Yuk, Kenali Smart Home System Lebih Dalam untuk Hunian!

Artikel ini dibuat oleh tim konten Dekoruma. Setiap hari, kami menerbitkan cerita mengenai rumah, ikuti di sini.

Memahami Sistem Smart Home untuk Hunian Modern

Bukan hanya ponsel saja yang bisa dibuat menjadi pintar, tapi rumah juga bisa! Dengan fasilitas smart home system, kamu akan merasa lebih nyaman dan praktis tinggal di hunian karena semua interaksi terkait pemasangan dan pengaturan yang berhubungan dengan listrik di rumah bisa dilakukan dengan lebih mudah.

Smart home pada dasarnya mengacu ke hunian-hunian berbasis teknologi. Basis teknologi inilah yang pada akhirnya membuat pengontrolan atau pengaturan alat-alat listrik di hunian bisa dilakukan secara otomatis. Bahkan, kamu bisa menyalakan televisi atau mematikan lampu dan AC dari jarak jauh!

Sistem rumah pintar sendiri makin terkenal belakangan ini. Namun, sebenarnya pada rumah lama pun, konsep smart home bisa diterapkan dengan membuat sistem tambahan secara khusus. Nah, sebelum mengambil keputusan untuk menerapkan atau membeli rumah baru dengan smart home system, kenali dulu fakta-faktanya melalui ulasan Kania di bawah ini!

Penerapan Smart Lock

penggunaan kunci pintu pin untuk smart home systemarchitecturaldigest.com

Apakah kamu tahu salah satu ciri dari  hunian yang menerapkan sistem smart home? Kebanyakan rumah pintar bisa dideteksi dari penggunaan kunci rumahnya, di mana rumah ini cenderung memakai smart lock. Umumnya, tidak ada lubang kunci di model pintu tersebut. Dengan sistem smart lock, kamu bisa membuka pintu menggunakan sidik jari, rekaman mata, ataupun sandi yang bahkan bisa diakses lewat ponsel pintar.

Pengaturan Lewat Ponsel

pengendalian smart home system melalui ponselelectronicsgogreen.com

Ponsel pintar atau smartphone bisa dibilang menjadi salah satu tulang punggung dari smart home. Ini karena teknologi yang diterapkan di sistem rumah pintar biasanya selalu dihubungkan dengan seluruh perangkat smartphone.

Jadi, kamu bisa mengontrol berbagai peralatan rumah, mulai dari menyalakan lampu sampai mengatur suhu ruangan hanya dengan satu sentuhan melalui smartphone di genggaman tanganmu. Nah, karena terhubung lewat smartphone, pengaturan berbagai peralatan elektronik bisa dikendalikan secara jarak jauh.

Bisa dengan Suara

penerapan smart home system dengan suaraengadget.com

Suka nonton film atau drama di mana pemerannya bisa mengatur segala peralatan elektronik rumah tangga hanya dengan suara? Hal tersebut sebenarnya juga bagian dari smart home! Kamu bisa melakukan hal serupa apabila menerapkan smart home speaker system.

Teknologi ini memungkinkan kamu melakukan berbagai hal hanya dengan bersuara, seperti menyalakan lampu sampai menanyakan ramalan cuaca. Nggak usah heran kenapa teknologi ini bisa melakukan hal tersebut. Pasalnya, smart home speaker system tersambung ke mesin pencari, seperti Google ataupun Amazon yang kemudian memproses kata-kata yang kamu ucapkan untuk langsung dihubungan dengan layanan nirkabel di smartphone yang berfungsi sebagai remot.

Praktis dan Hemat Listrik

penerapan smart home system pada huniantechnologydesigner.com

Mungkin kamu berpikir, mengapa banyak hunian mulai menerapkan smart home system. Jawabannya adalah karena sistem pengaturan otomatis ini bisa membuat hidupmu lebih praktis dan nyaman. Mau tidur tidak perlu berjalan untuk mematikan lampu karena kamu bisa mengontrolnya lewat ponsel pintar. Suhu AC pun bisa diatur sedemikian rupa sesuai suhu di luar ruangan dan jumlah orang sehingga penggunaannya lebih optimal. Kalau bisa memudahkan hidup, jadi sangat menyenangkan, bukan?

Kata Sandi Harus Kuat

seseorang memegang ponsel untuk mengatur smart home systemidgesg.net

Smart home memang praktis, tapi kamu juga harus tahu risikonya. Karena diatur secara otomatis menggunakan internet, ada kemungkinan sistem smart home di hunianmu diretas atau mengalami bug ketika melakukan perintah.

Dalam upaya mengatasinya, kamu harus memakai kata sandi yang kuat untuk mengakses pengaturan berbagai peralatan rumah tangga di smart home. Kata sandi yang kuat akan memperkecil kemungkinan sistem bocor ataupun diretas.

Harus Ada Back-up

pintu pintar dengan sistem manual untuk back up smart home systemblog-nouvelles-technologies.fr

Salah satu kendala penerapan smart home system di Indonesia adalah kondisi listrik yang tidak stabil. Tentu saja ini bisa mengganggu jaringan dan koneksi internet untuk pengaturan peralatan di rumah pintar. Belum lagi ada risiko mati listrik yang bisa membuat penghuni smart home terjebak dalam rumah apabila menggunakan smart lock ataupun smart security.

Nah, supaya hal ini tidak terjadi, sebaiknya saat memutuskan menerapkan jaringan smart home, kamu juga menyiapkan back-up atau sistem keamanan untuk menangani listrik atau internet yang bermasalah. Kamu juga bisa menggunakan sistem pintu smart lock yang juga dilengkapi pengunci manual agar lebih aman.

Gimana, apakah kamu semakin tertarik untuk menerapkan smart home system pada hunianmu? Pastikan kamu tidak hanya berfokus pada kelebihannya, tapi juga memperhatikan risiko yang mungkin terjadi agar kamu selalu merasa aman dan nyaman dalam hunian. Semoga artikel ini bermanfaat, ya!

Kamu sedang mencari hunian yang sesuai kebutuhan keluarga dengan harga terbaik? Kamu bisa menemukannya di DekorumaHouse, lho! Ada banyak pilihan rumah dari berbagai lokasi di Jabodetabek. Bahkan, ada juga hunian eksklusif di dalam perumahan dengan lingkungan hijau yang asri, yaitu Clover Hill Residence yang berlokasi strategis di Jakarta Barat. Perumahan yang sedang hits ini sangat cocok untuk keluarga urban modern yang mendambakan hunian berkualitas.

Ayo, tunggu apa lagi? Segera wujudkan rumah impianmu bersama Dekoruma karena rumah adalah tempat di mana momen indah berawal!

article_cicilan_0_percent
Voucher Dekohouse