Mau Ambil Jurusan Desain Interior? Ketahui Dulu Tugas dan Prospek Kerjanya!

Artikel ini dibuat oleh tim konten Dekoruma. Setiap hari, kami menerbitkan cerita mengenai rumah, ikuti di sini.

Memahami Tugas dan Pekerjaan Lulusan Desain Interior

Desain termasuk salah satu jurusan kuliah yang populer di Indonesia. Namun, ada banyak sekali bidang desain yang bisa kamu pilih saat masuk ke perguruan tinggi. Salah satunya adalah desain interior yang memiliki banyak sekali keunggulan ketimbang jurusan desain lainnya.

Buat kamu yang tertarik untuk mengambil jurusan desain interior, ada baiknya kamu mengetahui tugas dan prospek kerjanya terlebih dahulu yang akan Kania ulas secara lengkap pada artikel ini. Untuk selengkapnya, langsung saja simak pembahasan terkait serba-serbi jurusan desain interior di bawah ini! 

Apa Itu Desain Interior?

beberapa potongan gambar desain interiorthespruce.com 

Desain interior merupakan ilmu yang berfokus mempelajari perencanaan tata letak dan perancangan ruangan pada sebuah bangunan untuk menciptakan fisik yang dapat memenuhi kebutuhan dasar manusia sebagai tempat berlindung serta mengkreasikan sebuah ruangan agar dapat mempengaruhi pandangan ataupun mood dari para penghuninya.

Pemanfaatan desain interior juga tak sekadar untuk memaksimalkan fungsi ruangan, tapi juga berpotensi untuk membuat penghuni merasa nyaman. Hal ini karena ada unsur estetika yang diciptakan yang dapat meningkatkan psikologi penghuni pada ruangan.

Secara keseluruhan, dapat disimpulkan bahwa desain interior adalah ilmu dan seni untuk mempelajari kebiasaan manusia di dalam ruangan dan bertujuan untuk menciptakan ruangan fungsional di dalam bangunan yang telah dirancang oleh seorang arsitek. Sampai sini, kamu sudah lebih paham mengenai desain interior, ‘kan?

Keahlian Dasar untuk Kuliah Jurusan Desain Interior

seseorang menggambar desain interiorthehomemag.com 

Berkaitan erat dengan seni dan estetika, seorang yang tertarik untuk kuliah di jurusan desain interior sebaiknya haruslah kreatif. Selain itu, bagi kamu yang punya kepercayaan diri, mampu berkomunikasi dengan baik, mudah beradaptasi, detail oriented, cerdas mengatur anggaran, andal menyelesaikan masalah, serta memiliki kemampuan team-work juga sangatlah cocok untuk mengambil kuliah jurusan desain interior. 

Perkuliahan Pada Jurusan Desain Interior

seseorang membuat denah desain interior di selembar kertasexodiauk.co.uk

Pada umumnya, jurusan ini termasuk ke dalam Fakultas Seni Rupa dan Desain, tapi beberapa universitas juga memasukkan perkuliahan jurusan desain interior pada Fakulitas Teknik sehingga kamu sebaiknya melakukan riset agar dapat memilih universitas yang tepat. Sementara itu, masa studi untuk jurusan desain interior umumnya terdiri dari 8 semester.

Mengenai kurikulum yang diberikan dalam mata kuliah desain interior, biasanya mencakup pengetahuan seni, pengetahuan desain yang terdiri dari pembelajaran elemen serta prinsip ruang, psikologi persepsi dan psikologi lingkungan. Selain itu, ada juga praktik desain interior berupa proses desain, programming dan komunikasi, termasuk pengetahuan pendukung, seperti teknologi bangunan, fisika bangunan, material bangunan, lingkungan alam, budaya, dan ekonomi.

Tugas Desain Interior

seseorang sedang memilih warna untuk desain interiorarchify.com

Seorang lulusan desain interior memiliki tugas yang tak mudah sebab kamu dituntut harus kreatif untuk bisa menciptakan desain di dalam ruangan yang menawan dalam segala aspek. Biasanya, seorang desainer interior akan bertemu dengan klien, baik itu perorangan ataupun perusahaan, mengatur anggaran untuk mengkreasikan sebuah ruangan, melakukan project research untuk menemukan bahan terbaik yang akan digunakan di ruangan tersebut, menggambar dan membuat mood board, hingga melakukan presentasi ke klien. 

Prospek Kerja Lulusan Desain Interior

seseorang sedang membuat gambar desain interiorinnvision.net 

Kamu yang mengambil jurusan kuliah desain interior berkesempatan mendapatkan pekerjaan yang sangat prospektif. Kamu bisa menjadi seorang konsultan interior, perancang desain interior, manajer perusahaan konstruksi interior, peneliti di bidang desain interior, hingga menjadi pemasok produk interior. Bahkan, kamu juga bisa bergabung menjadi tim desainer interior Dekoruma setelah lulus kuliah, lho!

Sekarang, apakah kamu tertarik untuk mengambil jurusan desain interior? Pastikan kamu melakukan riset terlebih dahulu pada sejumlah universitas agar tidak salah pilih, ya! Selain informasi di atas, temukan juga berbagai informasi dan inspirasi menarik lainnya melalui Dekoruma!

Kalau kamu sedang mencari furnitur untuk keperluan desain interior hunianmu, Dekoruma juga menyediakannya, lho! Ada banyak pilihan furnitur multifungsi dan space-saving yang bisa membuat fungsi runagan di hunianmu makin maksimal. Beberapa di antaranya, ada sofa bed, kursi lipat, meja makan, hingga tempat tidur yang dilengkapi storage. Yuk, ciptakan hunian yang nyaman bersama Dekoruma karena hunian adalah tempat di mana momen indah berawal!

article_cicilan_0_percent
Voucher Dekohouse