5 Langkah Membuat dan Merawat Bonsai Asem, Nggak Susah Kok!

Artikel ini dibuat oleh tim konten Dekoruma. Setiap hari, kami menerbitkan cerita mengenai rumah, ikuti di sini.

Cara Membuat Bonsai Asem Beserta Panduan Merawatnya

Tren budidaya bonsai memang tak pernah berhenti. Terlebih, kini budidaya bonsai telah dianggap sebagai salah satu kegiatan seni karena melibatkan ketelitian serta kreativitas tinggi dalam pembuatan dan perawatannya.

Sejatinya, ada cukup banyak jenis pohon yang bisa dibuat menjadi tanaman bonsai. Namun, salah satu yang paling populer di Indonesia adalah bonsai asem karena cenderung lebih mudah dibentuk, memerlukan perawatan sederhana, dan tahan lama.

Nah, jika kamu tertarik untuk membuat dan merawat bonsai asem di rumah, maka kamu wajib melihat tips dan trik dari Kania di bawah ini. Untuk mengetahui selengkapnya, langsung saja simak langkah-langkah membuat dan merawat bonsai asem berikut ini!

Mengenal Bonsai Asem

tanaman bonsai asem di dalam wadah berukirpinterest.com

Sebelum membuatnya, kamu perlu mengenal bonsai asem secara detail terlebih dahulu . Asal usul jenis bonsai ini berasal dari tumbuhan berkayu yang menghasilkan buah dan umumnya memiliki ukuran besar. Memiliki nama latin Tamarindus indica, pohon asem pada awalnya berasal dari kawasan Afrika. Namun, saat ini telah banyak dibudidayakan dan dapat ditemukan dengan mudah di Indonesia. Bahkan, pohon ini pun dapat dibudidayakan dalam versi mungil melalui teknik tertentu atau yang biasa disebut juga dengan bonsai asem.

Jenis Bonsai Asem

tanaman bonsai asem yang cantikpinterest.com

Menjadi salah satu pilihan utama, bonsai asem terdiri dari berbagai jenis. Salah satunya adalah bonsai asem cascade yang memiliki bentuk menawan layaknya air terjun dengan batang yang bisa dibentuk ke bawah. Selain itu, ada pula jenis bonsai asem juara dan bonsai asem di atas batu yang memiliki bentuk unik karena dibuat dan diaplikasikan menggunakan batu yang dapat mengikat pada dasar akarnya. 

Persiapan Membuat Bonsai Asem

tanaman bonsai asem di atas batu hiasgoogle.com

Kamu perlu tahu bahwa bonsai asem adalah hasil dari dari penyemaian biji atau hasil cangkok dari pohon asem besar. Namun, jika kamu memang tertarik untuk membuat bonsai asem sendiri di rumah, hal utama yang perlu kamu perhatikan adalah media tanam sebab jenis bonsai ini sangat cocok ditanam pada tanah dengan drainase lancar, sedikit berpasir, dan sedikit berkapur.

Cara Membuat Bonsai Asem

tanaman bonsai asem di dalam pot besarwordpress.com

Untuk membuat bonsai asem, pertama-tama kamu perlu memilih biji asem yang sudah tua atau masak. Kemudian, silakan siapkan media tanam, seperti baskom yang telah diisi air. Setelah itu, rendam biji asem yang sudah kamu pilih sekitar satu minggu agar cangkang biji asem yang keras bisa terkelupas. Setelah cangkang terkelupas, silakan ambil biji tersebut dan rendam kembali ke dalam baskom yang sudah ditambahkan pupuk perangsang tumbuhan.

Selanjutnya, kamu juga harus menyiapkan media tanam berupa campuran tanah yang sudah ditambahkan pupuk organik di dalam pot atau polybag. Jika sudah siap, masukkan biji asem yang telah direndam sebelumnya dan tunggu hingga ukurannya mulai membesar agar lebih mudah dibentuk untuk dijadikan bonsai.

tanaman bonsai asempinterest.com

Nah, setelah bonsai asem ukurannya sudah membesar, kamu pun bisa memodifikasinya dalam berbagai bentuk sesuai dengan keinginan. Namun, Kania sarankan kamu untuk menentukan bentuk dan ukurannya terlebih dahulu agar prosesnya bisa lebih mudah dilakukan.

Pastikan kamu memilih dahan bonsai asem terbaik yang biasanya berada pada puncak lengkungan batang pohon. Selain itu, kamu pun bisa menarik garis lurus dari pangkal hingga puncak pohon untuk menentukan keseimbangan dari bentuk bonsai asem yang ingin kamu kreasikan.

Cara Merawat Bonsai Asem

batang tanaman bonsai asemyoutube.com

Setelah bonsai asem sudah jadi, tentu kamu harus merawatnya agar tetap cantik. Lakukanlah pemangkasan ranting secara berkala untuk memancing pertumbuhan tanaman. Selain itu, siram bonsai asem secara rutin agar media tanam tetap lembap.

Untuk pemupukan, kamu juga bisa memberikannya secara berkala. Manfaatkan pula alat seperti kawat berbahan stainless steel yang dililitkan pada ranting atau dahan agar bentuk bonsai asem yang dihasilkan bisa sesuai dengan keinginan.

Meskipun memerlukan ketelitian dan kesabaran, tapi pembuatan bonsai asem tergolong sangat mudah dilakukan, bahkan oleh para pemula sekalipun. Sekarang, apakah kamu tertarik untuk melakukan budidaya bonsai asem di rumah? Selamat mencoba!

Selain artikel di atas, jangan lupa baca juga informasi dan inspirasi lainnya di Dekoruma, ya! Kalau kamu sedang mencari furnitur multifungsi dan space-saving, Dekoruma juga menyediakannya untukmu, lho. Mulai dari coffee table, meja TV, kursi makan, sofa bed, hingga tempat tidur, semuanya tersedia. Yuk, cek selengkapnya di Dekoruma!

Voucher Dekohouse