7 Keunikan dan Keunggilan Bonsai Kemuning yang Banyak Diburu!

Artikel ini dibuat oleh tim konten Dekoruma. Setiap hari, kami menerbitkan cerita mengenai rumah, ikuti di sini.

Mengenal Bonsai Kemuning Lebih Dalam

Bonsai merupakan teknik mengerdilkan suatu jenis tanaman. Teknik ini tidak pernah padam popularitasnya. Pasalnya, orang-orang jadi berkesempatan untuk membawa keindahan pohon-pohon besar ke dalam rumah. Salah satu jenis bonsai yang banyak diburu orang adalah bonsai kemuning.

Tanaman kemuning sendiri tergolong dalam tanaman perdu yang dapat tumbuh liar. Kemuning tumbuh dengan subur di tanah yang lembap, seperti kondisi tanah di Indonesia pada umumnya. Tingginya bisa mencapai 7 meter. Bunganya memiliki aroma semerbak dan mekar sepanjang tahun. Lantas, apa saja keunggulan dan keunikan bonsai kemuning? Yuk, simak ulasan dari Kania di bawah ini!

1. Karakter Batang Berumur

tanaman bonsai kemuning di dalam pot coklatwikipedia.org

Kemuning memiliki karakter batang yang unik. Bagian kulit batangnya berkerak atau agak mengelupas. Karakteristik batang ini sudah dimiliki oleh kemuning sejak dini. Kulit yang berkerak ini menjadikan bonsai kemuning tampak seperti sudah berumur tua. Tampilan bonsai pun semakin antik!

2. Batang Mudah Dibentuk

tanaman bonsai kemuning di dalam pot bulatbonsaiclubofahmedabad.com

Salah satu alasan orang menyukai bonsai adalah karena batangnya bisa dibuat meliuk-liuk. Semakin unik liukannya, semakin mahal harga jualnya. Untuk membuat bonsai dengan batang meliuk yang cantik, pemiliknya perlu telaten melilitkan kawat selama masa pertumbuhan bonsai.

Nah, bonsai kemuning punya keunggulan tersendiri untuk urusan ini dibandingkan bonsai lain. Batangnya tipis sehingga mudah dibentuk sesuai keinginan. Kalaupun kamu malas membentuknya, batang bonsai ini akan tumbuh meliuk dengan sendirinya. Lebih unik dan alami!

3. Berbunga Sepanjang Tahun

ilustrasi bunga bonsai kemuningflickr.com

Bonsai kemuning mendapatkan karakteristik bunga yang dimiliki tanaman aslinya. Bunga bonsai kemuning bermekaran sepanjang tahun. Warnanya putih bersih. Hal ini jelas membuat bonsai tampil cantik. Tidak hanya itu, bunga bonsai kemuning juga mengeluarkan aroma semerbak. Saat diletakkan di dalam rumah, aromanya akan menyebar dengan sempurna.

4. Bonsai yang Rimbun

tanaman bonsai kemuning di antara aneka tumbuhanblogspot.com

Sebagai tanaman perdu, kemuning memiliki banyak ranting dan daun. Sama seperti tanaman aslinya, bonsai kemuning juga kaya akan ranting. Alhasil, bonsai tampak sangat rimbun. Bedanya, ranting-ranting bonsai kemuning jauh lebih mudah dipangkas untuk menjaga keindahannya. Kamu cukup menggunakan gunting dalam waktu singkat. Berbeda dengan kemuning yang berukuran besar, di mana kamu membutuhkan tenaga ekstra untuk memangkasnya.

5. Daun yang Mendukung untuk Teknik Bonsai

tanaman bonsai kemuning di dalam pot bulat warna cokelatamazon.com

Dibandingkan dengan tanaman lain, kemuning bisa dibilang sangat mendukung teknik bonsai. Tanaman kemuning aslinya memiliki daun-daun berukuran kecil. Proses mengerdilkan kemuning pun akan semakin mudah!

6. Bonsai yang Bisa Berbuah

ilustrasi tanaman bonsai kemuning yang berbuahblogspot.com

Bonsai kelapa tidak dapat berbuah seperti tanaman kelapa aslinya. Namun, bonsai kemuning bisa menghasilkan buah yang sama persis seperti aslinya, lho! Hanya saja ukurannya lebih kecil. Buah bonsai kemuning ini muncul dalam warna kehijauan. Saat sudah matang, warnanya akan berubah menjadi merah atau oranye. Dari buah ini juga, kamu dapat menanam bonsai yang baru.

7. Perawatan Bonsai

cara merawat bonsai kemuningpinterest.com

Perawatan bonsai kemuning tidaklah sulit, bahkan untuk pemula sekalipun. Media tanam yang diperlukan adalah kompos dan tanah lempung. Kemudian, jagalah kelembapan media tanam tadi. Pada musim kemarau, siramlah dua kali sehari. Pupuk yang cocok untuk bonsai ini adalah pupuk kimia dan organik. Pupuk kimia dapat diberikan setiap bulan, sedangkan pupuk organik setiap tiga bulan.

Bonsai akan terus bertumbuh. Oleh karena itu, kamu perlu mengganti pot tanaman setidaknya tiap dua tahun sekali. Pada saat ini pula, guntinglah akar bonsai sekitar 5 cm di setiap sisinya. Dengan demikian pot tidak akan rusak dan bonsai tetap sehat. Waspada juga terhadap hama dan jamur yang mengintai. Cegah hal ini dengan menyemprotkan insektisida dan fungisida secara rutin.

Sekarang kamu nggak heran, ‘kan kenapa bonsai kemuning banyak diburu orang? Keunikan dan keunggulannya jarang dimiliki bonsai lain. Kalau kamu berkesempatan memeliharanya, rawat dengan baik dan letakkan di pot yang estetik, ya!

Jangan lupa baca juga artikel dengan pembahasan seputar home & living lainnya hanya di Dekoruma! Selain artikel, Dekoruma juga jual aneka furnitur multifungsi dan space-saving untuk mewujudkan hunian yang nyaman untukmu, lho. Beberapa di antaranya, ada coffee table berlaci, sofa bed, nakas, dan tempat tidur yang dilengkapi storage. Tunggu apa lagi? Yuk, buat rumah impianmu jadi kenyataan bersama Dekoruma karena rumah adalah tempat di mana momen indah berawal!

article_cicilan_0_percent
Voucher Dekohouse