5 Tips dan Trik Menanam Bunga Krokot agar Cepat Berbunga!

Artikel ini dibuat oleh tim konten Dekoruma. Setiap hari, kami menerbitkan cerita mengenai rumah, ikuti di sini.

Cara Menanam Bunga Krokot Supaya Tumbuh Subur

Bagi pecinta bunga dan dunia tanaman, pasti sudah tahu bunga krokot, ‘kan? Sebenarnya, bunga ini sudah sering muncul di berbagai halaman dan pekarangan. Warna-warni indah dari bunga krokot juga sering mencuri perhatian. Hanya saja, bunga yang cantik dan menawan kerap dianggap sebagai tanaman liar.

Nah, pada artikel kali ini, Kania akan mengajak kamu berkenalan dengan bunga krokot lebih dalam beserta cara menanamnya agar cepat berbunga. Yuk, simak ulasannya di bawah ini!

Mengenal Pesona Bunga Bunga Krokot

ragam warna bunga krokotthespruce.com

Disebut juga Moss Rose, bunga krokot adalah jenis tanaman rendah dengan ukuran sekitar 15-20 cm yang mudah tumbuh menyebar di sekitar areanya. Bentuk kelopaknya indah dengan warna tunggal seperti kuning, oren, putih, merah muda, dan merah, serta ada pula yang berwarna ganda alias campuran yang tak kalah menawan. Sekilas, wujudnya hampir mirip dengan bunga mawar sehingga tak heran kalau sebutannya adalah Moss Rose.

Dari segi kekuatan, bunga krokot termasuk tanaman yang tahan kering dan panas. Oleh karena itu, jenis bunga ini tidak hanya cocok ditanam di pekarangan rumah, tetapi juga di dalam pot atau area tropis. Tidak masalah jika sinar matahari menyengat karena bunga krokot umumnya bisa tumbuh subur, tanpa mengganggu keberadaan bunga lainnya. 

5 Cara Menanam Bunga Krokot

Nah, buat kamu yang tertarik untuk membudidayakan bunga krokot, berikut ini Kania punya tips dan trik menanamnya agar cepat berbunga dan tumbuh subur. Daripada penasaran, langsung saja cek tips dan triknya di bawah ini!

1. Cara Mulai Menanam Bunga Krokot

seseorang menanam bibit bunga krokotsmallfootprintfamily.com

Tanam bibit bunga krokot di media tanah yang gembur atau humus dan tidak terlalu basah. Bunga krokot cenderung akan sulit hidup di tanah yang terlalu padat dan sulit diairi. Untuk peletakan bibitnya, sebarkan dengan jarak sekitar 10-15 cm dan tidak perlu terlalu dalam agar bisa terkena sinar matahari. Selanjutnya, letakkan pot di area yang terkena sinar matahari secara intens. 

2. Penyiraman Teratur

seseorang menyiram tanaman bunga krokotpinterest.com

Walaupun bunga krokot jenisnya cukup tahan kering, tetap ingat untuk menyiramnya secara teratur dalam beberapa minggu pertama sejak pembibitan. Selain itu, karena akar bunga krokot tergolong pendek, maka dibutuhkan perhatian ekstra pada awalnya. Siram bunga krokot secara rutin antara 3-5 hari sekali. 

Setelah benih bunga krokot mulai tumbuh, maka penyiraman bisa dikurangi untuk menghindari pembusukan pada akar. Jangan khawatir, ingat saja karakter tanaman bunga ini tergolong tahan kering. Jika sudah berhasil tumbuh, semprot dengan air secukupnya untuk perawatan harian. 

3. Pemupukan yang Minim Saja

seseorang memberi pupuk pada tanaman bunga krokotgardenstory.jp

Bunga krokot termasuk unik karena tidak butuh ekstra pupuk untuk tumbuh subur. Bahkan, beberapa ahli menyarankan agar mengurangi pemberian pupuk karena justru bisa menghambat pertumbuhan bunga krokot. Jadi, idealnya bunga yang menawan ini hanya diberi sedikit pupuk pada bagian akarnya dengan butiran pupuk organik

4. Usahakan Area Terpisah

gambar tanaman bunga krokotgardeningknowhow.com

Nah, karena sifat akarnya yang pendek, bunga krokot tidak akan mampu bersaing dengan bunga atau tanaman lainnya. Jika ingin budidaya bunga krokot berhasil, hindari menanam di area yang sama dengan bunga lainnya. Bersihkan juga area media tanam dari tanaman liar atau gulma supaya penyerapan nutrisi bunga krokot makin sempurna. 

5. Gunakan Pot atau Kotak Terpisah

aneka pot warna-warni untuk bunga krokotmacnchz.com

Bunga krokot sangat ideal dibudidayakan dalam pot atau wadah khusus. Dengan demikian, kedalaman tanah bisa diatur dan hasil pertumbuhannya bisa maksimal dengan bunga-bunga yang indah. Baik dengan pot gantung, pot dinding, atau pot biasa, bunga krokot bisa terlihat sangat indah dan membuat suasana taman rumah asri seketika. 

Jangan lupa juga untuk terus mengawasi pertumbuhan bunga krokot secara telaten! Jika dibutuhkan, semprot insektisida dan pastikan tidak ada gulma yang tumbuh, serta bebas dari serangan bakteri dan jamur. Semoga artikel ini dapat membantu kamu untuk memiliki bunga krokot yang tumbuh indah, ya!

Temukan artikel inspiratif lainnya hanya di Dekoruma! Selain artikel, Dekoruma juga jual aneka furnitur multifungsi dan space-saving untuk memaksimalkan fungsi ruang di hunianmu. Beberapa di antaranya, ada sofa bed, lemari dapur, meja makan, kursi kantor, hingga meja belajar. Modelnya pun bervariasi dan harganya ramah di kantong. Yuk, langsung saja kepoin Dekoruma dan wujudkanlah rumah impianmu karena rumah adalah tempat di mana momen indah berawal!

article_cicilan_0_percent
Voucher Dekohouse