Waspada Kutu Daun pada Tumbuhan, Ini 7 Cara Membasminya!

Artikel ini dibuat oleh tim konten Dekoruma. Setiap hari, kami menerbitkan cerita mengenai rumah, ikuti di sini.

Cara Membasmi Kutu Daun pada Tanaman

Tanaman di rumahmu rusak karena kutu daun? Perlu kamu ketahui, kutu daun adalah golongan serangga yang hidup berkoloni dan bisa menyerang atau merusak tanaman dengan cara menghisap cairan pada tanaman tersebut. Akibatnya, tanaman pun bisa mengalami kerusakan, seperti kering, tumbuh kerdil, mati, bahkan membawa virus dan merusak tanaman lain di sekitarnya.

Tentu saja, kamu tidak boleh membiarkan kutu daun merusak tanaman kesayanganmu. Untuk menyiasatinya, kamu bisa mencoba salah satu tips dari Kania pada artikel di bawah ini! 

Semprot Tanaman Secara Rutin

proses penyiraman tanaman untuk meminimalisir kutu daunheartsapp.com 

Salah satu alasan kutu daun bisa bersarang pada tumbuhan adalah minimnya perawatan yang kamu lakukan. Sebaiknya, lakukan perawatan seperti menyemprotnya secara rutin. Kamu bisa menyiapkan air di dalam semprotan tanaman, lalu tempatkan tumbuhan tersebut di area luar ruangan. Setelah itu, semprot seluruh bagian tanaman menggunakan air dan lakukan secara berkala hingga kutu daun lenyap. 

Semprot Tanaman dengan Larutan Air Bawang dan Cabai

seorang pria sedang menyiram tanaman untuk membasmi kutu daungardeners-perth.com.au

Jika cara membasmi kutu daun di atas sudah dilakukan, tapi kurang optimal, kamu bisa melakukan cara selanjutnya. Ya, cara ini dapat dilakukan dengan mencampurkan bawang dan cabai yang telah dihaluskan  dengan air. Setelah kamu telah menyiapkan bahan pembasmi kutu daun tersebut, silakan semprot pada area tanaman yang terserang.

Semprot Tanaman dengan Larutan Sabun

tanaman kecil disiram agar terhindar dari kutu daunthisismygarden.com 

Selain menggunakan larutan air bawang dan cabai, kamu juga bisa melenyapkan kutu daun menggunakan larutan sabun. Adapun, penggunaan larutan sabun bertujuan untuk membuat kutu daun mengering karena ada kandungan khusus di dalamnya dan sangatlah aman bagi tanaman sehingga kamu tak perlu khawatir.

Untuk melakukannya, siapkan dua hingga tiga sendok sabun cair, lalu masukkan sabun cair tersebut ke dalam botol yang telah diisi air hangat. Kemudian, campurkan dengan dua sendok sabun cuci piring. Silakan campurkan larutan dan semprotkan ke tanaman yang terserang kutu daun. 

Semprot Tanaman dengan Campuran Air dan Minyak Mimba

sebotol minyak pembasmi kutu daunextension.inh.edu 

Untuk hilangkan kutu daun, kamu juga bisa memanfaatkan campuran air dan minyak mimba. Minyak mimba atau neem oil adalah minyak yang diproses dari biji pohon mimba dan ketika kamu aplikasikan ke tanaman, minyak ini bisa membunuh serangga, termasuk kutu daun. Sangat aman digunakan baik pada tanaman hias atau sayuran, kamu pun cukup mencampurkan minyak mimba dengan air, lalu semprotkan pada tanaman yang terkena kutu daun. 

Manfaatkan Kepik Dewasa

seekor kepik dewasa untuk membasmi kutu daunwikipedia.org 

Selain menyemprotkan dengan larutan yang telah Kania sebutkan di atas, kamu juga bisa mencoba tips membasmi kutu daun dengan memanfaatkan kepik dewasa. Setelah kamu menyiram tanaman pada malam hari, letakkan kepik dewasa di atas tanaman dan biarkan kepik tersebut memangsa kutu daun. Perlu kamu ketahui, satu kepik dewasa dapat memangsa hingga 100 kutu daun dalam sehari sehingga cara ini cukup efektif untuk menyelamatkan tanaman kesayangan kamu! 

Pangkas Daun yang Terserang Kutu Daun

seseorang sedang memangkas daun tumbuhan yang terserang kutu daungardentech.com 

Jika tanaman kesayanganmu telah diserang kutu daun dalam jumlah yang cukup banyak, maka kamu harus segera memangkas bagian tanaman tersebut menggunakan gunting. Cara ini harus kamu lakukan agar kutu daun tidak menyebar dan merusak tanaman lainnya.

Gunakan Jasa Pest Control

jasa pest control untuk membasmi kutu daunlawnstarter.com 

Jika cara alami di atas sudah kamu lakukan, tapi tidak berhasil, cara terakhir adalah menggunakan jasa pest control. Biasanya, layanan pest control dapat membantu kamu mengatasi hama yang membandel dan tentu saja dapat menyelamatkan tanaman kesayangan kamu dari serangan kutu daun. Untuk hasil yang maksimal, pastikan kamu memilih jasa pest control yang profesional, ya!

Ketujuh cara di atas dapat kamu lakukan untuk melenyapkan kutu daun yang merusak tanaman. Pastikan kamu menjaga tanaman agar tidak rusak dan mati karena bisa dianggap sebagai tanaman pembawa sial! Selain tips membasmi kutu daun, temukan juga berbagai informasi dan inspirasi menarik lainnya melalui Dekoruma!

Kamu sedang mencari furnitur multifungsi untuk hunianmu? Kamu juga bisa menemukannya di Dekoruma, lho. Dekoruma menyediakan aneka jenis furnitur dengan harga terjangkau serta model yang efisien dan multifungsi, seperti meja makan lipat, sofa bed, tempat tidur, coffee table, dan meja belajar. Dengan demikian, dijamin dompetmu tidak akan menipis dan hunian pun jadi lebih space-saving alias hemat tempat! Yuk, ciptakan hunian yang nyaman bersama Dekoruma karena rumah adalah tempat di mana momen indah berawal!

article_cicilan_0_percent
Voucher Dekohouse