Mendekati Hari H, Yuk Ketahui Manfaat Puasa Bagi Kesehatan!

Artikel ini dibuat oleh tim konten Dekoruma. Setiap hari, kami menerbitkan cerita mengenai rumah, ikuti di sini.

Mengetahui Manfaat Puasa untuk Kesehatan Tubuh

Bulan Ramadan tinggal menghitung hari. Sudah siapkah kamu untuk mulai berpuasa? Manfaat puasa tidak hanya untuk memenuhi perintah agama dan mendapat pahala. Nyatanya, manfaat puasa juga bisa langsung terasa untuk kesehatanmu, lho!

Jika kamu berpikir puasa akan membuat lemas dan seseorang jadi lebih gampang sakit, maka kamu keliru. Hal ini karena secara keseluruhan, puasa bertujuan untuk membuat tubuh lebih sehat dan bugar. Penasaran apa saja manfaat puasa secara detail sampai bisa membuat tubuh lebih sehat? Simak ulasan Kania berikut ini, yuk!

Melancarkan Metabolisme Tubuh

manfaat puasa untuk metabolisme tubuhscientificamerican.com

Sering dengar kalau puasa bisa membuat berat badan turun? Sebenarnya, manfaat puasa lebih daripada itu! Saat kamu berpuasa, kadar neurotransmitter norepinephrine di tubuh bertambah sehingga meningkatkan metabolisme. Metabolisme yang lebih lancar inilh yang membuat sistem pencernaan juga jauh lebih lancar dan sehat, sekaligus ampuh menurunkan berat badanmu.

Puasa Menjaga Kesehatan Jantung

manfaat puasa untuk kesehatan jantungheartfoundation.org.au

Manfaat puasa yang satu ini sangat luar biasa. Bayangkan saja, berpuasa ternyata bisa menurunkan kadar kolesterol jahat sekaligus meningkatkan kadar kolesterol baik hanya dalam empat minggu, yang artinya seperti puasa Ramadan. Kadar kolesterol yang lebih terkontrol inilah yang membuat jantung lebih sehat karena potensi pembentukan plak yang menghalangi aliran darah ke jantung bisa dikurangi.

Otak Jadi Lebih Sehat

manfaat puasa untuk kesehatan otakenhapp.com

Ketika kamu berpuasa, otak juga terkena imbas baiknya. Ini karena manfaat puasa berpengaruh positif untuk membuat kinerja otak lebih bagus. Puasa mampu meningatkan pembentuk sel saraf di otak. Inilah yang membuat daya ingatmu menjadi lebih kuat. Bukan cuma itu, rajin berpuasa juga bisa memberi manfaat puasa berupa pencegahan terhadap penyakit yang mengarah ke penurunan fungsi otak, seperti alzheimer dan parkinson.

Manfaat Puasa Kurangi Radang

manfaat puasa untuk radangcornerstonephysio.com

Peradangan biasanya terjadi karena sistem imun sedang melawan infeksi yang ada di tubuhmu. Ketika peradangan muncul, kondisi nyeri pun sulit dielakkan. Peradangan bahkan bisa memicu berbagai penyakit serius lain, seperti penyakit jantung dan diabetes. Namun, manfaat puasa yang satu ini tidak bisa langsung kamu rasakan. Berdasarkan penelitian, radang bisa berkurang jika kamu rajin berpuasa minimal 12 jam dalam sehari.

Menurunkan Tekanan Darah

manfaat puasa untuk tekanan darahheadtopics.com

Manfaat puasa ternyata sangat mujarab untuk orang-orang yang kerap mengalami tekanan darah tinggi. Berpuasa nyatanya bisa membantu mengontrol, bahkan menurunkan tingkat tekanan darah secara alami. Manfaat ini ada karena ketika puasa, pola makan jadi lebih teratur.

Gula Darah Lebih Terkontrol

manfaat puasa untuk jaga gula darahscmp.com

Punya riwayat penyakit diabetes? Kamu wajib lebih sering berpuasa! Hal ini karena puasa bisa mengontrol kadar gula darah secara lebih efektif. Saat puasa, jumlah kalori yang masuk ke tubuh cenderung lebih kecil. Asupan kalori yang terbatas inilah yang menjadi manfaat puasa untuk mengurangi resistensi insulin sehingga gula darah lebih terkontrol.

Dorong Proses Detoksifikasi

manfaat puasa untuk detoksifikasiiswari.com

Detoksifikasi bisa membuat tubuhmu lebih sehat karena racun-racun yang ada di dalam tubuh bisa terbuang. Daripada sulit memirkikan metode detoksifikasi, lebih baik kamu berpuasa yang rajin. Soalnya, manfaat puasa ternyata juga bisa membuang toksin atau zat buruk di dalam tubuhmu. Badan pun bisa menjadi lebih segar, tidak mudah lelah, dan tidak mudah terpapar penyakit.

Buat Lebih Bahagia

manfaat puasa untuk psikologisincimages.com

Percaya tidak kalau hati yang gembira bisa menjadi penangkal berbagai penyakit? Berbagai penelitian pun telah menemukan keterikatan antara rasa bahagia dan kondisi badan yang bugar. Ketika berpuasa, kamu sebenarnya bisa lebih bahagia. Ini karena ada manfaat puasa yang tidak diduga, yaitu meningaktkan produksi hormon endorfin. Jadi, kamu bisa merasa lebih baik atau lebih bahagia.

Gimana, sudah siap untuk memulai Puasa Ramadan tahun ini dan merasakan manfaat puasa untuk kesehatan? Jangan lupa menyediakan bahan makanan untuk dimasak sebelum buka puasa dan setel ulang alarm di rumahmu supaya tidak telat untuk sahur. Selamat menyiapkan diri untuk menyambut ibadah puasa!

Kamu sedang mencari furnitur multifungsi untuk rumahmu? Kamu bisa menemukannya di Dekoruma, lho! Dekoruma jual furniture minimalis dengan harga terjangkau yang bisa kamu pilih sesuai kebutuhan ruang, seperti lemari dapur, coffee table, rak penyimpanan, meja TV, dan kursi kantor. Modelnya pun sangat menarik dan efisien sehingga hunian akan lebih space saving.

Tak hanya itu, Dekoruma juga jual kasur King Koil, Sleep Care, dan Comforta yang terkenal akan kualitas materialnya. Yuk, langsung saja cek selengkapnya di Dekoruma!

Voucher Dekohouse