Paludarium, Seni Menyatukan Ekosistem Darat dan Air yang Lagi Tren!

Artikel ini dibuat oleh tim konten Dekoruma. Setiap hari, kami menerbitkan cerita mengenai rumah, ikuti di sini.

Mengenal Serba-serbi Paludarium

Ada banyak hobi baru yang bisa kamu lakukan di masa pandemi sekarang ini. Selain mengurus tanaman, mencoba resep masakan baru, ataupun memelihara ikan hias, kini kamu juga bisa melakukan hobi yang sedang menjadi tren, yaitu paludarium.

Apakah kamu masih asing dengan istilah paludarium? Tenang, pada artikel kali ini, Kania akan mengulas serba-serbi mengenai hobi yang memang sedang digemari oleh banyak orang di Indonesia ini, bahkan juga di kalangan artis. Untuk mengetahui selengkapnya, yuk simak informasi soal paludarium berikut ini!

Apa Itu Paludarium?

paludarium di dalam kotak kaca rendahyoutube.com 

Paludarium merupakan salah satu jenis vivarium yang sangat unik karena menggabungkan unsur darat dan air, lalu ditempatkan di satu wadah atau ruangan tertutup. Istilah paludarium sendiri berasal dari bahasa Latin yang terdiri dari kata Palus yang artinya rawa-rawa, serta Arium yang artinya wadah, ruang, atau tempat.

Pada umumnya, banyak masyarakat menggemari hobi paludarium di rumah untuk tujuan estetika. Sebab, kehadirannya dapat memberikan nuansa natural di tengah rumah. Selain itu, banyak pula orang yang ingin merawat paludarium untuk tujuan ilmiah atau hortikultura.

Paludarium Sebagai Bagian dari Vivarium

paludarium di dalam akuarium besargoogle.com

Sebagai salah satu bagian dari vivarium, paludarium memiliki perbedaan dibandingkan dengan varian lainnya. Vivarium terdiri dari banyak variasi yang fungsinya berbeda-beda. Misalnya, aquarium yang memang dikhususkan untuk memelihara hewan dari habitat air saja, insectarium yang dikhususkan untuk habitat serangga, serta riparium untuk habitat sungai.

Secara bentuk, riparium dan paludarium sangatlah mirip. Namun, kamu bisa melihat perbedaannya yang terletak pada fokus isi di dalamnya, di mana riparium dikhususkan untuk habitat sungai, sedangkan paludarium lebih fokus untuk habitat rawa. 

Isi Paludarium

ide paludarium dengan aneka tumbuhanfpsbutest.wordpress.com

Paludarium meliputi komponen air, darat, dan udara sehingga ada banyak jenis fauna berbeda yang bisa hidup di dalamnya. Namun pada umumnya, banyak orang lebih gemar merawat amfibi, ikan, reptil, serangga, ataupun burung di dalam paludarium. Meski demikian, secara keseluruhan kamu bisa memilih berbagai jenis fauna yang memang dapat hidup pada air, darat, maupun rawa-rawa.

Sementara itu, flora yang cocok dirawat di dalam paludarium adalah jenis tanaman yang dapat tumbuh subur di kawasan lahan basah atau sangat lembap. Salah satunya adalah tanaman genus anubias yang memang sangat kuat dan memerlukan perawatan sederhana.

Rancangan Paludarium

paludarium dengan hewan ularpinterest.com 

Ukuran dari paludarium sangatlah beragam. Kamu bisa menemukan paludarium yang ukurannya kecil sehingga bisa dijadikan sebagai dekorasi di dalam rumah. Ada pula paludarium berukuran super jumbo yang biasanya ditampilkan pada pameran dan didalamnya dapat menampung seluruh pohon.

Untuk yang berukuran mungil, kamu bisa memilih wadah kaca dengan penutup yang ukurannya sesuai berdasarkan kebutuhan. Namun, kamu harus memastikan bahwa wadah tersebut dapat menampung air dalam jumlah yang cukup besar dan tanpa terjadi kebocoran. Selain itu, paludarium juga biasanya dilengkapi dengan tanah pada bagian paling bawah dengan faktor utama yang harus diperhatikan, yakni kelembapan agar sesuai dengan habitat aslinya. 

Harga Paludarium

paludarium dengan tumbuhan dan batang pohonpinterest.com

Membuat paludarium sendiri di rumah mungkin sedikit merepotkan. Namun, saat ini kamu bisa menemukan set paludarium yang banyak dijual di pasaran dengan harga mulai dari Rp500.000 dan kamu pun hanya perlu memilih jenis flora atau fauna apa saja yang ingin dirawat di dalamnya.

Melalui penjelasan di atas, apakah kamu tertarik untuk memulai hobi merawat paludarium? Selain informasi di atas, temukan juga berbagai inspirasi seru lainnya melalui artikel di Dekoruma, ya!

Kalau kamu sedang mencari furnitur baru untuk mengubah tampilan rumah, kamu bisa beli secara online di Dekoruma, lho! Ada banyak furnitur multifungsi dan efisien dengan harga terjangkau. Dengan begitu, selain hunian jadi lebih space-saving alias hemat tempat, kantong pun tidak akan kering! Tunggu apa lagi? Yuk, wujudkan hunian yang nyaman dan ciptakan momen indah bersama keluargamu!

article_cicilan_0_percent
Voucher Dekohouse