Ketahui 7 Alasan Pentingnya Menjaga Kebersihan Lingkungan Rumah

Artikel ini dibuat oleh tim konten Dekoruma. Setiap hari, kami menerbitkan cerita mengenai rumah, ikuti di sini.

Manfaat Menjaga Kebersihan Lingkungan Rumah

Bagaimana kondisi lingkungan di sekitar rumahmu? Apakah kamu dan para tetangga termasuk orang-orang yang suka menjaga kebersihan lingkungan? Jika belum, mulai dari sekarang cobalah untuk lebih rajin melakukan kegiatan positif untuk kebersihan lingkungan.

Kamu bisa mengajak warga sekitar untuk melakukan gotong royong guna menciptakan kebersihan lingkungan. Bagaimanapun, jika lingkungan kotor, kamu akan merasakan berbagai kerugian, baik itu secara langsung ataupun dalam jangka waktu yang panjang. Mulai dari tidak betah tinggal di rumah, banjir, sampai ancaman terkena penyakit menular akibat virus maupun bakteri.

Sebaliknya, jika kamu menjaga kebersihan lingkungan dengan baik, kamu akan mendapatkan berbagai keuntungan dan manfaat. Yuk, cek dulu tujuh alasan pentingnya menjaga kebersihan lingkungan rumah bersama Kania di bawah ini!

Bebas dari Sampah

seseorang hendak membuang sampah untuk menjaga kebersihan lingkunganariumliving.com

Sampah yang berserakan di lingkungan rumah tentunya dapat membawa kerugian. Pertama, sampah-sampah tersebut tidak enak dilihat. Kedua, sampah yang membuat kebersihan lingkungan tidak tercapai itu dapat mengeluarkan bau tidak sedap. Ketiga, saat hujan datang, sampah-sampah tersebut dapat menghambat saluran air dan mengakibatkan banjir.

Lebih daripada itu, sampah atau limbah rumah tangga yang berserakan sampai menumpuk bisa menghadirkan risiko besar terkait berbagai penyakit menular, mulai dari diare sampai tifus. Tentu kamu tidak ingin terkena penyakit-penyakit tersebut, bukan?

Udara Lebih Sejuk? Sudah Pasti!

 seorang wanita menghirup udara sejuk efek dari kebersihan lingkungan yang baikmagazine.vitality.co.uk

Kamu bisa menciptakan kebersihan lingkungan dengan menyingkirkan sampah sampai menanam pohon yang ridang di lingkungan rumah. Hasilnya, kamu akan memperoleh udara yang lebih segar dan sejuk. Bisa dibilang, lingkungan rumahmu akan lebih kaya oksigen untuk dihirup dan hidup pun jadi lebih sehat!

Kebersihan Lingkungan Pangkal Kesehatan

seseorang berolahraga sebagai manfaat dari kebersihan lingkungangoldcoast.qld.gov.au

Pentingnya menjaga kebersihan lingkungan yang satu ini sudah tidak perlu dipertanyakan. Kamu dan tetangga-tetanggamu pasti akan lebih sehat apabila kebersihan lingkungan terjaga. Hal ini karena lingkungan yang bersih membuat bakteri dan virus menipis di area tersebut. Udara yang bersih pun bagus untuk pernapasanmu.

Tinggal di Rumah Lebih Nyaman

teras rumah yang asri berkat kebersihan lingkungan yang baikhgtvhome.com

Merasa tidak nyaman berada di rumah, padahal semua fasilitas sudah lengkap? Bisa jadi itu karena kebersihan lingkungan yang tidak terjaga. Mulai sekarang, coba bergotong royong menjaga kebersihan lingkungan rumah.

Tidak perlu langsung secara besar-besaran ke jalanan sekitar rumah. Kamu bisa memulainya dari area teras rumah atau taman terlebih dahulu dan rasakan perubahan suasananya. Dijamin, kamu akan lebih betah di rumah!

Mental Lebih Terjaga

satu keluarga sedang bermain balon di atas rumput sebagai efek dari kebersihan lingkunganbrockportchamber.org

Perasaan senang karena melihat kebersihan lingkungan yang tercipta juga berpengaruh pada kesehatan mental. lho! Ini karena lingkungan yang bersih bisa memperkecil kadar kecemasanmu terkait berbagai risiko yang merugikan kamu maupun keluarga. Sebagai contoh, ketika kebersihan lingkungan tercipta, kamu pun tidak perlu terlalu khawatir akan ancaman diare atau masalah pencernaan lainnya yang suka timbul karena lingkungan kotor.

Tenang Jalani Aktivitas

seseorang sedang jogging berkat kebersihan lingkungan yang baiklivingmagazine.net

Kebersihan lingkungan yang tercipta akan membuat kamu lebih leluasa dan tenang menjalani berbagai aktivitas harian. Kamu tidak perlu takut menghirup udara kotor karena polusi udara. Kamu juga bisa lebih tenang ketika membawa anak-anak bermain ke luar rumah sebab potensi penyebaran virus dan bakteri sudah diminimalkan lewat pembersihan lingkungan secara maksimal. Kamu bahkan tidak perlu terlalu khawatir untuk memasak karena air di lingkungan rumah terjamin bersih.

Sedap untuk Dipandang dan Difoto

satu keluarga bahagia sedang foto di tengah kebersihan lingkunganverywellmind.com

Ini termasuk manfaat kebersihan lingkungan yang cukup esensial. Lingkungan yang bersih tentu saja membuat suasana menjadi enak untuk dipandang. Selain jadi betah untuk berlama-lama bersantai di teras, kamu pun akan terkagum akan kebersihan lingkungan di rumahmu. Jika sudah begitu, kamu pasti akan tergoda untuk memotret atau merekam kebersihan dan keindahan lingkungan tersebut serta membagikannya di berbagai akun media sosial. Benar, tidak?

Sekarang, kamu pilih yang mana, rutin menjaga kebersihan lingkungan supaya mendapatkan berbagai manfaat di atas atau malas bergerak melakukan pembersihan lingkungan dan menerima segala risikonya? Jangan malas untuk menjaga kebersihan lingkungan, ya!

Kamu sedang mencari furnitur multifungsi dan space-saving untuk hunianmu? Kamu bisa menemukannya secara online di Dekoruma, lho! Dekoruma menyediakan aneka jenis furnitur dengan harga terjangkau serta model yang efisien sehingga fungsi ruangan jadi lebih maksimal. Beberapa di antaranya, ada meja TV, kursi makan, sofa bed, dan lemari dapur. Yuk, wujudkan hunian yang nyaman dan ciptakan momen indah bersama keluarga!

article_cicilan_0_percent
Voucher Dekohouse