Ini 8 Jenis Tanaman Hias Caladium yang Harus Kamu Punya di Rumah!

Artikel ini dibuat oleh tim konten Dekoruma. Setiap hari, kami menerbitkan cerita mengenai rumah, ikuti di sini.

Ragam Jenis Tanaman Caladium yang Jadi Favorit Semua Orang

Ingin suasana rumah terlihat asri dan indah? Cara termudah yang bisa kamu lakukan adalah meletakkan tanaman hias di beberapa sudut rumah. Salah satu tanaman hias yang sedang populer adalah caladium. Wajar saja, tanaman ini memiliki daun yang menyerupai bentuk hati dan warnanya cerah.

Caladium pun memiliki banyak jenis yang dibedakan berdasarkan ukuran daun, warna, serta corak. Berikut ini, Kania punya rekomendasi 8 jenis caladium yang harus kamu punya di rumah. Yuk, langsung saja lihat di bawah ini!

Caladium Gingerland

jenis Caladium Gingerlandgoogle.com

Jenis tanaman caladium ini memiliki ciri khas pada coraknya. Daun yang berbentuk hati memiliki corak totol-totol berwarna merah. Warna dasar daunnya putih dengan pinggiran yang berwarna hijau tua. Ukuran daunnya kecil hingga sedang dengan gelombang di bagian tepi.

Caladium Moonlight

jenis tanaman Caladium Moonlightdiscoverandshare.org

Ketika melihat caladium moonlight, mustahil kalau tidak terpesona. Daunnya berwarna putih yang hampir transparan. Cahaya pun tampak berusaha menembusnya. Alhasil, tampilannya mirip seperti cahaya bulan. Ya, dari situlah caladium moonlight mendapatkan namanya.

Di bagian tengah daun terdapat semburat warna hijau muda yang semakin pekat di area tepi daun. Daunnya bergelombang dan berbentuk hati. Cocok untuk kamu yang memiliki jiwa romantis.

Caladium White Christmas

jenis tanaman Caladium White Christmassheridannurseries.com

Caladium white christmas memiliki warna dasar putih, seperti jenis moonlight. Namun, warna putih pada daunnya amat pekat. Sementara itu, tulang-tulang daunnya berwarna hijau tua dengan sedikit semburat di sekitarnya. Kedua warna ini amat kontras, tapi tetap cantik. Kalau kamu memiliki rumah bergaya minimalis ataupun Japandi, pertimbangkanlah jenis caladium yang satu ini!

Caladium White Queen

jenis Caladium White Queenliving4media.com

Satu lagi jenis caladium yang didominasi warna putih, yaitu white queen. Sekilas tampilannya mirip dengan jenis white christmas. Warna dasarnya putih pekat, tapi di tulang-tulang bagian tengahnya berwarna merah dan tersebar dengan cantik. Sementara itu, di bagian pinggir ada garis tipis berwarna hijau. Bagaikan ilustrasi jantung, ya? Apalagi daunnya menyerupai bentuk hati.

Caladium Freida Hemple

jenis tanaman Caladium Freida Hemplepixabay.com

Selanjutnya, ada caladium freida hemple yang bernuansa gelap. Tanaman hias jenis ini didominasi warna merah dan hijau tua, di mana merah pada bagian tengah daun dan hijau tua pada bagian pinggirnya. Warna tulangnya mengikuti warna daun sehingga hampir tidak terlihat dengan jelas. Bagian batang tanaman juga berwarna merah. Jenis yang satu ini paling cocok disandingkan dengan rumahmu yang didominasi warna putih atau krem.

Caladium Carolyn Whorton

jenis Caladium Carolyn Whortonflickr.com

Siapa sangka tanaman hias caladium ada yang warnanya pink? Contohnya adalah jenis carolyn whorton. Warna pink memenuhi bagian dasar daunnya, lalu terdapat bercak-bercak hijau mulai dari tengah hingga pinggir daun yang semakin jauh semakin pekat warnanya. Tulangnya sendiri berwarna merah sehingga tampil serasi dengan warna dasarnya.

Caladium Thai Beauty

jenis tanaman Caladium Thai Beautyonlineplantguide.com

Selain jenis carolyn whorton, ada pula caladium Thai beauty yang didominasi warna merah muda pekat. Tulang daun dari tanaman ini berwarna putih. Pada bagian pinggir, terdapat warna hijau yang membentuk pola abstrak mengikuti serat daun. Ukuran daunnya bisa melebihi 20 cm, lho!

Caladium Miss Muffett

jenis tanaman Caladium Miss Muffettpinterest.com

Tidak semua caladium memiliki daun besar. Kalau kamu mencari caladium yang rimbun dan daunnya kecil untuk menghias pekarangan rumah, coba lirik jenis miss muffett! Daunnya berbentuk hati yang sedikit memanjang. Warna dasarnya hijau muda, lalu ada bintik-bintik acak yang berwarna merah, mirip seperti warna tulangnya.

Pada dasarnya, semua jenis caladium tadi memiliki keunggulan tersendiri dari segi estetika. Kamu hanya perlu memilih mana yang paling sempurna untuk gaya rumah masing-masing. Selain itu, cegah kehadiran kutu dan ulat supaya tanamanmu selalu tampil cantik!

Terakhir, jangan lupa lengkapi juga hunianmu dengan furnitur multifungsi dan space-saving supaya fungsi ruangan makin maksimal! Kamu bisa, lho menemukan aneka furnitur tersebut dengan harga terjangkau di Dekoruma. Mulai dari sofa bed, coffee table, meja makan, hingga tempat tidur, semuanya ada. Yuk, langsung saja cek selengkapnya di Dekoruma dan wujudkanlah rumah impianmu karena rumah adalah tempat di mana momen indah berawal!

article_cicilan_0_percent
Voucher Dekohouse