6 Ornamen Ukiran Kayu untuk Ciptakan Interior Rumah Klasik

Artikel ini dibuat oleh tim konten Dekoruma. Setiap hari, kami menerbitkan cerita mengenai rumah, ikuti di sini.

Dekorasi Ukiran Kayu untuk Hunian Bernuansa Klasik

Ingin mengubah interior rumah dengan tampilan klasik? Salah satunya, kamu bisa menggunakan dekorasi berupa ornamen ukiran kayu pada interior rumah. Terlebih lagi, di Indonesia terdapat aneka ragam ornamen ukiran kayu yang masing-masingnya memiliki karakter tersendiri untuk disesuaikan berdasarkan konsep interior rumah.

Kali ini, Kania akan membagikan referensi mengenai berbagai ornamen ukiran kayu khas Indonesia untuk ciptakan interior rumah bergaya klasik nan etnik. Untuk mengetahui selengkapnya, yuk kita simak jenis-jenis ornamen ukiran kayu berikut ini! 

Ukiran Kayu Khas Bali

ukiran kayu balibalitrekkingservice.com

Salah satu yang populer dan banyak diminati adalah ukiran kayu khas Bali. Pada umumnya, ukiran kayu khas Bali memiliki bentuk yang sangat simetris dan mengandung filosofi yang dipengaruhi oleh ajaran Hindu. Selain itu, ukiran kayu khas Bali juga umumnya memiliki karakteristik berupa dedaunan berbentuk melingkar ataupun cembung dengan finishing mengilap yang siap memberikan kesan mewah pada interior rumah kamu. 

Ukiran Kayu Khas Jepara

ukiran kayu pada pintu rumahpinterest.com

Referensi lainnya adalah ukiran kayu khas Jawa yang sangat populer di Indonesia, bahkan dunia dan saat ini banyak diproduksi oleh pengrajin lokal di daerah Jepara. Ukiran kayu khas Jepara ini umumnya dibuat dengan menonjolkan karakter yang berhubungan dengan alam, seperti dedaunan, kelopak bunga, hingga rempah-rempah. Selain itu, ornamen ukiran kayu khas Jepara ini pun banyak diaplikasikan pada berbagai perabotan ataupun dekorasi, seperti hiasan dinding, frame foto, hingga gebyok. 

Ukiran Kayu Khas Melayu

ukiran kayu khas melayublogspot.com

Selain itu, ada pula ornamen ukiran kayu khas Melayu yang banyak digunakan di kawasan Sumatera. Ukiran kayu khas Melayu memiliki karakter berupa pola berbentuk simetris yang diperkaya dengan bentuk rangkaian garis bergaya abstrak. Bahkan, ukiran kayu khas Melayu pun mengalami perkembangan karena terpengaruh oleh ajaran Islam sehingga kerap dipadukan dengan ornamen khas Arab, seperti kaligrafi

Ukiran Kayu Khas Dayak

ukiran kayu khas Dayakgoogle.com

Ukiran kayu khas Dayak juga memiliki keunikan tersendiri sehingga siap memberikan kesan unik saat diaplikasikan pada interior rumah. Ukiran kayu dari Dayak ini memiliki pola yang sangat khas, yakni berbentuk sulur melengkung dengan bagian ujung yang dibuat lebih runcing.

Disamping itu, ukiran khas Dayak pun biasanya menggunakan warna terang yang sangat mencolok, seperti merah ataupun kuning. Namun, kalau kamu lebih suka tampilan yang lebih klasik, ukiran kayu khas Dayak tanpa warna, seperti gambar di atas adalah pilihan yang tepat!

Ukiran Kayu Khas Asmat

ukiran kayu suku Asmatpinterest.com

Beralih ke Papua, terdapat pula ukiran kayu yang khas dan bisa kamu aplikasikan sebagai dekorasi interior rumah. Ukiran kayu khas Papua ini mewakili suku Asmat dan memiliki karakter unik karena umumnya mengadopsi bentuk manusia. Selain itu, ukiran kayu Papua pun dibuat menggunakan kayu berwarna gelap sehingga berbeda ketimbang ukiran kayu khas daerah lainnya di Indonesia. 

Ukiran Kayu Khas Toraja

ukiran kayu khas Torajablogspot.com 

Suku Toraja yang berada di Sulawesi Selatan juga memiliki ukiran kayu tersendiri yang kerap diaplikasikan pada eksterior maupun interior rumah, termasuk furnitur dan dekorasi. Ukiran kayu khas Toraja memiliki makna tersendiri karena melambangkan tingginya sifat saling membantu atau gotong royong pada masyarakat Toraja, baik itu keluarga ataupun bukan keluarga.

Selain itu, ukiran kayu khas Toraja pun memiliki karakter pada penggunaan warna dasar berwarna hitam dan kemerahan sebagai lambang tanah Toraja. Tentu saja kamu bisa mengadopsinya sebagai dekorasi rumah untuk memberikan sentuhan etnik, tapi berkelas.

Keenam ornamen ukiran kayu dari berbagai daerah di Indonesia di atas siap menyulap interior rumah kamu agar lebih menawan dengan kesan tradisional yang sangat berkelas. Selain dengan menambahkan ukiran kayu, lengkapi juga tampilan interior rumahmu dengan perabotan dan dekorasi unik lainnya.

Tidak perlu bingung, kamu bisa membeli berbagai perabotan dengan harga terjangkau di Dekoruma, lho. Ada juga aneka furnitur multifungsi yang siap membuat hunianmu makin space saving. Beberapa di antaranya adalah lemari laci, meja kerja, lemari pakaian, dan meja komputer.

Tak hanya itu, Dekoruma juga jual toples dengan aneka ukuran sebagai tempat kamu menyimpan aneka makanan kecil kamu. Yuk, wujudkan rumah impianmu bersama Dekoruma!

Voucher Dekohouse