pintu Geser Kayu ala Hunian Japandi

 pintu geser kayu japandifacebook.com

Hunian Japandi alias Japanese-Scandinavian mengutamakan interior yang sederhana, bersih, efisien, dan juga space saving. Pintu geser kayu pada hunian Japandi kerap menggunakan warna dengan tone yang muda dan pastel, seperti pintu geser kayu yang satu ini.

Pada daun pintunya juga terdapat kaca yang berfungsi untuk menyalurkan cahaya ke seluruh ruangan. Sekilas, konsepnya mirip dengan pintu geser khas Jepang, shoji. Pintu tersebut menggunakan kertas khusus dan sifatnya tembus cahaya.

Tampak Usang, Ciri Khas Pintu Bergaya Rustic

pintu geser kayu rusticpchenderson.com

Pintu geser kayu ala rustic ini memiliki desain yang terdiri dari dua pintu. Bentuknya sangat sederhana. Tampilannya khas rustic dengan cat putih yang mengelupas. Pada beberapa titik, warna asli kayu terlihat jelas dan memberikan sentuhan alami pada pintu. Bagian rel menggunakan besi warna hitam yang menciptakan kesan kokoh. Unik banget, ya?

Pintu Geser Kayu Minimalis Modern

pintu geser kayu minimalis modern

laurameroni.com

Sifat material kayu yang alami tidak akan hilang meski diolah menjadi pintu yang minimalis dan modern. Pintu geser kayu ini menonjolkan serat halus alaminya yang khas. Warnanya cokelat muda dan tidak memiliki pola. Aksen yang melengkapi hanyalah pegangan mungil untuk memudahkan penghuni menggeser pintu.

Rel pintu geser kayu ini tersembunyi dengan baik sehingga tampilannya begitu sempurna untuk desain interior. Jumlah pintunya pun ada banyak. Dengan demikian, kamu bisa menggeser pintu dan menggabungkan dua ruangan yang bersebelahan. Cukup efisien untuk menata ruang, nih!

Pintu Geser Kayu Kuno nan Alami

pintu geser kayu tuagambrick.com

Desain pintu geser kayu berikut ini sangat sederhana. Bentuknya persegi panjang dengan rel di bagian atas. Namun, pesonanya terpancar dari kayu yang digunakan. Dilihat sekilas, kayunya tampak sudah tua. Warnanya gelap dengan serat yang berukuran besar. Kesan alami pun semakin terasa di dalam hunian!

Pintu Geser Milik Lumbung

pintu geser kayu lumbungtrueamericangrain.com

Desain pintu geser kayu dengan material yang biasa ditemukan pada lumbung memiliki ciri khasnya sendiri. Papan kayu disusun ke samping, lalu dibingkai dengan papan kayu lain yang lebarnya serupa. Bagian tengahnya diberi papan lagi dalam susunan horizontal dan diagonal supaya menjadi lebih kokoh. Nah, karena menggunakan gabungan papan, serat kayu mungkin akan tampak tidak sama. Namun, itulah yang akan menonjolkan kesan alaminya! 

Kombinasi dengan Material Kaca

pintu geser kayu kacaraydoor.com

Memadukan material kaca pada pintu geser kayu tidak akan mengurangi kesan alami. Justru, menjadikannya semakin bertahan di dunia modern. Material kaca disematkan pada daun pintu. Sifatnya tidak tembus pandang sehingga privasi penghuni tetap terjaga.

Serat kayu yang digunakan tergolong cukup minimalis dan rapi. Warna alami kayu tampil menawan dengan finishing yang mengkilau. Dinding di samping pintu pun turut menggunakan material yang sama sehingga terlihat menyatu dengan sempurna. 

Desain keenam pintu geser kayu tadi sangat alami dan space saving, ya? Namun, perlu diingat kalau tampilan tersebut akan sia-sia tanpa perawatan. Buatlah bagian rel sekuat mungkin supaya pintu geser kayu tidak roboh. Kayu yang dipilih pun harus kuat, seperti kayu jati biasa dan jati belanda. Untuk penggunaan kayu blockboard dan HPL kurang disarankan. Selain itu, rutinlah memberi pelumas dan bersihkan rel supaya pintu mudah digeser. Semoga artikel ini dapat menginspirasi kamu, ya!

Oh iya, jangan lupa lengkapi juga hunianmu dengan aneka furnitur yang multifungsi supaya hunian makin space saving, ya! Nggak usah bingung karena kamu bisa membeli furnitur multifungsi dan efisien di Dekoruma, lho. Beberapa di antaranya, ada sofa bed, meja lipat, rak dinding, side table, dan masih banyak lagi.

Tak hanya furnitur, Dekoruma juga jual kasur The Luxe, Sleep Care, dan Comforta yang terkenal akan kualitas bahannya. Yuk, langsung saja cek selengkapnya di Dekoruma!

Voucher Dekohouse