Memahami Tenor, Penting untuk Kredit Rumah, Lho!

Artikel ini dibuat oleh tim konten Dekoruma. Setiap hari, kami menerbitkan cerita mengenai rumah, ikuti di sini.

Mengenal Tenor dalam Proses Kredit Rumah

Kamu berencana membeli rumah baru? Salah satu solusi yang kerap dilakukan oleh banyak orang adalah membeli rumah secara kredit. Dengan persyaratan yang cenderung mudah serta proses yang cukup cepat, tentu saja melakukan cicilan ataupun kredit memberikan solusi bagi kamu yang ingin memiliki rumah impian.

Sebelum memutuskan untuk kredit rumah, terdapat beberapa hal yang harus kamu pahami. Salah satunya adalah tenor yang wajib diketahui karena memiliki peranan penting dalam cicilan yang kamu ambil. Nah, supaya kamu lebih paham dan tidak salah memilih, kali ini Kania akan mengulas serba-serbi tenor dalam kredit rumah. Yuk, langsung saja simak ulasannya di bawah ini!

Apa Itu Tenor?

gambar miniatur rumah sebagai ilustrasi tenor kredit rumahpropertinterest.com

Tenor merupakan salah satu istilah umum dalam perkreditan. Tenor merujuk pada jangka waktu dari pinjaman kredit yang kamu lakukan. Nantinya kamu harus membayarkan cicilan berdasarkan jangka waktu yang telah ditentukan di awal proses pengambilan kredit rumah dan disetujui oleh kedua belah pihak.

Jika kamu memutuskan untuk melakukan kredit rumah dalam jumlah besar, sedangkan kemampuan finansial kamu untuk membayar pinjaman tersebut tidaklah banyak, maka kamu bisa mengambil tenor dalam jangka panjang. Sebaliknya, jika kamu mengambil kredit rumah dalam jumlah yang kecil, maka sebaiknya mengambil tenor yang lebih singkat agar proses pelunasan bisa selesai lebih cepat. 

Tenor Berdasarkan Waktu

gambar rumah dengan tumpukan koin sebagai ilustrasi tenorbpcaction.org

Ada dua opsi tenor berdasarkan waktu yang umum ditawarkan oleh kreditur atau bank. Pertama adalah tenor jangka panjang dengan waktu pengembalian mulai dari 3 hingga 30 tahun. Namun, tak semua orang bisa mendapatkan tenor jangka panjang karena kreditur tidak ingin mengambil risiko tinggi, terlebih jika pemohon tidak memiliki penghasilan tetap setiap bulannya. Selain itu, persyaratan untuk mengambil tenor panjang pun biasanya lebih rumit untuk memastikan debitur mampu melunasi cicilan.

Selain itu, ada pula opsi tenor jangka pendek dengan masa pengembalian pinjaman mulai dari 1 bulan hingga 3 tahun lamanya. Namun, umumnya opsi tenor ini tak berlaku untuk KPR rumah yang memang memerlukan lebih banyak dana dan biasanya hanya mencakup transaksi untuk pembelian barang dengan harga yang jauh lebih rendah, seperti handphone ataupun peralatan elektronik rumah tangga.

Tenor dalam Kredit Rumah

miniatur rumah kayu sebagai ilustrasi tenor dalam kredit rumahwhitegates.co.uk

Jika telah memutuskan untuk kredit rumah, kamu harus menyesuaikan jumlah cicilan setiap bulan berdasarkan tenor pelunasan cicilan tersebut. Apabila kamu berencana untuk mengambil kredit rumah dengan tenor panjang di atas 20 tahun, terdapat keuntungan yang bisa kamu rasakan, misalnya jumlah uang muka yang lebih kecil sehingga membuatmu bisa lebih cepat mendapatkan rumah impian.

Namun, jika kamu memilih tenor pendek di bawah 20 tahun, maka terdapat sejumlah pertimbangan yang harus kamu pahami seperti jumlah DP yang jauh lebih besar. Kendati demikian, pengambilan kredit dengan tenor pendek biasanya dibebankan dengan bunga yang lebih kecil sehingga berdampak pada jumlah cicilan yang kamu bayarkan setiap bulannya.

Suku Bunga dalam Kredit Rumah

gambar rumah di atas tumpukan koin sebagai ilustrasi tenorworthpropertyinvesting.com.au

Selain tenor, kamu juga harus memperhatikan suku bunga sebelum memutuskan untuk kredit rumah. Dalam Kredit Pemilikan Rumah atau KPR, terdapat opsi suku bunga tetap (fixed rate) yang jumlahnya tidak mengalami perubahan selama mengambil tenor dan tentu saja menguntungkan pembeli karena tidak ada kenaikan jumlah cicilan yang harus dibayarkan. Selain itu, ada pula suku bunga mengambang (floating rate) yang jumlahnya terus mengalami penyesuaian berdasarkan tingkat bunga kredit yang berlaku.

Tips Tentukan Tenor Secara Tepat

ilustrasi tenor dalam kredit pemilikan rumahmarketing-action.fr

Saat mengambil kredit rumah tentu saja kamu harus berkomitmen penuh agar bisa melunasinya sesuai tenor yang diambil. Namun, Kania punya beberapa tips yang bisa kamu lakukan agar bisa menentukan tenor secara tepat. Pertama, pilihlah rumah sesuai kebutuhan dengan harga yang lebih terjangkau, misalnya dengan membeli rumah dijual yang harganya cenderung lebih rendah dibanding rumah baru sehingga cicilan yang harus dibayarkan tidak terlalu membebani pengeluaran bulanan kamu.

Selain itu, hitung juga kemampuan finansial kamu dalam membayar cicilan setiap bulan dan pastikan untuk tidak memaksakan diri mengambil cicilan dengan jumlah terlalu besar. Meskipun kamu mendapatkan opsi cicilan yang lebih kecil dengan tenor panjang, tapi kamu juga tetap harus mempertimbangkan risiko lain, misalnya kehilangan pekerjaan ataupun pendapatan yang mungkin tidak stabil di masa depan.

Melalui penjelasan terkait tenor di atas, diharapkan kamu bisa mengambil keputusan secara tepat saat ingin melakukan kredit rumah. Jangan lupa simak juga informasi dan inspirasi lain mengenai rumah melalui artikel di Dekoruma, ya!

Kalau kamu justru masih mencari rumah idaman yang sesuai kebutuhan, kamu bisa menemukannya melalui DekorumaHouse, lho! Ada berbagai pilihan rumah dengan harga terbaik di berbagai daerah di Jabodetabek, seperti rumah dijual di Jakarta Selatan dan Bekasi, ataupun rumah baru di Depok dan Tangerang. Tunggu apa lagi? Yuk, langsung saja cari rumah impianmu di DekorumaHouse!

article_cicilan_0_percent
Voucher Dekohouse