Mau Beli Rumah Syariah? Simak Dulu 6 Tips Ini!

Artikel ini dibuat oleh tim konten Dekoruma. Setiap hari, kami menerbitkan cerita mengenai rumah, ikuti di sini.

Tips dan Trik Membeli Rumah Syariah

Mau beli rumah baru, tapi takut meminjam ke bank karena alasan riba? Jika demikian, kamu bisa memilih rumah syariah sebagai solusinya! Sesuai namanya, rumah syariah memiliki prinsip Islam. Jadi, dalam proses jual belinya kamu tidak akan bertemu dengan kondisi riba, walaupun pembelian rumah tersebut dilakukan secara kredit.

Pengembang rumah syariah pun kini sudah semakin banyak seiring dengan bertambahnya peminat. Namun, kamu tetap harus hati-hati jika mau membeli rumah tanpa riba ini. Jika salah pilih, kamu bisa tertipu ketika hendak memiliki hunian yang bebas riba ini.

Nah, di bawah ini, Kania punya beberapa tips yang bisa kamu ikuti untuk membeli rumah syariah. Dengan mengikuti tips dan trik berikut, kamu bisa mendapatkan rumah tanpa riba dan terhindar dari penipuan!

Pahami Syarat Rumah Syariah

ilustrasi rumah syariahpixabay.com

Tren rumah syariah memang sedang pouler. Tidak heran jika banyak pengembang yang menamakan proyeknya sebagai rumah syariah. Hanya saja, kamu harus tahu apakah benar hunian yang kamu incar itu termasuk rumah syariah?

Ada beberapa syarat dalam rumah syariah. Pertama, tidak ada pelibatan bank dalam proses jual beli. Kemudian, toilet rumah tidak boleh menghadap ke barat atau timur. Bahkan, beberapa rumah syariah menyatakan bahwa kawasan rumah tersebut adalah area bebas rokok.

Kesepakatan Cicilan

dua orang bersalaman sebagai transaksi rumah syariahpixabay.com

Mau membeli rumah syariah, tapi tidak secara tunai? Bisa kok! Pengembang rumah syariah umumnya juga menyediakan pilihan pembayaran berupa cicilan. Namun, kamu harus jeli dan benar-benar mempertimbangkan kesepakatan cicilan dari awal dengan pengembang. Soalnya, cicilan rumah syariah tidak bergantung suku bunga. Jadi, kesepakatan cicilan di awal akan terus berlaku sampai masa cicilan berakhir. Kalau kamu nggak menghitung dengan jeli, kamu bisa rugi apabila cicilannya terlalu besar.

Cari Rumah yang Sudah Jadi

seseorang memegang miniatur rumah sebagai ilustrasi rumah syariahjameswoodint.co.uk

Kebanyakan rumah syariah bersifat indent. Proses dari pembelian sampai serah terima kunci itu bisa berkisar dua tahun karena pembangunan rumah sangat bergantung pada cicilan dari pembeli. Kalau kamu merasa kisaran waktu tersebut terlalu lama untuk mulai menempati rumah baru, kamu bisa memilih proyek rumah syariah yang langsung menyediakan rumah jadi. Nah, hal ini berlaku juga buat kamu yang butuh hunian dalam waktu cepat untuk ditinggali.

Pastikan Harga Wajar

miniatur rumah di antara tumpukan koin sebagai ilustrasi rumah syariahlifeenrichmentrealty.com

Apakah karena konsep syariah, maka harga rumah jadi lebih murah? Tentu saja tidak! Baik itu rumah syariah ataupun bukan, harganya hampir sama saja.

Jadi, kalau ada pengembang yang mengiming-imingi kamu rumah syariah dengan harga sangat murah, bahkan ada yang sampai di bawah Rp100 juta, coba pikir ulang. Apa mungkin dengan daerah dan bangunannya, sebuah rumah syariah bisa dihargai semurah itu? Jawabannya hampir tidak mungkin! Malahan, rumah syariah dengan kisaran harga tersebut sangat rentan penipuan.

Datangi Lokasi Proyek

gambar mainan monopoli sebagai ilustrasi rumah syariahpixabay.com

Jangan sampai keinginan kamu untuk punya rumah syariah yang sesuai dengan prinsip Islam malah membuat kamu tertipu. Pastikan kamu selalu mendatangi lokasi proyek rumah yang kamu incar. Dari situ, kamu bisa tahu bahwa proyek rumah syariah benar-benar berjalan.

Melalui tinjauan langsung ini, kamu juga bisa melihat apakah rumah tersebut sesuai dengan konsep syariah atau tidak? Yang tidak kalah penting, kamu bisa jadi detektif untuk mengecek lokasi lingkungan rumah dan keamanannya ke warga sekitar.

Jangan Lupa Cek Pengembang

gambar telepon dan dokumen rahasia sebagai ilustrasi rumah syariahpixabay.com

Meski yang terakhir, tapi tips yang satu ini paling penting. Kamu harus lebih cermat dalam mencari pengembang yang kompeten membangun rumah syariah. Caranya tidak sulit. Kamu bisa mengecek rekam jejak pengembang tersebut. Cari tahu apakah pengembang sudah cukup lama bermain di sektor rumah syariah atau tidak.

Selain itu, datangi pula kantor fisiknya untuk memastikan perusahaannya benar-benar ada. Selanjutnya, perhatikan legalitas pengembang rumah syariah tersebut. Alangkah lebih baik lagi jika kamu juga memastikan apakah pengembang tersebut tergabung dalam komunitas pengembang syariah atau tidak.

Kalau kamu ikuti tips di atas, rumah syariah bisa kamu dapatkan dengan risiko penipuan yang sangat kecil. Jika rumah syariah sudah berhasil dibeli dan siap dihuni, jangan lupa untuk membuat desain interior yang menarik supaya kamu betah di rumah. Gunakan juga aneka furnitur yang multifungsi dan efisien seperti yang ada di Dekoruma sehingga rumahmu tetap space-saving!

Selain furnitur, kamu juga bisa, lho menemukan rumah impian di Dekoruma, tepatnya melalui laman DekorumaHouse! Ada banyak pilihan rumah dari berbagai daerah di Jabodetabek, seperti rumah dijual di Jakarta Barat, BSD, Depok, dan Bekasi. Harganya pun transparan sehingga kamu tidak perlu ragu lagi. Yuk, wujudkan rumah impianmu bersama Dekoruma!

article_cicilan_0_percent
Voucher Dekohouse