6 Tips Menata Kamar Tidur ala Japandi, Nggak Susah Kok!

Artikel ini dibuat oleh tim konten Dekoruma. Setiap hari, kami menerbitkan cerita mengenai rumah, ikuti di sini.

Tips dan Trik Membuat Kamar Tidur Japandi

Punya kamar tidur dengan lahan terbatas, tapi butuh ruangan yang multifungsi? Kamu bisa, lho menerapkan konsep Japandi untuk kamar tidurmu! Japandi atau Japanese Scandinavian sendiri adalah perpaduan konsep antara budaya Timur dan Barat. Kamu bisa merasakan gaya Skadinavian yang simpel berbarengan dengan konsep interior Jepang yang fungsional dalam satu ruangan.

Konsep Japandi ini sangat cocok diterapkan di hunian kota-kota besar yang umumnya memiliki ruangan dengan luas terbatas. Dengan konsep Japandi, dijamin hunianmu akan terasa lebih efisien, nyaman, dan estetik.

Nggak perlu bingung bagaimana cara membuat kamar tidur dengan konsep Japandi. Penerapan tips menata kamar tidur ala Japandi dari Kania di bawah ini akan membantumu mewujudkan kamar impian. Yuk, langsung saja simak ulasannya bersama!

1. Buat Kamar Tampak Lega

desain kamar tidur Japandi sederhanadekoruma.com

Pada dasarnya, Japandi merupakan konsep desain yang bisa menciptakan suasana nyaman dan tidak sumpek pada ruangan. Nah, cara pertama untuk menghadirkan konsep ini adalah mengubah layout kamar tidur agar terlihat lebih lega.

Beberapa trik simpel bisa kamu lakukan walaupun dengan area yang sangat terbatas, seperti memosisikan tempat tidur di sudut ruangan. Selain itu, gunakanlah furnitur atau perabot yang memang sesuai kebutuhan agar kamar jadi lebih efisien dan space-saving. Cara lainnya, kamu bisa menggunakan furnitur yang bersifat floating atau menggantung untuk menghasilkan ilusi kamar tidur yang lebih luas.

2. Maksimalkan Unsur Kayu

desain kamar tidur Japandi dengan unsur kayudekoruma.com

Ruangan dengan konsep Japandi umumnya didominasi oleh unsur kayu. Namun, sebaiknya jangan menggunakan material kayu pada dinding secara keseluruhan. Alternatifnya, kamu bisa membuat kamar tidur penuh dengan unsur kayu melalui aneka furnitur, seperti tempat tidur, lemari pakaian, meja rias, meja belajar, atau side table.

Selain itu, sentuhan kayu khas Japandi juga bisa kamu hadirkan melalui area lantai. Gunakanlah parket kayu atau vinyl yang bermotif kayu. Dijamin, kamar tidur pasti akan terasa hangat dan nyaman sehingga kamu pun makin betah!

3. Aplikasikan Warna Cerah pada Dinding

desain kamar tidur Japandi dengan nuansa hijau yang cerahdekoruma.com

Selain unsur kayu, kamar tidur Japandi haruslah memiliki dinding yang bernuansa cerah. Umumnya, dinding pada ruangan dengan konsep Japandi dicat menggunakan warna putih. Namun, kamu tidak dilarang jika ingin menambahkan sedikit aksen warna lain untuk tembok kamar tidur. Pilihan warna yang disarankan untuk desain Japandi adalah warna-warna pastel, seperti hijau, krem, dan biru yang masing-masing tone-nya sangat muda.

4. Jangan Menggunakan Banyak Ornamen

kamar tidur ala Japandi dengan nuansa hangatdekoruma.com

Menghias kamar dengan berbagai ornamen dan dekorasi supaya makin meriah mungkin ada di pikiranmu. Namun, buang pikiran tersebut jika kamu mau membuat kamar tidur dengan konsep Japandi. Perpaduan antara gaya Jepang dan Skadinavian ini mengutamakan kesan simpel. Nah, jika terlalu banyak ornamen di kamar tidur, tentu saja akan menghilangkan kesederhanaan tersebut.

Kalau mau menambahkan ornamen untuk mempercantik kamar tidur Japandi, kamu bisa meletakkan tanaman hias kecil di rak dinding, nakas, ataupun sudut ruangan. Pilihan lainnya, gantungkan lukisan dengan gambar daun di dinding. Penambahan ornamen berupa tanaman ini juga merupakan salah satu ciri khas dari desain interior Japandi, di mana kamu harus membawa nuansa alam ke dalam hunian. 

5. Gunakan Furnitur yang Multifungsi dan Space-saving

kamar tidur Japandi warna kuningdekoruma.com

Ruangan dengan konsep Japandi sangat anti dengan penampakan barang yang berserakan. Lalu, apa artinya? Ya, kamu butuh tempat penyimpanan ekstra untuk menyimpan semua barang supaya kamar tidur tetap rapi dan space-saving!

Nah, mungkin sekarang kamu bingung bagaimana caranya menghadirkan storage tambahan tanpa membuat kamar tidur jadi tambah sempit. Tenang, Kania punya solusinya, yaitu dengan menggunakan furnitur multifungsi yang memiliki tempat penyimpanan. Misalnya saja, tempat tidur yang dilengkapi dengan laci untuk menaruh sprei atau bangku stool yang bisa dibuka-tutup untuk menyimpan aneka benda. Dengan begitu, kamar tidur ala Japandi jadi lebih lega dan space-saving!

6. Buat Ruangan Jadi Serbaguna

area kerja di kamar tidur Japandidekoruma.com

Kamar tidur hanya untuk tidur? Hal tersebut tidak ada dalam konsep Japandi. Sebisa mungkin, ruang kamar tidur yang simpel harus dibuat multifungsi, seperti untuk area belajar atau kerja. Kamu bisa menambahkan meja kerja atau meja komputer di sudut ruangan.

Kalau luas ruangan tidak memungkinkan, gunakan saja floating table atau meja lipat yang ditempelkan ke dinding. Jangan lupa pilih kursi yang simpel agar ruangan multifungsi di kamar tidur Japandi lebih efisien. Tentu hal ini tidak paten harus area kerja atau belajar, tapi bisa juga untuk pojok baca dengan rak buku atau area bersantai dengan tambahan karpet yang nyaman. 

Gimana, tidak sulit, ‘kan membuat konsep Japandi untuk kamar tidur? Kamu bisa mencari berbagai furnitur multifungsi yang bermaterial kayu di Dekoruma. Kalau kamu masih bingung bagaimana membuat kamar tidur menjadi lebih space-saving dan kental dengan gaya Japanese Scandinavian, tim interior Dekoruma juga siap membantu, lho!

Selain jasa desain rumah, Dekoruma juga menyediakan aneka kasur untuk menemanimu tidur. Dekoruma jual Dunlopillo, Sleep Care, dan kasur The Luxe, merek kasur ternama di Indonesia yang punya material berkualitas dan aman untuk kesehatan. Yuk, wujudkan kamar tidur impianmu bersama Dekoruma!

Voucher Dekohouse