8 Tips Menanam dan Merawat Bunga Alamanda agar Cepat Tumbuh

Artikel ini dibuat oleh tim konten Dekoruma. Setiap hari, kami menerbitkan cerita mengenai rumah, ikuti di sini.

Tips dan Trik Menanam Serta Merawat Bunga Alamanda

Mempercantik halaman rumah dengan bunga hias akan membuat hunian makin atraktif dan kamu pun makin betah di rumah. Salah satu bunga hias yang sangat direkomendasikan sebagai penghias halaman rumah adalah bunga alamanda.

Bunga alamanda dikenal juga sebagai bunga terompet atau lonceng kuning. Bunga yang banyak tumbuh subur di Brasil ini memiliki warna kelopak kuning mentega dengan bentuk yang memanjang seperti terompet. Ukuran bunganya pun cukup besar dan menarik perhatian. Diameter per bunga bisa mencapai 7 sentimeter.

Menanam bunga alamanda di rumah tidaklah sulit. Pada intinya, pembuatan media tanam dan perawatan yang rutin menjadi kunci sukses supaya bunga alamanda cepat tumbuh subur di halaman rumahmu. Berikut ini, Kania akan membagikan beberapa tips yang bisa kamu lakukan agar bunga berwarna kuning ini dapat segera tumbuh dengan hasil yang cantik. Yuk, simak ulasannya bersama!

1. Siapkan Pot Besar

sebuah pot keramik untuk bunga alamandasquarespace.com

Bunga alamanda sebenarnya bisa dibudidayakan dengan media tanam tanah ataupun secara hidroponik. Namun, menanam di tanah akan lebih simpel. Hal pertama yang perlu kamu lakukan adalah menyiapkan pot dengan ukuran agak besar. Sebaiknya, pilih ukuran pot yang bervolume 4—5 liter yang memiliki lubang drainase. Jika memungkinkan, pilih juga jenis pot yang berbahan dasar tanah liat supaya penyerapan air untuk tanaman di pot tersebut lebih maksimal.

2. Diamkan Tanah Terlebih Dahulu

tunas tanaman bunga alamandamedium.com

Jangan langsung menanam biji bunga alamanda pada tanah dalam pot. Sebaiknya, kamu mendiamkan dahulu tanah yang akan menjadi media tanam bunga tersebut selama 5—7 hari. Pastikan tanah ditaruh pada area yang terkena sinar matahari langsung. Tujuannya agar bibit hama dan penyakit pada tanah tersebut bisa mati dan tidak mempengaruhi tumbuh kembang bunga alamanda yang hendak kamu tanam.

3. Campurkan Pupuk dan Pasir

campuran tanah dan pasir untuk menanam bunga alamandagoogle.com

Jangan hanya mengandalkan tanah. Supaya bunga alamanda bisa tumbuh dengan cepat dan bagus, kamu perlu mencampurkan media tanam dengan pasir dan juga pupuk. Pupuk yang kamu pakai bisa pupuk kompos ataupun pupuk kandang. Namun, perbandingannya tetap tidak boleh terlalu banyak dibandingkan jumlah tanah gambut yang kamu pakai sebagai media tanam bunga alamanda.

4. Pilih Bibit yang Sehat

gambar tunas dari bibit bunga alamandablogspot.com

Pemilihan bibit sangat menentukan pertumbuhan dan hasil bunga alamanda. Untuk menanam jenis bunga ini, sebenarnya ada dua cara. Pertama, kamu bisa menanam bibitnya sebagai benih. Pilihan lainnya, kamu menggunakan cangkokan atau stek dari bunga alamanda lain yang sudah tumbuh subur. Pastikan bibit yang kamu pilih sehat agar bisa berbunga dengan menawan.

5. Siram secara Rutin

alat penyiram tanaman untuk bunga alamandablogspot.com

Tentu saja kamu tidak boleh lupa menyiram bunga terompet kuning ini. Penyiraman dapat kamu lakukan tiap hari dengan jumlah terbatas menggunakan penyiram tanaman. Pastikan kamu tidak mengguyur tanaman dengan air sekaligus karena akan membuat tanaman lebih rentan rusak.

6. Beri Pupuk Sebulan Sekali

pemberian pupuk untuk bunga alamandasoonhuatseeds.com

Mau bunga alamdan tumbuh dengan cepat? Tentu saja kamu perlu memperhatikan kesuburannya! Selain menyiram secara rutin, kamu juga perlu telaten dalam memberi pupuk. Namun, tidak perlu sering-sering, kamu cukup memberikan pupuk ke tanaman bunga alamanda sebulan sekali.

7. Tempat Terjangkau Matahari

ilustrasi tanaman bunga alamanda di dekat jendelapinterest.com

Tanaman bunga alamanda sangat suka matahari. Kalau ingin bunganya tumbuh dengan cepat dan subur, kamu perlu menaruh pot yang berisi tanaman ini di halaman rumah yang terkena sinar matahari langsung. Karena alasan ini jugalah, tanaman bunga alamanda tidak cocok ditanam di dalam ruangan tertutup, seperti di dalam rumah.

8. Pasang Kayu atau Tongkat

deretan bunga alamandapinterest.com

Bunga alamanda adalah jenis tanaman merambat. Kamu bisa menaruh kayu atau tongkat pada pot yang berisi bibit tanaman ini. Peletakan kayu atau tongkat tersebut ternyata bisa merangsang pertumbuhan bunga alamanda menjadi lebih cepat dan banyak, lho!

Gimana, tidak sulit, ‘kan menanam dan merawat bunga alamanda. Sebenarnya, cara penanaman dan perawatannya tidak jauh berbeda dengan tanaman lain. Kalau masih bingung mencari pot sebagai wadah untuk menanam bunga yang mirip lonceng ini, kamu bisa cek koleksi pot di Dekoruma, lho! Selain harganya terjangkau, pilihan modelnya pun ada banyak.

Tak hanya pot saja, Dekoruma juga jual aneka furnitur multifungsi dan space-saving untuk hunianmu. Beberapa di antaranya, ada lemari pakaian, sofa, meja makan, dan coffee table. Yuk, langsung saja cek selengkapnya di Dekoruma dan wujudkanlah rumah impianmu karena rumah adalah tempat di mana momen indah berawal!

article_cicilan_0_percent
Voucher Dekohouse