6 Desain Ruang Tamu Sederhana ala Japandi untuk Rayakan Idul Fitri di Rumah

Artikel ini dibuat oleh tim konten Dekoruma. Setiap hari, kami menerbitkan cerita mengenai rumah, ikuti di sini.

Inspirasi Ruang Tamu Sederhana Bergaya Japandi

Idul Fitri sebentar lagi. Persiapan untuk menyambut keluarga atau tamu yang datang ke rumah pun perlu dilakukan agar suasana Lebaran makin semarak. Salah satunya dengan mendesain interior ruang tamu. Tidak perlu mewah-mewah, membuat ruang tamu sederhana yang cantik dengan gaya Japandi pun bisa membuat Hari Raya Idul Fitri semakin berkesan buat kamu, keluarga, maupun tamu yang berkunjung.

Konsep dari ruang tamu sederhana ala Japandi adalah membuat ruangan yang estetik, tapi tetap efisien dengan pemilihan furnitur yang multifungsi dan space-saving atau hemat tempat. Unsur kayu, warna-warna netral, atau warna pastel biasanya menjadi dominan dalam model ruangan yang menggabungkan antara konsep interior Jepang dan Skandinavia ini.

Masih bingung mendesain ruang tamu sederhana dengan gaya Japandi untuk Lebaran nanti? Tenang, di bawah ini, Kania sudah menyiapkan beberapa inspirasi yang bisa kamu contek. Yuk, langsung saja lihat bersama!

Dominan Putih untuk Ruang Tamu Japandi Klasik

desain ruang tamu sederhana bergaya Japandi klasikdekoruma.com

Salah satu karakteristik dari desain Japandi adalah penggunaan material kayu berwarna cokelat. Namun, kamu juga bisa, lho membuat ruang tamu sederhana berkonsep Japandi dengan dominasi warna putih pada dinding maupun furnitur untuk menghadirkan kesan klasik sekaligus.

Gunakan furnitur yang space-saving, sepeti kabinet untuk menaruh televisi yang sekaligus penuh dengan laci dan rak penyimpanan. Pilih juga sofa berbentuk huruf “L” yang besar supaya banyak orang bisa duduk dengan nyaman. Tidak hanya untuk menyambut tamu, model ruang tamu sederhana ini sifatnya multifungsi karena bisa menjadi ruang keluarga untuk bersantai dan bercengkerama.

Ruang Tamu Sederhana dengan Spot Foto

desain ruang tamu sederhana dengan aneka dekorasi ala Japandidekoruma.com

Kumpul-kumpul saat Lebaran kurang afdal kalau tidak ada acara foto-foto. Nah, kamu bisa membuat ruang tamu sederhana ala Japandi yang multifungsi untuk sekaligus dijadikan studio foto. Biarkanlah salah satu sisi dinding bebas dari pajangan. Sebagai gantinya, taruh dekorasi berupa bunga kering yang estetik. Jadi, sisi dinding tersebut bisa menjadi spot foto yang instagramable.

Ruang Tamu Sederhana dengan Furnitur Unik

desain ruang tamu sederhana modern ala Japandidekoruma.com

Tidak punya banyak waktu mengubah desain ruang tamu untuk Lebaran? Tenang, Kania punya trik simpelnya! Cara paling gampang untuk mengubah tampilan ruang tamu sederhana di hunianmu adalah dengan mengganti furnitur yang ada.

Pilihlah aneka furnitur yang unik supaya ruang tamu sederhana kamu bisa terlihat lebih menarik. Nah, karena mengusung konsep Japandi, sebaiknya kamu mencari furnitur unik berbahan dasar kayu. Lantai rumah pun bisa kamu ganti menjadi parket kayu atau memakai vinyl dengan nuansa cokelat muda yang hangat.

Kayu dan Warna Bata Berpadu di Ruang Tamu Sederhana

desain ruang tamu sederhana dengan sentuhan warna batadekoruma.com

Ruang tamu sederhana yang sempit bukan berarti tidak bisa menjadi tempat favorit untuk para tamu. Coba ubah sedikit interior ruang tamu kamu dengan meletakkan televisi yang posisi berhadapan langsung dengan sofa. Berilah backwall pada televisi dengan unsur kayu yang dominan khas Japandi. Di bawahnya, jangan lupa tambahkan kabinet rendah yang space-saving untuk menaruh berbagai barang.

Untuk sofanya, carilah yang warnanya merah bata untuk memperkuat unsur alam di ruang tamu sederhana. Warna merah bata tersebut akan berpadu manis dengan warna cokelat tanpa meninggal kesan monoton.

Pencahayaan dan Udara Maksimal di Ruang Tamu Sederhana

ruang tamu sederhana ala Japandi dengan jendela besardekoruma.com

Nah, karena akan jadi tempat berkumpul, pastikan ruang tamu sederhana di rumahmu memiliki sirkulasi udara dan pencahayaan yang maksimal. Jangan ragu untuk membuka jendela selama ada tamu supaya sirkulasi udara tidak terganggu.

Dari segi desain, pertahankanlah unsur dinding warna putih, baik pada perabotan maupun dekorasi. Unsur kayu pun bisa kamu selipkan tanpa terlalu memaksa, seperti pada rak dan kabinet multifungsi yang menjadi partisi antara ruang tamu dan ruang makan.

Satu lagi yang tidak boleh ketinggalan. Percantik ruang tamu sederhana kamu dengan sentuhan tanaman hias hijau yang menyejukkan mata. Selain menonjolkan desain Japandi, dijamin suasana ruangan jadi makin nyaman dengan adanya hiasan tersebut!

Ruang Tamu Sederhana dengan Sentuhan Warna Pastel

desain ruang tamu sederhana di apartemen bergaya Japandidekoruma.com

Mungkin kamu berpikir, apakah ruang tamu sederhana di apartemen cocok untuk menjamu tamu saat Lebaran? Jawabannya tentu saja cocok! Kamu bisa membuat interior ruang tamu ala Japandi yang menggabungkan warna cokelat dan biru pastel untuk membuat ruangan terlihat lebih lega dan eye catching.

Warna cokelat bisa kamu hadirkan pada rak dinding, kabinet, coffee table, lantai yang menggunakan vinyl kayu, hingga langit-langit ruangan. Sementara itu, warna pastel yang juga menjadi ciri khas Japandi bisa kamu hadirkan melalui cat tembok atau aneka dekorasi seperti bantal sofa

Gimana, apakah kamu sudah menentukan desain ruang tamu sederhana yang akan kamu terapkan di hunian untuk persiapan Idul Fitri? Kalau kamu masih bingung bagaimana caranya mewujudkan konsep ruangan seperti ide-ide di atas, langsung saja hubungi tim desain interior Dekoruma untuk berkonsultasi!

Selain menyediakan jasa desain rumah, Dekoruma juga jual aneka furnitur multifungsi dan space-saving untuk memaksimalkan fungsi ruang di rumahmu, lho! Tunggu apa lagi? Yuk, buat rumah impianmu jadi kenyataan bersama Dekoruma karena rumah adalah tempat di mana momen indah berawal!

article_cicilan_0_percent
Voucher Dekohouse