Jangan Langsung Dibuang, Ini 8 Manfaat Air Beras yang Bisa Kamu Rasakan!

Artikel ini dibuat oleh tim konten Dekoruma. Setiap hari, kami menerbitkan cerita mengenai rumah, ikuti di sini.

Ragam Manfaat Air Beras untuk Kesehatan dan Kecantikan

Saat hendak memasak nasi, kamu pasti mencuci beras terlebih dahulu agar lebih higienis dan terhindar dari kutu beras. Banyak dari kamu yang mungkin langsung membuang air dari bekas cucian beras tersebut. Padahal, ada banyak sekali manfaat air beras yang bisa kamu rasakan, baik untuk kesehatan maupun kecantikan. Maka dari itu, sebaiknya kamu tidak langsung membuang air beras.

Nah, buat kamu yang belum tahu, berikut ini Kania akan membagikan informasi mengenai berbagai manfaat air beras yang bisa dirasakan untuk tubuh. Penasaran apa saja? Yuk, kita simak artikel ini selengkapnya!

Manfaat Air Beras untuk Mencerahkan Kulit

manfaat air beras untuk mencerahkan kulitgoogle.com

Salah satu manfaat air beras yang terkenal adalah fungsinya sebagai pencerah kulit. Bahkan, manfaat air beras untuk mencerahkan kulit sangatlah populer di kalangan masyarakat Jepang dan Korea, di mana hal ini dibuktikan dengan banyaknya produk perawatan kulit seperti krim muka, toner, ataupun facial wash yang disertai kandungan air beras. 

Manfaat Air Beras untuk Obati Iritasi Kulit

manfaat air beras untuk atasi iritasi kuliteverydayhealth.com

Manfaat air beras lainnya adalah untuk mengobati kulit yang sedang iritasi. Secara signifikan, air cucian beras dapat memperbaiki ruam pada kulit, di mana kamu cukup mengoleskan air beras dari wadah penanak nasi pada kulit yang ruam atau meradang hingga kulit kembali tenang. 

Manfaat Air Beras untuk Menangkal Radikal Bebas

Manfaat Air Beras untuk Menangkal Radikal Bebastreehugger.com 

Manfaat air beras selanjutnya dihasilkan dari antioksidan alami yang terkandung di dalamnya. Dalam antioksidan tersebut, terdapat kandungan ferulic acid yang kerap digunakan sebagai penangkal radikal bebas sehingga manfaat air beras yang dapat kamu rasakan adalah kulit menjadi lebih sehat dan terhindar dari penuaan dini. Bahkan, manfaat air beras yang efektif menangkal radikal bebas pun bisa membuatmu terhindar dari penyakit berbahaya seperti kanker. 

Manfaat Air Beras untuk Tingkatkan Produksi Kolagen

manfaat air beras untuk tingkatkan kolagenstepbystep.com

Tidak hanya efektif untuk mencegah kerusakan kulit akibat penuaan dini, manfaat air beras lain yang dapat kamu rasakan adalah banyaknya produksi kolagen yang dihasilkan oleh kulit. Dengan begitu, kulit wajahmu bisa tetap kencang dan terhindar dari kerutan. Keren banget, ya?

Manfaat Air Beras untuk Atasi Sunburn

manfaat air beras untuk atasi sunburnttoday.com

Kondisi kulit yang terbakar akibat paparan sinar matahari atau sunburn dapat menyebabkan kemerahan, radang, hingga gatal-gatal. Maka dari itu, rasakan manfaat air beras untuk mengatasi sunburn dengan menggunakannya sebagai masker pada wajah atau bagian kulit lain yang memerah akibat paparan sinar matahari

Manfaat Air Beras untuk Mengobati Permasalahan Kulit

manfaat air beras untuk atasi masalah kulitregated.com

Meskipun harus diteliti lebih lanjut, tapi banyak sumber yang mengatakan bahwa manfaat air beras sangatlah baik untuk mengobati sejumlah permasalahan pada kulit. Untuk kamu yang sedang mengalami peradangan pada kulit, eksim, ataupun berjerawat, tak ada salahnya merasakan manfaat air beras karena kandungan pati di dalamnya sangatlah efektif membantu proses penyembuhan luka. 

Manfaat Air Beras untuk Atasi Kulit Kering

manfaat air beras untuk atasi kulit keringdevatec.com

Selanjutnya adalah manfaat air beras yang baik untuk memperbaiki kondisi kulit kering ataupun iritasi akibat pemakaian produk perawatan wajah dengan kandungan sodium lauryl sulfate. Untuk mengatasi kondisi tersebut, cobalah untuk mencuci wajah dengan air beras sebanyak dua kali sehari. 

Manfaat Air Beras untuk Rambut

manfaat air beras untuk kesehatan rambutorganicauthority.com

Selain untuk wajah, manfaat air beras pun dapat dirasakan pada rambut. Di dalam air cucian beras terdapat kandungan inositol yang bermanfaat untuk memperbaiki kerusakan rambut, seperti bercabang ataupun kusam.

Kaya akan manfaat, maka tak ada salahnya untuk memanfaatkan air beras sebagai perawatan wajah, kulit, ataupun rambut. Terlebih lagi, air beras pun sangat mudah didapatkan dan tidak memerlukan biaya yang mahal. Jadi, apakah kamu tertarik untuk merasakan manfaat air beras seperti yang Kania sebutkan di atas?

Temukan artikel dengan informasi bermanfaat lainnya di Dekoruma! Selain artikel, Dekoruma juga jual aneka furnitur multifungsi dan space-saving, lho. Beberapa di antaranya, ada kursi malas, sofa bed, lemari dapur, meja TV, dan nakas. Modelnya pun bervariasi dan harganya ramah di kantong. Yuk, langsung saja cek selengkapnya di Dekoruma dan wujudkanlah rumah impianmu karena rumah adalah tempat di mana momen indah berawal!

Voucher Dekohouse