Amankah Mengonsumsi Stevia? Yuk, Pahami Plus Minusnya!

Artikel ini dibuat oleh tim konten Dekoruma. Setiap hari, kami menerbitkan cerita mengenai rumah, ikuti di sini.

Kelebihan dan Kekurangan Stevia

Kamu memiliki keluhan kesehatan seperti kadar gula tinggi ataupun berat badan berlebih? Saatnya mengganti kebiasaan konsumsi gula menggunakan pemanis alami yang jauh lebih sehat dan tidak mengandung senyawa yang dapat meningkatkan kadar gula dalam darah, yaitu stevia.

Stevia merupakan tanaman daun asli dari Amerika Selatan dan kerap digunakan sebagai pemanis alami sejak ratusan tahun lalu. Dapat dikonsumsi dalam bentuk cair maupun bubuk, stevia memberikan rasa lebih manis ketimbang gula serta dapat dicampurkan pada minuman ataupun berbagai jenis makanan.

Nah, jika kamu tertarik untuk mencoba stevia, kamu sebaiknya mengetahui kelebihan dan juga kekurangan dari pemanis alami yang satu ini agar penggunaannya sesuai dengan kebutuhan ataupun kondisi kesehatan kamu. Untuk mengetahui selengkapnya, yuk simak ulasan Kania berikut ini!

Stevia Sebagai Alternatif Pengganti Gula

daun tanaman stevia di atas sendok dan mangkukhealthline.com

Badan Pengatur Obat dan Makanan Amerika (FDA) telah menyatakan bahwa stevia aman digunakan sebagai pemanis alami untuk dijadikan alternatif pengganti gula. Meskipun demikian, penggunaan pemanis alami ini harus dibatasi, yakni maksimal 4 miligram per kilogram berat badan. Dengan begitu, sebaiknya kamu mengonsumsinya berdasarkan ketentuan tersebut agar tidak menimbulkan dampak buruk bagi kesehatan.

Stevia Sebagai Pemanis Nol Kalori

tanaman stevia dengan bubuk putihpinterest.com

Berbeda dengan gula, stevia memiliki kandungan nol kalori di dalamnya. Maka dari itu, stevia sangatlah cocok dikonsumsi oleh kamu yang ingin menjaga berat badan agar tetap ideal karena tidak akan memberikan asupan kalori berlebih ke dalam tubuh. Apakah kamu tertarik?

Stevia Membuat Kadar Gula Darah Stabil

stevia untuk menjaga gula darah stabileverydayhealth.com

Penggunaan stevia sebagai pemanis alami juga tidak dapat mempengaruhi kadar gula di dalam darah. Bahkan, sejumlah penelitian menunjukkan bahwa stevia mampu bekerja untuk turunkan kadar gula darah dalam waktu 30 menit setelah dikonsumsi. Selain itu, pemanis alami ini juga dapat tingkatkan sensitivitas tubuh terhadap insulin sehingga sangat aman dikonsumsi oleh para pengidap diabetes.

Stevia untuk Turunkan Tekanan Darah

stevia untuk turunkan tekanan darahhealth.clevelandclinic.org

Tak hanya memiliki manfaat untuk menjaga kadar gula darah, pemanis alami ini pun juga efektif untuk turunkan tekanan darah. Maka dari itu, kamu yang menderita penyakit tekanan darah tinggi atau hipertensi sangatlah cocok untuk mengganti konsumsi gula dengan stevia.

Stevia Tidak Mengubah Kadar Gizi

daun stevia di samping mangkuk putihsoupedup.com

Penggunan stevia dengan menambahkannya ke dalam minuman ataupun makanan juga tidak akan mengubah kadar gizi pada minuman dan makanan tersebut. Dengan begitu, kandungan vitamin pada makanan ataupun minuman tak akan berpengaruh meskipun kamu menambahkan stevia sebagai pemanisnya. Wah, jadi tidak sabar minum satu gelas teh dengan stevia, ya?

Stevia Berpotensi Membuat Perut Kembung

efek stevia sebabkan perut kembungthehealthy.com

Meskipun penggunaan stevia memiliki banyak kelebihan, tapi kamu juga harus mengetahui kekurangan dari pemanis alami yang satu ini. Ya, jika kamu mengonsumsinya secara berlebihan, stevia dapat menyebabkan perut terasa kembung ataupun begah karena pemanis alami ini dicerna oleh bakteri yang memproduksi gas pada usus besar.

Interaksi Obat dengan Penggunaan Stevia

tanaman stevia di samping botol obatsmallfootprintfamily.com

Bagi kamu yang saat ini sedang mengonsumsi obat penurun tekanan darah, kamu juga harus berhati-hati dalam mengonsumsi stevia. Perlu kamu ketahui, penggunaan stevia dalam jumlah terlalu banyak dikhawatirkan dapat menyebabkan efek stimulan yang membuat tekanan darah ataupun kadar gula darah menjadi lebih rendah.

Stevia Meninggalkan Rasa Pahit dalam Lidah

setvia meninggalkan rasa pahit di lidahwomensalphabet.com

Stevia memang dapat menghasilkan rasa manis hingga 300 kali lipat ketimbang gula. Namun, stevia juga bisa meninggalkan aftertaste yang cukup pahit di lidah sehingga dikhawatirkan dapat membuatmu merasa kurang nyaman saat mengonsumsinya.

Demikianlah kelebihan dan kekurangan stevia. Meskipun ada banyak kelebihannya, tapi kamu tetap harus memperhatikan kekurangan dari pemanis alami ini agar tidak mempengaruhi kondisi kesehatanmu. Sekarang, apakah kamu tertarik untuk mulai mengganti gula dengan stevia yang jauh lebih menyehatkan? Semoga artikel ini bermanfaat untukmu, ya!

Kamu sedang mencari furnitur multifungsi untuk rumahmu? Kamu bisa menemukannya di Dekoruma, lho! Ada banyak jenis furnitur dengan harga terjangkau yang bisa kamu pilih sesuai kebutuhan ruang, seperti kursi kantor, lemari dapur, coffee table, rak penyimpanan, dan meja TV. Modelnya pun sangat menarik dan efisien sehingga hunian akan lebih space saving. Yuk, langsung saja cek selengkapnya di Dekoruma!

article_cicilan_0_percent
Voucher Dekohouse