Disukai Semua Wanita, Ini 5 Jenis Bunga Mawar untuk Percantik Rumah!

Artikel ini dibuat oleh tim konten Dekoruma. Setiap hari, kami menerbitkan cerita mengenai rumah, ikuti di sini.

Ragam Jenis Bunga Mawar untuk Kebun Rumah

Mawar adalah salah satu bunga yang disukai oleh para wanita. Pasalnya, pemberian bunga mawar kerap dikaitkan dengan romantisme dan kasih sayang. Ditambah lagi dengan warnanya yang merah, kelopak indah, dan harumnya yang semerbak

Ya, bunga mawar lebih dikenal dengan warna merahnya. Padahal, bunga mawar terbagi dalam beberapa jenis. Masing-masing jenis pun memiliki warna khasnya sendiri dan bentuk kelopak yang berbeda. Kalau kamu ingin mempercantik kebun rumah dengan bunga mawar, yuk simak dulu lima jenisnya bersama Kania di bawah ini!

Mawar Eden

bunga mawar edenpixabay.com

Jika diminta menyebutkan jenis mawar yang paling cantik, bunga mawar eden adalah juaranya. Bunga ini diperkenalkan pertama kali oleh Marie-Luise Meilland ke publik melalui ajang Meilland International pada tahun 1985. Di negara empat musim, mawar eden akan mekar pada akhir musim semi hingga penghujung musim panas. 

Selain cantik, bunga mawar ini terkenal dengan ukurannya yang besar. Diameter bunganya mencapai 10 cm dengan jumlah kelopak mencapai 70 helai. Tinggi tanaman secara keseluruhan berkisar pada 100 hingga 365 cm. Warna mawar ini cukup khas, yakni pink pada bagian tengah, lalu semakin keluar semakin memudar warnanya  hingga menjadi putih bersih.

Mawar Kubis

bunga mawar kubisglitterybride.com 

Jenis bunga mawar yang satu ini dinamai kubis karena model kelopaknya mirip dengan sayuran kubis. Ukuran kelopaknya besar-besar dan bertumpuk rapat hingga membentuk bulatan. Jenis bunga mawar ini didapatkan dari hasil persilangan yang dilakukan oleh seorang pembudidaya mawar pada abad ke-17.

Tingginya berkisar 30 hingga 40 cm. Dengan demikian, sangat cantik untuk menghias area di sekitar pagar rumah. Namun, kamu membutuhkan kesabaran untuk memelihara bunga mawar kubis. Pasalnya, jenis yang satu ini rentan terhadap hama.

Mawar Double Delight

bunga mawar double delightpixabay.com

Jenis bunga mawar double delight adalah salah satu jenis yang paling banyak diminati pecinta bunga. Bunga ini memiliki perpadua dua warna yang sangat menarik. Kelopak bagian dalamnya berwarna putih, sedangkan kelopak paling luarnya berwarna merah. Jumlah kelopaknya mencapai 30 helai. Aromanya sangat kuat dan manis. Daun-daunnya berwarna hijau tua yang elegan.

Warna merah pada jenis double delight ini didapatkan dari sinar ultraviolet. Oleh karenanya, bunga mawar ini disarankan ditanam di area yang terkena matahari sehingga kamu bisa menikmati keindahan warnanya. Apabila diletakkan di area tertutup, maka bunga ini hanya akan menampilkan warna putih.

Mawar double delight dapat tumbuh hingga tingginya 150 cm dan lebar 60 cm. Kamu dapat menjadikannya tanaman hias di taman atau memotongnya untuk menghias sudut ruang tamu.

Mawar Musk

bunga mawar muskflickr.com

Bunga mawar musk atau rosa moschata adalah salah satu jenis mawar yang dibudidayakan sejak lama, yakni abad ke-16. Berbeda dengan jenis bunga mawar lainnya, jenis ini tergolong sebagai tanaman merambat yang panjangnya bisa mencapai 3-10 meter.

Bunga mawar ini memiliki kelopak yang agak bergelombang dan jumlahnya sangat banyak. Warnanya muda, mulai dari putih, kuning, hingga pink. Jenis yang satu ini memiliki aroma yang kuat sehingga sering digunakan sebagai campuran aroma parfum. Kamu pasti pernah menemukan parfum dengan aroma musk, bukan?

Mawar Sunsprite

bunga mawar sunspritewikipedia.org

Mencari bunga warna kuning untuk mencerahkan taman rumah? Jawabannya tentu bunga mawar sunsprite! Warna kuningnya amat pekat dan tidak mudah memudar seiring usianya bertambah. Bunga ini memiliki aroma manis. Daunnya cukup rimbun dan berwarna hijau sehingga rumah juga akan tampak asri. Periode mekarnya pada bulan Juni hingga September.

Tinggi bunga mawar sunsprite bisa mencapai 75 cm. Kelopaknya berjumlah 17 hingga 25 helai. Ukurannya besar dan bagian tepinya sedikit bergelombang. Mawar sunsprite cocok ditanam di dataran tinggi, baik itu langsung di tanah atau menggunakan pot tanaman. Untuk urusan serangan hama, bunga mawar ini tergolong amat kuat.

Kelima jenis bunga mawar tadi memiliki keindahannya masing-masing. Apakah kamu sudah menentukan bunga mawar pilihanmu? Atau malahan kamu ingin menanam semua jenisnya untuk mempercantik rumah? Satu hal yang tak boleh dilupakan, pastikan kamu merawatnya secara rutin, ya!

Kalau kamu butuh lebih banyak inspirasi seputar berkebun atau home & living, jangan ragu untuk cek artikel menarik lainnya di Dekoruma, ya! Kamu juga bisa sekaligus membeli furnitur dengan harga terjangkau untuk hunianmu, lho. Ada banyak jenis furnitur multifungsi yang bisa kamu pilih sesuai kebutuhan ruang, seperti rak buku, meja TV, lemari dapur, meja makan, dan kursi kantor. Modelnya pun sangat menarik dan efisien sehingga hunian akan lebih space saving. Yuk, langsung saja cek selengkapnya di Dekoruma!

article_cicilan_0_percent
Voucher Dekohouse