6 Ide Partisi Ruangan Multifungsi dan Estetik Ala Japandi

Artikel ini dibuat oleh tim konten Dekoruma. Setiap hari, kami menerbitkan cerita mengenai rumah, ikuti di sini.

Model Partisi Ruangan Multifungsi dan Space-Saving di Rumah Japandi

Hunian mungil kerap mengalami masalah pembagian ruang. Apabila menggunakan dinding pemisah, hunian akan terasa sempit. Sirkulasi udara dan cahaya pun jadi terhambat. Namun, kalau tidak membagi ruangan dengan jelas, hunian akan lebih mudah berantakan. Nah, untuk mengatasi hal ini, solusinya adalah menggunakan partisi ruangan.

Penggunaan partisi ruangan dinilai lebih efisien dan hemat tempat alias space-saving. Alasannya adalah karena partisi ruangan ukurannya kecil hingga sedang, serta bisa dibuat dari furnitur apa pun sehingga jadi multifungsi. Bahkan, hunian berukuran besar pun tidak segan menggunakan partisi supaya terlihat makin besar. 

Di samping itu, saat ini desain interior bergaya Japandi tengah populer, termasuk untuk urusan partisi ruangan di dalamnya. Material berupa light wood biasanya mendominasi hunian Japandi dan penataannya sangat space-saving lantaran hanya ada benda esensial saja di dalamnya. Lalu, kalau mau pakai partisi ruangan ala Japandi, harus pilih yang seperti apa, ya? Yuk, kulik bersama Kania ide partisi ruangan multifungsi dan estetik ala Japandi berikut ini!

Lemari Pembatas Ruang Keluarga dan Ruang Makan

ide partisi ruangan berupa kabinet di rumah bergaya Japandidekoruma.com

Lemari adalah salah satu furnitur yang sering dijadikan partisi ruangan. Furnitur yang multifungsi ini mencerminkan gaya Japandi yang fokus dengan organisasi benda. Kamu dapat menyimpan aneka benda di dalam lemari sehingga ruangan terlihat rapi. Bagian atasnya pun dapat dimanfaatkan untuk meletakkan TV.

Model lemari yang merangkap partisi ini sangat minimalis sehingga lebih space-saving. Ukuran partisi ruangan ini juga tidak terlalu tinggi sehingga sirkulasi udara dan cahaya tetap terjaga. Sederhana, tapi sangat fungsional, bukan?

Model Foyer

ide partisi ruangan multifungsi di area foyer rumah Japandidekoruma.com

Selanjutnya, ada partisi ruangan untuk membatasi area foyer. Ukurannya cukup besar untuk menjaga privasi, tapi ketebalannya tidak banyak memakan tempat sehingga tetap space-saving dan juga tidak mengganggu ruang gerak penghuni.

Partisi ini dibuat menggunakan material kayu. Bagiannya terdiri dari rak pajang, cermin, dan tempat duduk dengan latar tiang-tiang kayu yang tersusun rapi. Partisi ruangan ini multifungsi banget, ya?

Pakai Meja Jengki

partisi ruangan berupa meja konsul di hunian Japandidekoruma.com

Meja jengki punya ciri khas kakinya yang menjorok keluar. Furnitur yang hits di era kakek-nenek kita ini, dibuat dari kayu. Nah, meja ini cocok sekali untuk menghias hunian ala Japandi. Kamu bisa meletakkannya di belakang sofa untuk membatasi area keluarga dan jalur masuk ke dalam rumah. Padukan partisi ruangan ini dengan dekorasi tanaman hijau supaya kesan alami ala Japandi dapat terpancar.

Rak Minimalis, Muat Banyak Barang

model partisi ruangan ala Japandi berupa rak terbukadekoruma.com

Mau memiliki partisi ruangan yang multifungsi sebagai tempat penyimpanan, tapi juga bisa untuk memajang dekorasi? Kalau begitu, kamu wajib menggunakan rak yang 100% dibuat dari material kayu ini. Sekat pada partisi ruangan ini cukup banyak, ada yang terbuka, ada juga yang tertutup.

Manfaatkanlah bagian yang terbuka tersebut untuk meletakkan dekorasi khas Japandi. Misalnya, tanaman hias dan pajangan berbentuk geometri. Sementara itu, bagian yang tertutup dan diberi pintu warna putih, bisa kamu gunakan untuk menyimpan aneka barang supaya terorganisir dengan baik.

Meja Belajar di Balik Partisi

ide partisi ruangan merangkap area kerja di rumah Japandidekoruma.com

Meski sangat bermanfaat, tapi partisi ruangan multifungsi sebagai penyimpanan mungkin sudah terlalu mainstream, ya. Nah, kalau kamu mau membuat suasana yang berbeda di hunian Japandi, kamu bisa tiru ide partisi ruangan dengan meja belajar di baliknya. Walau berada di balik partisi, meja belajar ini tidak kehilangan elemen esensialnya. Tetap ada meja, kursi, lemari, rak, bahkan papan tulis dari kaca untuk mempermudah proses belajar. Sangat space-saving dan multifungsi, ‘kan?

Estetik dengan Sentuhan Modern

model partisi ruangan rak terbuka di hunian Japandidekoruma.com

Gaya Japandi identik dengan pembawaan nuansa alami ke dalam hunian. Meski begitu, hunian tetap bisa tampil modern di saat yang bersamaan. Contohnya, dengan menggunakan partisi ruangan yang membatasi ruang tamu dan tangga menuju lantai 2.

Desainnya menyerupai rak dengan kerangka besi berwarna hitam yang menciptakan kesan modern. Lalu, kerangkanya diisi dengan box bermaterial light wood yang bernuansa alami khas Japandi. Hias partisi ruangan ini dengan benda kesayanganmu dan juga tanaman hijau mungil dalam pot. Jika masih terasa sepi, tambahkan juga aneka hiasan di sekitar partisi, seperti lukisan atau jam dinding.

Itulah enam ide partisi ruangan yang multifungsi dan estetik ala Japandi. Semoga hunianmu terasa lebih nyaman dan seimbang berkat kehadirannya, ya!

Kalau kamu sedang mencari furnitur multifungsi dan space-saving yang juga bisa dijadikan partisi ruangan, kamu bisa mencarinya di Dekoruma, lho! Ada banyak jenis furnitur dengan model kekinian dan harga yang terjangkau. Pilihan mereknya pun bervariasi. Dekoruma jual Pro Design, Heim Studio, dan Livien. Yuk, ciptakan hunian yang efisien dan nyaman, tapi tetap estetik karena rumah adalah tempat di mana momen indah berawal!

article_cicilan_0_percent
Voucher Dekohouse