Jangan Lihat Tampilannya, Ini 6 Manfaat Bawang Hitam untuk Kesehatan!

Artikel ini dibuat oleh tim konten Dekoruma. Setiap hari, kami menerbitkan cerita mengenai rumah, ikuti di sini.

Ragam Khasiat Bawang Hitam untuk Tubuh

Bawang hitam adalah bentuk fermentasi dari bawang putih. Sesuai dengan namanya, bawang ini memiliki warna hitam pekat. Teksturnya lebih lembut dan kenyal dibandingkan dengan bawang putih, sedangkan rasanya jadi manis dan asam. Hasil fermentasi tadi menjadikan bawang hitam memiliki nutrisi yang berbeda dan memberikan banyak manfaat untuk kesehatan.

Jangan lihat tampilannya yang aneh dan mengerikan karena bawang hitam justru memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, lho! Yuk, simak ulasan Kania mengenai manfaat bawang hitam di bawah ini!

Mengurangi Risiko Penyakit Kanker

manfaat bawang hitam untuk mencegah kankerpixabay.com

Menurut penelitian yang dipublikasikan melalui jurnal Studies on Garlic, bawang hitam mengandung senyawa bioaktif. Senyawa ini mampu mengurangi risiko munculnya penyakit kanker. Cara kerjanya dengan mematikan sel kanker, menghambat penyebaran tumor, menghentikan siklus pertumbuhan sel kanker, serta memicu pertumbuhan protein khusus yang dapat membunuh sel kanker. Bawang hitam juga dapat digunakan untuk mengobati kanker lambung, usus, paru-paru, dan leukemia, lho!

Melindungi Organ Hati

manfaat bawang hitam untuk organ hatithedailycrisp.com

Mengonsumsi obat dan alkohol yang berlebihan dapat mengganggu kinerja hati. Organ bisa mengalami penumpukan lemak dan meradang. Nah, pada kasus ini, bawang hitam berperan untuk melepas antioksidan dan mencegah penumpukan lemak serta peradangan. Hati pun dapat bekerja kembali dengan maksimal untuk menetralisir racun dan memperbaiki sel darah merah di dalam tubuh.

Menjaga Kesehatan Jantung

manfaat bawang hitam untuk kesehatan jantungpixabay.com

Senyawa bioaktif dari bawang hitam memiliki efek antioksidan dan anti-inflamasi. Hal ini baik untuk menjaga kesehatan jantung. Bawang yang juga termasuk tanaman hortikultura ini akan melindungi sel-sel pada sistem kardiovaskular, serta menghambat produksi enzim dan protein yang menimbulkan peradangan. Bawang hitam juga terbukti ampuh menurunkan kadar kolestrol dan trigliserida dalam darah sehingga risiko penyakit jantung dapat dikurangi.

Mengontrol Kadar Gula Darah

manfaat bawang hitam untuk mengontrol gula darahpixabay.com

Punya riwayat penyakit diabetes? Yuk, kurangi risikonya dengan mengonsumsi bawang hitam secara rutin. Pasalnya, bawang hitam ini memiliki senyawa antioksidan yang mampu mengatur kadar gula darah. Untuk yang mengidap penyakit diabetes, makan bawang hitam secara rutin dapat membantu mengurangi komplikasi penyakit tersebut.

Menjaga Kesehatan Otak

manfaat bawang hitam untuk menjaga kesehatan otakpixabay.com

Monosodium glutamate atau MSG memiliki efek samping berupa peradangan dalam otak apabila dikonsumsi secara berlebihan. Antioksidan yang dikandung bawang hitam berperan untuk mengurangi efek peradangan tersebut. Zat tersebut juga mampu meningkatkan fungsi kognitif, daya ingat, serta mengurangi risiko terjangkit penyakit demensia, Alzheimer, dan Parkinson.

Meningkatkan Kekebalan Tubuh

manfaat bawang hitam untuk menjaga daya tahan tubuhpixabay.com

Selain macam rempah-rempah, bawang hitam juga mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Caranya dengan melepas zat antioksidan untuk melawan radikal bebas dan stres oksidatif di dalam tubuh. Kekebalan yang baik akan membantu tubuh melawan infeksi dan bakteri penyebab penyakit dengan sempurna.

Cara Menikmati Manfaat Bawang Hitam

semangkuk mie dengan bawang hitamtucsonfoodie.com

Kamu bisa membuat sendiri bawang hitam di rumah. Caranya dengan menyediakan bawang putih yang masih berkulit, lalu masukkan ke wadah atau baskom stainless steel dan tutup menggunakan aluminium foil. Kemudian, panggang dengan suhu 60-70 derajat Celcius. Proses fermentasi ini berlangsung selama 4-5 hari. Amatilah suhu selama proses fermentasi supaya hasilnya sempurna.

Bawang hitam dapat dikonsumsi langsung karena rasanya agak manis. Apabila mau terasa lebih nikmat, coba jadikan bumbu masakan, misalnya untuk spaghetti dan ramen.

Meski bawang hitam memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, pastikan untuk tidak mengonsumsinya secara berlebihan, ya. Pasalnya, bawang hitam yang dikonsumsi secara berlebih dapat menimbulkan gangguan pencernaan dan asam lambung. Apabila kamu memiliki alergi bawang putih, disarankan untuk tidak makan bawang hitam ini. Sudah siap untuk membuktikan sendiri khasiat dari bawang fermentasi ini?

Jangan lupa baca juga artikel dengan informasi bermanfaat lainnya di Dekoruma! Selain artikel, Dekoruma juga jual aneka furnitur multifungsi dan space-saving untuk memaksimalkan fungsi ruang di hunianmu. Kamu bisa menemukan coffee table, tempat tidur, meja makan, bahkan dekorasi seperti cermin dan lampu gantung pun tersedia. Modelnya bervariasi dan harganya juga ramah di kantong. Yuk, langsung saja cek selengkapnya di Dekoruma dan ciptakanlah rumah impianmu karena rumah adalah tempat di mana momen indah berawal!

article_cicilan_0_percent
Voucher Dekohouse