6 Tips Menata Ulang Ruangan Rumah untuk Menyambut Lebaran

Artikel ini dibuat oleh tim konten Dekoruma. Setiap hari, kami menerbitkan cerita mengenai rumah, ikuti di sini.

Tips dan Trik Mengubah Tampilan Ruangan untuk Hari Raya Idul Fitri

Menyambut Hari Raya Idul Fitri, semangat membereskan ruangan rumah pasti makin meningkat, ‘kan? Biasanya ini dipicu oleh rasa tidak sabar untuk segera berkumpul dan menciptakan momen indah Lebaran bersama keluarga di rumah.

Nah, buat kamu yang mau menata ulang ruangan rumah supaya lebih rapi dan siap menerima kunjungan keluarga saat Lebaran, Kania punya beberapa tips simpel untukmu. Kamu pun bisa mulai dari #SatuRuangDulu. Penasaran apa saja tips dan triknya? Yuk, simak ulasannya di bawah ini!

Tonjolkan Kenyamanan Melalui Furnitur Pilihan

inspirasi ruangan tamu dengan aneka dekorasidekoruma.com

Buat kamu yang akan menerima tamu ataupun di rumah saja saat Lebaran, rasanya tidak afdal kalau ruangan belum ditata dengan furnitur yang mendukung. Tips dari Kania sangat sederhana, yaitu pilihlah furnitur multifungsi yang dapat memberikan kenyamanan maksimal saat berkumpul bersama keluarga, seperti menggunakan sofa yang empuk dan meja space-saving yang tidak memakan banyak tempat.

Pastikan juga bahwa jumlah tempat duduk sudah memadai. Tak lupa, tambahan aneka dekorasi, seperti karpet bulu, bantal sofa dengan sarung bermotif, plus perabot yang minimalis bisa jadi cara paling efektif untuk mengubah tampilan ruangan jadi lebih menawan dan homey untuk Lebaran.

Tata Ulang Susunan Meja Makan

set meja makan di ruangan makandekoruma.com

Selain ruangan tamu, dapur dan ruang makan juga bakal jadi spot favorit saat Lebaran. Oleh karena itu, pastikanlah ruangan tersebut, terutama ruang makan sudah ditata rapi sedemikian rupa. Di samping untuk kebutuhan pribadi, ruang makan yang apik juga bisa jadi cara menyambut tamu dengan hangat.

Untuk mengubah tampilan ruangan tersebut, kamu hanya perlu menata meja makan secantik mungkin dengan alat makan atau minum yang instagramable. Tambahkan juga aneka dekorasi pendukung, seperti taplak meja, lilin, atau tanaman hias mungil. Kalau mau gampangnya, langsung saja tiru inspirasi ruangan makan ala Japandi yang adem ini!

Beri Sentuhan Cantik di Sudut Ruangan

sudut ruangan dengan aneka furnitur dan dekorasi untuk sambut Lebarandekoruma.com

Seringkali fokus menata ruangan dicurahkan pada area-area yang utama dan paling terlihat saja. Padahal, sudut ruangan atau area-area kecil juga bisa jadi cara untuk memperindah ruangan yang efektif, lho! Contohnya, seperti ruangan bergaya Japandi di atas.

Coba tata kembali area kecil di ruangan rumahmu, seperti rak buku di sudut ruangan, bagian meja kerja, hingga area ruang bawah tangga. Pilih juga furnitur multifungsi dan space-saving, seperti kursi yang dilengkapi rak penyimpanan di bawahnya atau rak gantung untuk meletakkan pajangan bertema Idul Fitri. Jangan lupakan juga aneka dekorasi yang fungsional, seperti karpet indah penuh warna dan dekorasi hijau. 

Semarak Lampu dan Dekorasi Dinding

dekorasi Lebaran untuk ruangan rumahpinterest.com

Lampu dan pernak-pernik hiasan dinding selalu ampuh untuk membawa kesemarakan hari Raya ke dalam ruangan rumah. Cukup dengan menghadirkan lampu hias di salah satu bidang dinding dan suasana ruangan pun pasti akan langsung meriah.

Kamu juga bisa menggunakan meja konsul multifungsi yang permukaannya dapat diperlebar untuk dijadikan meja sajian makanan. Jangan lupa tambahkan juga dekorasi meja yang bertema Lebaran supaya semakin terasa suasananya!

Jangan Lupa Ruangan Pribadi

ruangan kamar tidur yang bernuansa hijau untuk sambut Lebarandekoruma.com

Suasana suci Lebaran bukan hanya soal dekorasi untuk menyambut tamu, tetapi juga aksi bersih-bersih dari luar dan dalam. Untuk ruangan pribadi seperti kamar tidur, jangan lupa tata ulang dengan sprei atau selimut baru pada kasur. Bersihkanlah ruangan kamar supaya tampil rapi dan segar. Kamu juga bisa mengganti warna cat ruangan dengan warna favorit untuk meningkatkan semangat merayakan Idul Fitri bersama keluarga.

Percantik Rumah dengan Dekorasi Eid

aneka lentera sebagai dekorasi ruangan Idul Fitripinterest.com

Buat kamu yang tidak sempat menata ulang ruangan rumah secara keseluruhan, tidak usah khawatir! Tetap ada cara untuk menampilkan ruangan bernuansa Idul Fitri dengan dekorasi yang tepat, seperti lentera, hiasan kaligrafi, atau hiasan bentuk ketupat. Pilih saja sesuai seleramu, mulai dari yang warna-warni atau yang bergaya modern supaya makin klop dengan tema ruangan di hunian. Namun, jangan lupa pilih yang modelnya efisien dan space-saving, ya supaya ruangan tidak terkesan berantakan.

Gimana, apakah kamu sudah siap menata ulang ruangan rumahmu untuk menyambut hari Lebaran? Yuk, ikuti tips-tips di atas dan mulai saja dari #SatuRuangDulu. Kalau kamu butuh furnitur yang multifungsi dan space-saving alias hemat tempat, kamu bisa memebelinya secara online di Dekoruma! Selain modelnya beragam, harganya pun ramah di kantong. Selamat menyambut Hari Raya Idul Fitri dan menciptakan momen indah bersama keluarga di rumah!

article_cicilan_0_percent
Voucher Dekohouse