Plus Minus Investasi Tanah Kavling yang Perlu Kamu Ketahui

Artikel ini dibuat oleh tim konten Dekoruma. Setiap hari, kami menerbitkan cerita mengenai rumah, ikuti di sini.

Kelebihan dan Kelemahan Investasi Tanah Kavling

Investasi di bidang properti memang sangatlah menjanjikan karena bisa mendatangkan keuntungan yang berlipat ganda. Terlebih, ada berbagai macam investasi properti yang bisa kamu pilih, mulai dari investasi rumah, apartemen, ruko, toko, penginapan, hingga investasi tanah kavling yang memang memiliki banyak keunggulan ketimbang investasi tanah sawah.

Kendati demikian, segala macam portofolio investasi memang memiliki risiko yang sebaiknya kamu ketahui sebelum memulainya. Khusus buat kamu yang tertarik melakukan investasi tanah kavling, berikut ini Kania punya beberapa informasi penting mengenai kelebihan dan kekurangannya. Simak ulasannya sampai habis, ya!

Investasi Tanah Kavling Lebih Murah

gambar tanah dijual sebagai upaya investasi tanah kavlingrdcnewsadvice.com

Jika dibandingkan dengan jenis investasi properti lainnya, seperti rumah atau apartemen, investasi tanah kavling memerlukan modal yang jauh lebih sedikit. Hal ini karena tanah kavling umumnya dijual dengan harga lebih terjangkau ketimbang properti yang telah dilengkapi bangunan sehingga sangatlah cocok dipilih oleh kamu yang baru ingin memulai investasi. Bahkan, kamu juga bisa membeli tanah kavling seharga rumah, tapi dengan tanah yang jauh lebih luas. 

Kenaikan Harga Investasi Tanah Kavling

ilustrasi tanah kavling di Balibalirealty.com

Sama seperti investasi di bidang properti lainnya, investasi tanah kavling pun akan mengalami kenaikan harga di kemudian hari. Ya, meskipun kenaikan harganya tidak setinggi rumah, tapi kamu tetap bisa memperoleh keuntungan, apalagi jika tanah kavling milikmu berada di lokasi yang strategis dan sedang berkembang.

Investasi Tanah Kavling Tidak Perlu Perawatan Rutin

gambar tanah kavling yang luasdavid-hill.co.uk

Jika investasi rumah baru memerlukan perawatan rutin, lain halnya dengan investasi tanah kavling. Apalagi jika kamu membeli tanah kavling melalui developer, biasanya perawatan ataupun keamanannya dikelola langsung oleh developer tersebut. Dengan begitu, dapat meminimalisir tenaga ataupun biaya tambahan untuk pemeliharaan.

Pendapatan Tambahan dari Investasi Tanah Kavling

gambar tanah kavling dijualbuytrust.lk 

Tanah kavling yang kamu miliki juga bisa disewakan. Jika tanah kavling yang kamu beli lokasinya tidak berada di dalam cluster perumahan, kamu bisa menyewakan tanah tersebut kepada orang lain untuk dijadikan sebagai lahan parkir, sentra kuliner, hingga tempat cuci kendaraan. Tentu saja, hal ini akan memberikan pendapatan tambahan yang cukup besar.   

Tanah Kavling sebagai Aset Non-Likuid

gambar tanah kavlingbuyafarm.com 

Meskipun investasi tanah kavling berpotensi mendatangkan keuntungan besar, tapi kamu juga harus mengetahui risiko kerugian yang mungkin terjadi. Perlu kamu ketahui, tanah kavling dan jenis properti lainnya termasuk dalam aset non-likuid yang tidak mudah dijual dalam waktu singkat, terutama jika tanah yang kamu miliki berada di lingkungan yang tidak berkembang. Maka dari itu, sebaiknya kamu selalu cermat dalam memilih lokasi tanah tersebut. 

Tanah Kavling Bisa Diambil Alih Orang Lain

gambar miniatur rumah untuk ilustrasi tanah kavlinghomedelux.ro

Jika investasi yang kamu miliki lokasinya tidak berada di dalam klaster perumahan, terdapat juga risiko bahwa tanah kavling milikmu diambil alih orang lain. Tepatnya, apabila tanah kavling kamu berada di lingkungan non-perumahan atau daerah padat penduduk yang minim penjagaan sehingga penyerobotan tanah bisa saja terjadi. Oleh karena itu, sebaiknya kamu rutin memeriksa kondisi tanah milikmu serta memasang pembatas seperti pagar.

Cermat Mengelola Tanah Kavling

tanah kavling dijuallandscouts.com 

Jika kamu tidak memanfaatkan investasi tanah kavling, maka kamu tidak bisa mendapatkan pemasukan tambahan, terkecuali jika kamu menjualnya setelah tanah kavling mengalami kenaikan harga. Maka dari itu, pastikan kamu cermat dalam melakukan investasi tanah kavling agar bisa mendatangkan keuntungan tambahan.

Secara keseluruhan, investasi tanah kavling dapat memberikan keuntungan asalkan kamu bisa memanfaatkannya secara maksimal dan memilih tanah kavling di lokasi yang strategis. Sekarang, apakah kamu tertarik untuk memulai investasi yang satu ini?

Nah, buat kamu yang juga tertarik untuk menjalankan investasi rumah dan apartemen, kamu bisa mencari kedua properti tersebut di DekorumaHouse, lho! Ada banyak sekali pilihan rumah dan apartemen dari berbagai daerah di Jabodetabek. Kamu bisa menemukan rumah dijual di Jakarta Selatan, rumah baru di Depok, atau apartemen dijual di Jakarta Barat. Tunggu apa lagi? Yuk, langsung saja cari properti yang kamu inginkan di Dekoruma!

article_cicilan_0_percent
Voucher Dekohouse