6 Ide Kerajinan Bahan Keras untuk Dijadikan Dekorasi Rumah

Artikel ini dibuat oleh tim konten Dekoruma. Setiap hari, kami menerbitkan cerita mengenai rumah, ikuti di sini.

Aneka Kerajinan Bahan Keras untuk Mempercantik Hunianmu

Masyarakat Indonesia terbiasa dengan kehadiran dekorasi rumah dari hasil kerajinan. Material untuk membuat kerajinan cukup berlimpah di Indonesia sehingga sangat mendukung proses produksi. Di antaranya adalah kerajinan bahan keras.

Bahan keras ini terbagi atas dua jenis, yakni yang alami dan buatan. Jenis bahan keras alami berupa kayu, tulang, rotan, bambu, dan biji-bijian. Sementara, yang buatan contohnya adalah kaca, kaleng, logam, dan kawat. Bentuk kerajinan bahan keras ini pun sangat beragam.

Saking banyaknya pilihan, Kania yakin kamu pasti jadi bingung mau pilih yang mana, ‘kan? Oleh karena itu, berikut ini Kania sudah siapkan enam ide kerajinan bahan keras yang paling menarik untuk menjadi dekorasi rumah. Yuk, lihat bersama dan tentukan pilihanmu!

Wind Chime dari Bambu

kerajinan bahan keras lonceng angin bambupixabay.com

Kerajinan bahan keras yang satu ini sudah tidak asing lagi di Indonesia. Wind chime biasanya digantungkan di teras atau balkon rumah. Saat terkena angin, terciptalah bunyi yang menenangkan. Berbeda dengan bahan logam, wind chime dari bambu punya kesan yang sangat alami, baik dari segi bunyi ataupun penampilannya. 

Kerajinan bahan keras berupa wind chime ini menggunakan setidaknya lima batang bambu. Bambu-bambu tadi diikat melingkari batok kelapa. Saat angin berhembus, bambu akan bertabrakan satu sama lain dan menciptakan bunyi yang indah. Kerajinan bahan keras ini cocok untuk dijadikan dekorasi di bebergaya gaya hunian, mulai dari tradisional, minimalis, hingga Japandi.

Wadah Lilin ala Tumblr dari Kaleng

kerajinan bahan keras tempat lilin dari kalengpinterest.com

Ada pula kerajinan bahan keras berupa wadah lilin dari kaleng. Permukaan kaleng dilubangi membentuk sebuah objek. Ketika lilin dinyalakan, terciptalah bayangan yang estetik, seperti dekorasi ala tumblr. Kerajinan bahan keras seperti ini juga bisa kamu buat sendiri di rumah. Bahan yang diperlukan hanya kaleng bekas, paku, dan palu. Tentukan bentuk objek yang kamu inginkan, lalu buat lubang menggunakan paku dan palu. 

Kerajinan Kaca Patri yang Artistik

kerajinan bahan keras kaca patriarchitecturaldigest.com

Jika ingin memiliki kerajinan bahan keras yang warna-warni dan artistik, maka dekorasi kaca patri ini patut dipertimbangkan. Tampilannya bagaikan lukisan dari potongan kaca. Biasanya, kerajinan bahan keras ini diaplikasikan pada daun pintu atau jendela hunian. Namun, saat ini tidak terbatas pada dua aplikasi tersebut. Kamu bisa menghadirkannya sebagai partisi hunian atau sekadar pajangan mungil di atas meja.

Menyatukan Kayu Jadi Pegunungan

kerajinan bahan keras hiasan dinding kayupinterest.com

Tidak hanya kerajinan bahan keras kaca patri yang bisa menjadi lukisan. Material kayu pun bisa dijadikan ala lukisan. Kerajinan bahan keras ini dibuat dengan papan kayu, paku, dan lampu. Gambar yang ditunjukkan adalah pegunungan dengan efek timbul. Celah-celah antar gunung disematkan lampu kecil berwarna kuning temaram. Rumah pun terasa makin hangat berkat dekorasi ini.

Dekorasi Dinding Logam yang Elegan

kerajinan bahan keras hiasan dinding logampopsugar.com

Kerajinan bahan keras dari logam paling pas dijadikan dekorasi untuk rumah bergaya modern. Ide dekorasi yang satu ini berupa kumpulan logam berbentuk lingkaran dengan lekukan yang elegan. Pinggirannya pun berwarna emas. Bagian tengahnya ada yang dicat dengan warna-warna cerah. Sebagian lainnya dibuat berpola dengan konsep simetris.

Dekorasi Bentuk Geometri sebagai Wadah

kerajinan bahan keras terarium kacaunsplash.com

Bicara soal kerajinan bahan keras untuk dekorasi rumah, rasanya belum lengkap kalau tidak menyebut wadah geometri. Kerajinan ini menggunakan material kaca dan besi, di mana material kaca untuk permukaan, sedangkan besi untuk kerangkanya.

Bentuk kerajinan bahan keras ini 3D sehingga bagian dalamnya dapat diisi dengan berbagai elemen. Terarium adalah yang paling populer. Namun, kalau tidak mau repot, kamu bisa saja mengisinya dengan bunga artifisial atau miniatur mungil favoritmu. Diletakkan di atas meja atau digantungkan ke langit-langit, sama cantiknya!

Setiap kerajinan bahan keras memiliki nilai seni tersendiri, baik itu dilihat dari jenis materialnya atau tingkat kesulitan pembuatannya. Dari keenam ide kerajinan bahan keras tadi, mana yang paling bernilai bagimu untuk dijadikan dekorasi rumah?

Jangan lupa lengkapi juga hunianmu dengan aneka furnitur yang multifungsi dan efisien, ya! Dengan demikian, hunian pun akan jadi lebih hemat tempat alias space-saving. Tidak perlu bingung mencarinya karena kamu bisa menemukan furnitur tersebut dengan harga yang bersahabat di Dekoruma. Mulai dari sofa bed, meja makan, hingga tempat tidur, semuanya ada. Yuk, wujudkan rumah impianmu bersama Dekoruma karena rumah adalah tempat di mana kehidupan indah berawal!

article_cicilan_0_percent
Voucher Dekohouse