Bingung Mau Ngapain? Intip 6 Ide Kegiatan Ramadhan Seru di Rumah!

Artikel ini dibuat oleh tim konten Dekoruma. Setiap hari, kami menerbitkan cerita mengenai rumah, ikuti di sini.

6 Kegiatan Ramadhan Seru yang Bisa Kamu Lakukan di Rumah

Kegiatan Ramadhan yang bermanfaat bukan cuma soal menghabiskan waktu, tetapi bisa jadi cara menambah iman dan ketakwaan, lho! Jangan biarkan momen Ramadhan lewat begitu saja tanpa ada hal-hal berkesan yang bikin kamu makin kreatif dan produktif. Nah, bagi kamu yang sudah mulai bingung mau melakukan aktivitas apa selama bulan Ramadhan ini, ikuti ide-ide kegiatan Ramadhan yang seru dari Kania berikut ini, yuk!

1. Renovasi Rumah Kecil-kecilan, Yuk!

ide renovasi kamar tidur Japandi untuk mengisi kegiatan Ramadhandekoruma.com

Menyambut momen Lebaran, sudah pasti kamu harus merapikan dan bersih-bersih rumah, ‘kan? Kegiatan Ramadhan ini tidak harus dilakukan berdekatan dengan hari Raya, tapi bisa dicicil dengan cara-cara kreatif yang bikin satu keluarga merasa happy!

Melalui renovasi kecil-kecilan, seperti menambah dekorasi, mengganti furnitur lama jadi furnitur yang multifungsi, hingga mengubah warna cat dinding, tampilan rumah pasti akan jadi lebih fresh. Kamu juga bisa menata ulang ruanganmu dengan konsep desain lain secara sederhana, misalnya Japandi atau modern. Nah, kegiatan Ramadhan ini bisa dijalankan seru-seruan bareng keluarga sesuai kreativitas. Pasti akan ada momen indah bersama keluarga yang tak akan bisa terlupakan!

2. Ikut Webinar Bermanfaat

gambar laptop sebagai ilustrasi webinar untuk kegiatan Ramadhan produktifunsplash.com

Meskipun mungkin kamu hanya di rumah saja, tapi momen ini bisa jadi peluang bagus untuk memperkaya ilmu, lho! Berkat teknologi dan akses webinar yang kini sangat mudah didapatkan, siapa pun bisa belajar dan mendapatkan banyak pengetahuan dari segala bidang. Mulai dari parenting, finansial, digital, bincang-bincang positif, hingga tema religi, semua bisa jadi kegiatan Ramadhan yang super produktif.

Kamu bisa mencari informasi sesuai hobi dan menekuninya dengan konsisten. Jangan lupa, kegiatan Ramadhan yang satu ini harus didukung dengan meja dan kursi duduk yang ergonomis supaya kamu tetap merasa nyaman dan tidak pegal selama mengikuti webinar. Pastikan juga sesekali kamu bergerak dan meregangkan tubuh, ya!

3. Seru & Sehat Melalui Olahraga Sesuai Hobi

seseorang berolahraga sebagai kegiatan Ramadhancoachmag.co.uk

Tidak ada pantangan olahraga selama berpuasa, asal dijalankan sesuai ajaran Islam, yaitu tidak bersifat menyakiti lawan atau hewan. Bahkan, olahraga dianjurkan karena termasuk dalam keterampilan berjihad. Kegiatan Ramadhan ini sebaiknya dilakukan saat sahur dan momen menjelang berbuka puasa.

Tak hanya sekadar mengisi kegiatan Ramadhan, olahraga juga sangat baik untuk kebugaran tubuh. Adapun, jenis olahraga yang cocok dilakukan saat sedang menjalankan puasa adalah jalan sore, yoga, bersepeda, latihan beban ringan, dan sejenisnya.

4. Buat Hamper atau Parsel Lebaran

mengisi kegiatan Ramadhan dengan hunting hampers lebaranpinterest.com

Ini dia kegiatan Ramadhan yang nggak kalah seru. Untuk jaga tali silaturahmi, tradisi berbagi bingkisan kepada sesama teman, kerabat, dan teman bisnis bisa diungkapkan lewat hamper atau parsel Lebaran.

Umumnya, hamper Lebaran bisa didapatkan dengan cara hunting alias berburu pilihan yang tersedia di toko-toko online maupun offline. Namun, jika kamu memiliki keterampilan kerajinan tangan, boleh banget dimanfaatkan sebagai kegiatan Ramadhan untuk membuat kreasi hamper DIY, baik itu untuk diberikan kepada kerabat ataupun dijadikan ide bisnis musiman yang bisa menambah cuan atau keuntungan.

5. Membuat Takjil dan Beri Sedekah

takjil untuk kegiatan Ramadhankidspot.com.au

Rasulullah SAW pernah bersabda: “Sebaik baik sebuah sedekah adalah sedekah yang dilakukan pada bulan Ramadhan” – HR. Tirmizi. 

Nah, sedekah juga tidak perlu yang berharga mahal, sepanjang dilakukan dengan tulus dan niat berbagi. Salah satu kegiatan Ramadhan yang nggak cuma seru, tapi juga mudah dilakukan adalah mempersiapkan takjil. Hal ini bisa sesimpel membuat minuman manis dalam kemasan yang siap dibagikan. Jadi, persiapan berbuka dengan takjil tidak hanya untuk diri sendiri, tapi bagi-bagi juga ke orang terdekat, tetangga, atau bahkan orang yang kebetulan lewat di depan rumah.

6. Jalani Hobi Baru atau Balik ke Hobi Lama?

mengisi kegiatan Ramadhan dengan membuat kuetwitter.com

Kegiatan Ramadhan yang seru dan menyenangkan bisa dengan mencari hobi baru yang belum pernah dijalani, misalnya mencoba berkebun, memelihara ikan cupang, sampai scrapbooking. Buat kaum wanita, boleh juga, nih cari rutinitas perawatan kecantikan, seperti terapi masker, pijat atau totok wajah, hingga mencoba riasan wajah sendiri.

Kamu bukan tipe orang yang suka mencari hobi baru? Kalau begitu, coba ingat-ingat hobi lama apa yang sudah kamu ditinggalkan. Membaca buku, mempraktikkan resep baking, hingga bermain alat musik, semuanya adalah hobi yang layak dilakukan kembali untuk mengisi kegiatan Ramadhan yang menyenangkan. Siapa tahu kamu jadi ada minat untuk menekuni kembali hobi tersebut?

Seru-seru banget, ‘kan semua ide kegiatan Ramadhan di atas? Kamu mau lakukan yang mana dulu, nih? Kalau Kania, ingin melakukan ide kegiatan Ramadhan yang pertama dulu, yaitu renovasi rumah kecil-kecilan. Selamat berkegiatan!

Kamu sedang mencari furnitur baru untuk mengubah tampilan rumah menyambut hari Lebaran? Kamu bisa beli secara online di Dekoruma, lho! Ada banyak furnitur multifungsi dan space-saving dengan harga yang ramah di kantong. Beberapa di antaranya adalah meja makan, sofa bed, coffee table, dan lemari. Yuk, wujudkan hunian yang nyaman untuk menciptakan momen indah bersama keluarga!

article_cicilan_0_percent
Voucher Dekohouse