5 Cara Mudah Menciptakan Ruangan Kerja di Rumah yang Nyaman dan Sehat

Artikel ini dibuat oleh tim konten Dekoruma. Setiap hari, kami menerbitkan cerita mengenai rumah, ikuti di sini.

Trik Kerja Dari Rumah Lebih Produktif dan Sehat

Pandemi COVID-19 yang sudah melanda Indonesia sejak 2020 mengubah cara hidup kita, khususnya dalam hal pekerjaan. Mau tidak mau, kita yang terbiasa bekerja di kantor harus bekerja dari rumah atau work from home. Tak hanya sebentar, work from home sudah diterapkan setahun lebih.

Tentu, kondisi seperti ini membuat kita menghabiskan banyak waktu di rumah. Maka dari itu, diperlukan ruangan kerja khusus di rumah yang nyaman dan sehat. Hal ini dilakukan demi produktivitas dan kemampuan kita dalam menyelesaikan pekerjaan bisa terjaga dengan baik.

Nah, apa saja yang bisa dilakukan untuk menciptakan ruangan kerja di rumah jadi lebih nyaman dan sehat? Simak tips dari Kania berikut ini!

1. Perhatikan pencahayaan dan sirkulasi udara

area meja kerja rapidekoruma.com

Ruangan kerja yang baik adalah ruangan yang juga punya kombinasi pencahayaan alami dan listrik yang seimbang. Pastikan posisi ruangan kerja kamu berada di sudut yang mudah terpapar sinar matahari. Buka gorden dan jendela saat matahari masih cerah.

Cahaya matahari, terutama di pagi hari, berdampak positif pada suasana hati dan metabolisme tubuh. Selain pencahayaan, sirkulasi atau pergantian udara juga menjadi kunci dari sebuah ruangan kerja yang nyaman dan sehat.

Apabila sinar matahari belum cukup terang, kamu bisa menambahkan lampu meja untuk menambah fokus konsentrasi kamu dan mengurangi potensi penambahan minus pada mata.

2. Tambah dan tata ulang dekorasi

meja kerja dengan dekorasi pendukungdekoruma.com

Meja kerja yang berantakan bisa membuat semangat dan produktivitas menurun. Oleh karena itu, cobalah untuk memberikan sentuhan dekorasi meja kerja yang kamu suka, misalnya pigura foto orang terkasih, kutipan penyemangat, atau karya seni favorit. Tata juga peralatan kerja dengan rapi dan jangan menyimpan benda-benda yang tidak penting di atas meja kerja, ya!

3. Hadirkan tanaman hijau

area kerja bernuansa warna kuningdekoruma.com

Nggak hanya dekorasi biasa, kamu juga perlu menghadirkan tanaman hijau. Keberadaan tanaman hijau mampu membantu tubuh kamu jadi lebih rileks sehingga nggak mudah stres.

Sesuaikan jumlah tanaman dengan ruangan kerja kamu. Tak perlu berukuran besar, tanaman kecil pun sudah cukup membantu. 

Perhatikan juga khasiat tanaman yang kamu pilih. Lidah mertua mampu meningkatkan kualitas udara dan menghilangkan semua racun dari rumah. Peace lily dipercaya bisa mengurangi jamur yang ada di area lembab. Aroma bunga lavender handal dalam mengurangi kecemasan berlebih.

Posisikan tanamanmu di dekat meja atau di rak dinding area kerja. Dengan begitu, tanaman punya dua fungsi dalam waktu yang bersamaan, mempercantik ruangan kerja dan membuat ruangan kerja lebih sehat.

4. Selalu jaga kebersihan ruangan kerja

kebersihan ruangan kerjadekoruma.com

Kebersihan ruangan kerja adalah hal penting yang harus diperhatikan. Bersihkan perlengkapan kerja, seperti laptop, mouse, keyboard, meja, dan peralatan lainnya, secara rutin. Buang sampah kering di tong sampah. Sapu dan pel area ruangan kerja minimal seminggu sekali.

5. Menggunakan pendingin ruangan sekaligus pemurni udara

ruang kerja dengan AC panasonicdekoruma.com

Suhu udara yang panas kadang bisa mempengaruhi konsentrasi ketika bekerja. Di samping menggunakan kipas angin, kamu bisa menggunakan air conditioner (AC), lho. 

Saat kamu memilih AC, perhatikanlah fitur-fiturnya. Nah, Kania punya rekomendasi AC yang cocok untuk kamu, yaitu AC Panasonic 2 in 1 (AC+Air Purifier) yang dilengkapi dengan nanoe™X. Tak hanya mendinginkan, produk AC dari Panasonic ini mampu memurnikan udara ruangan. 

Berdasarkan hasil uji validitas efisiensi nanoe™X oleh Texcell, Perancis, fitur nanoe™X yang terdapat pada AC Panasonic ini terbukti dapat melawan virus COVID-19 hingga 99.99%. Fitur tersebut juga dapat terus dinyalakan, walaupun AC dalam keadaan mati sehingga dapat memberikan perlindungan penuh selama 24 jam. 

Selain itu, fitur nanoe™X juga mampu menghilangkan bau tak sedap, menghambat perkembangan bakteri, virus, dan jamur, serta menghambat alergen yang ada berasal dari hewan peliharaan. Canggih banget, ya!

AC Panasonic 2 in 1 (AC+Air Purifier) yang dilengkapi dengan nanoe™X ini bisa kamu temukan di toko elektronik terdekat kamu atau melalui platform digital untuk produk tipe XU-VKP, XN & PN WKJ Series, dan 4-Way Cassette Inverter dan Non Inverter.

Nah, itu dia lima tips mudah yang bisa kamu lakukan agar kerja makin produktif meski dari rumah setiap hari. Yuk, wujudkan ruangan kerja di rumah yang sehat dan nyaman untuk menunjang produktivitas saat work from home bersama AC Panasonic! 

article_cicilan_0_percent
Voucher Dekohouse