Cocor Bebek, Tanaman Hias yang Punya Segudang Manfaat

Artikel ini dibuat oleh tim konten Dekoruma. Setiap hari, kami menerbitkan cerita mengenai rumah, ikuti di sini.

Manfaat Tanaman Cocor Bebek untuk Kesehatan

Popularitas tanaman hijau seakan tidak ada habisnya. Tanaman ini cocok untuk menghias semua konsep hunian mulai dari minimalis, Japandi (Japanese Scandinavian), modern, kontemporer, hingga vintage. Kamu sedang mencari tanaman hijau yang tepat untuk hunian? Coba pertimbangkan cocor bebek!

Tanaman cocor bebek memiliki daun berukuran sedang dengan warna hijau cerah. Di bagian tepinya terdapat daun-daun mungil yang sekilas tampak seperti gerigi. Kerennya lagi, tanaman yang unik ini tidak hanya bisa digunakan sebagai hiasan saja, tapi cocor bebek juga dikenal memiliki segudang manfaat untuk kesehatan, lho! Penasaran apa saja manfaatnya? Simak ulasan Kania di bawah ini, ya!

Mengatasi Batuk Pilek

manfaat cocor bebek untuk mengatasi batukpixabay.com

Batuk pilek adalah penyakit sepanjang masa. Bagi kamu yang ingin mengurangi obat kimia, coba racik jus cocor bebek. Caranya dengan menyiapkan daun cocor bebek yang sudah dicuci bersih, lalu campur dengan sedikit air menggunakan blender. Kandungan antibakteri, antivirus, dan anafilaksis yang dimiliki cocor bebek mampu mengatasi batuk pilek. 

Menurunkan Kolestrol

manfaat cocor bebek untuk menurunkan kolesterolgethealthystayhealthy.com

Kadar kolestrol yang tinggi dapat membahayakan kesehatan manusia, baik muda maupun tua. Untungnya, ada cocor bebek yang bermanfaat sebagai obat alami penurun kolestrol. Hal ini disebabkan oleh adanya kandungan hidroalkoholik. Konsumsi ekstrak tersebut sebanyak 500 mg per kg berat badan terbukti dapat menurunkan kadar kolestrol jahat. Bahkan, di saat yang bersamaan, dapat meningkatkan kolestrol baik juga.

Mengatasi Infeksi Jamur

manfaat cocor bebek untuk mengatasi infeksi jamurgoogle.com

Menurut penelitian, cocor bebek memiliki kandungan etanol. Kandungan tersebut cukup ampuh untuk mengatasi infeksi jamur di area kewanitaan yang kerap menimbulkan keputihan. Spesies jamur tersebut di antaranya adalah candida albicans, candida glabrata, dan candida tropicalis. Manfaat yang satu ini bisa didapatkan dengan cara menggunakan air rebusan cocor bebek untuk membasuh area kewanitaan.

Mengatasi Infeksi Bakteri

manfaat cocor bebek untuk mengatasi infeksi bakteripixabay.com

Cocor bebek dapat dimanfaatkan untuk mengatasi infeksi bakteri dari dalam. Hal ini disebabkan oleh kandungan asam fumarat yang dimilikinya. Asam fumarat dikenal sebagai antibakteri. Untuk memperoleh manfaat ini, kamu hanya perlu merebus bagian daunnya. Kemudian, minum satu gelas air rebusan tersebut.

Mengobati Luka

manfaat cocor bebek untuk obati lukapixabay.com

Tidak hanya mengatasi infeksi bakteri, daun cocor bebek juga dapat membantu penyembuhan luka pada kulit. Biasanya untuk luka sayatan atau bekas terjatuh. Pasalnya, daun cocor bebek mengandung flavonoid, tannin, dan saponin yang membuat luka lebih cepat kering.

Mencegah Peradangan

manfaat cocor bebek untuk atasi peradanganpixabay.com

Peradangan adalah salah satu masalah kesehatan yang kerap dirasakan masyarakat. Cocor bebek terbukti ampuh mengatasi masalah ini. Menurut penelitian, tanaman hias ini mengandung ethyl acetate. Fungsinya adalah menghambat perkembangan radang sendi.

Mengatasi Asma

manfaat cocor bebek untuk asmapixabay.com

Memiliki riwayat penyakit asma membuat kondisimu sulit untuk bernafas? Nah, supaya kondisi tersebut berkurang dan kamu bisa beraktivitas dengan nyaman, manfaatkan cocor bebek! Caranya adalah dengan merebus bagian daunnya.

Kamu juga bisa membuat teh daun cocor bebek. Siapkan daun yang sudah dibersihkan dan potong menggunakan pisau hingga menjadi bagian-bagian kecil. Jika sudah, keringkan di bawah sinar matahari, lalu simpan di wadah yang rapat. Seduh racikan teh tadi dengan madu dan air panas. Setelah itu, minum secara rutin untuk merasakan manfaatnya.

Menjaga Daya Tahan Tubuh

manfaat cocor bebek untuk menjaga daya tahan tubuhpixabay.com

Tidak hanya mengobati penyakit, cocor bebek juga baik untuk menjaga daya tahan tubuh, lho! Salah satu cara yang bisa kamu coba adalah membuat smoothies. Pertama-tama, bersihkan daun cocor bebek, lalu bekukan di dalam freezer. Setelah itu, blend daun tersebut dalam keadaan beku dengan tambahan es batu dan aneka sayuran lainnya menggunakan blender. Jadi deh, smoothies cocor bebek yang kaya manfaat!

Demikianlah ragam manfaat yang dimiliki oleh cocor bebek. Tanaman hias yang satu ini tergolong mudah dirawat, di mana kamu hanya perlu memberikan air 10 hari sekali. Mereka juga tahan panas sehingga cocok ditanam di Indonesia. Semoga tanaman cocor bebek kamu berkembang dengan baik dan bermanfaat untuk kesehatanmu, ya!

Selain informasi di atas, cek juga pembahasan bermanfaat lainnya melalui artikel Dekoruma, ya! Kamu juga bisa sekaligus membeli aneka furnitur multifungsi untuk rumahmu, lho. Beberapa di antaranya, ada meja TV, rak dinding, sofa bed, sofa minimalis, dan lemari dapur. Semua modelnya sangat efisien sehingga hunian pun akan jadi lebih space saving!

article_cicilan_0_percent
Voucher Dekohouse