5 Tips dan Trik Mengatur Pencahayaan di Hunian Japandi

Artikel ini dibuat oleh tim konten Dekoruma. Setiap hari, kami menerbitkan cerita mengenai rumah, ikuti di sini.

Cara Mengatur Pencahayaan di Rumah Japandi agar Selalu Nyaman

Interior bergaya Japandi kini menjadi tren. Desain yang diadopsi dari perpaduan gaya Japanese dan Scandinavia ini menggabungkan filosofi hidup Wabi-Sabi dan Lagom yang mengutamakan efisiensi dan estetika. Konsep desain ini banyak diadopsi di hunian dengan lahan terbatas karena sangat efektif dalam memaksimalkan ruang sehingga jadi lebih space-saving dan multifungsi dengan kesan yang tetap menawan.

Adapun, salah satu kunci untuk mewujudkan hunian bergaya Japandi terletak pada elemen pencahayaan. Elemen ini sebaiknya dirancang secara cermat agar bisa menonjolkan karakter utamanya, yakni simpel, fungsional, dan clean.

Sebagai inspirasi buat kamu yang ingin mewujudkan konsep hunian yang nyaman dan space-saving melalui gaya interior Japandi, Kania punya tips dan trik yang bisa kamu lakukan saat mengatur pencahayaan. Nah, untuk mengetahui selengkapnya, simak ulasan berikut ini, yuk!

Maksimalkan Pencahayaan Alami Melalui Pintu

pencahayaan alami di rumah Japandidekoruma.com 

Pencahayaan alami menjadi salah satu faktor penting yang harus dipikirkan saat merancang hunian bergaya Japandi. Untuk mewujudkannya, kamu bisa memaksimalkan pencahayaan alami melalui desain pintu kaca, seperti pada gambar di atas.

Penggunaan material light wood pada kusen pintu yang sangat khas dengan desain Japandi sangatlah cantik saat dipadukan dengan kaca berukuran besar. Dengan begitu, pencahayaan alami dapat masuk menembus dan tersebar ke dalam ruangan. Hunian pun jadi lebih homey!

Gunakan Jendela Besar untuk Pencahayaan Optimal

ruang tamu Japandi dengan pencahayaan lampu dan alamidekoruma.com 

Selain menggunakan pintu dengan material tembus pandang seperti pada contoh sebelumnya, kamu juga bisa memaksimalkan pencahayaan melalui jendela di rumah untuk mewujudkan desain Japandi yang nyaman. Adapun, cara paling konvensional untuk menghadirkan pencahayaan alami ke dalam rumah adalah menggunakan bukaan jendela yang ukurannya besar.

Seperti pada gambar, jalur pencahayaan alami dapat masuk secara mudah karena desain jendela berukuran besar dapat memaksimalkan pencahayaan alami. Dengan begitu, hunian jadi lebih sehat, terang, dan pastinya berhasil menonjolkan desain Japandi yang menawan.

Maksimalkan Ruang dengan Konsep Open-plan

konsep open space dengan pencahayaan maksimal di rumah Japandidekoruma.com 

Nah, selain melalui pintu dan jendela untuk mendapatkan pencahayaan alami dari matahari, kamu pun bisa mengusung konsep open-plan pada hunian bergaya Japandi. Hal ini bertujuan agar pencahayaan natural lebih tersebar dan membuat ruangan tidak terkesan pengap.

Sebagai contoh, kamu bisa menerapkan konsep ruang terbuka untuk menggabungkan area ruang tamu dan ruang makan ataupun kamar tidur dengan area kerja. Selain penyebaran pencahayaan lebih optimal, ruangan pun terkesan lebih lapang. Jangan lupa maksimalkan juga ruangan dengan memakai furnitur multifungsi dan space-saving!

Aplikasikan Warna-warna Cerah

kombinasi pencahayaan lampu dan dinding cerah di rumah Japandidekoruma.com 

Selain didominasi oleh furnitur multifungsi ataupun material light wood, hunian Japandi juga identik dengan dinding bernuansa cerah. Jika kamu merasa bahwa warna putih tampak sangat membosankan, kamu bisa menambahkan aksen warna lain pada tembok hunian bergaya Japandi untuk memaksimalkan pencahayaan, seperti warna-warna pastel dengan tone muda.

Penggunaan warna cerah ini tidak hanya terpaku pada dinding saja, tapi juga untuk furnitur atau dekorasi yang kamu gunakan. Misalnya saja, sofa warna krem, karpet bulu warna putih, dan lain sebagainya. Dengan mengaplikasikan warna cerah pada hunian, maka pencahayaan pun menjadi lebih optimal karena ruangan terkesan lebih luas dan bersih.

Gunakan Indirect Lighting

pencahayaan indirect lighting di kamar bergaya Japandidekoruma.com 

Untuk membangun mood ruangan dan memperkuat desain Japandi yang ingin kamu tonjolkan, kamu juga bisa menggunakan indirect lighting. Ya, pendaran cahaya yang muncul dari dinding sangatlah efektif memberikan kesan mewah, estetik, dan juga lapang. Pilihlah pencahayaan lampu bernuansa warm agar memberikan rasa nyaman, hangat, dan turut memaksimalkan elemen natural kayu yang terdapat di dalam ruangan Japandi.  

Bagaimana, mudah sekali bukan mengatur pencahayaan pada rumah bergaya Japandi? Untuk memaksimalkan konsep space-saving pada hunian Japandi, temukan juga berbagai produk furnitur multifungsi, pencahayaan, dan dekorasi di Dekoruma! Yuk, ciptakan hunian yang nyaman melalui desain interior Japandi karena momen indah berawal dari rumah!

article_cicilan_0_percent
Voucher Dekohouse