6 Cara Mengatur Keuangan Rumah Tangga dengan Cermat, Ibu Harus Tahu!

Artikel ini dibuat oleh tim konten Dekoruma. Setiap hari, kami menerbitkan cerita mengenai rumah, ikuti di sini.

Tips dan Trik Mengelola Keuangan Rumah Tangga

Para ibu dituntut harus cermat dalam menerapkan cara mengatur keuangan rumah tangga. Berapa pun anggaran bulanan ataupun gaji yang dimiliki, pengelolaan keuangan harus dilakukan dengan baik agar kebutuhan utama dapat terpenuhi.

Jika kamu masih bingung, kali ini Kania akan membagikan tips dan cara mengatur keuangan rumah tangga dengan cermat agar semua kebutuhan kamu dan keluarga sehari-hari, bahkan di kemudian hari dapat terpenuhi. Yuk, langsung saja simak ulasan di bawah ini selengkapnya! 

Ketahui Perbedaan Kebutuhan dan Keinginan

ilustrasi cara mengatur keuangan rumah dengan menabungajdaccountants.com.au

Cara mengatur keuangan rumah tangga yang pertama adalah mengetahui perbedaan apa itu kebutuhan dan keinginan. Sebagai ibu rumah tangga, pastinya kamu harus tahu apa saja kebutuhan utama yang wajib dipenuhi setiap bulannya. Sebab, ada banyak orang tak bisa membedakan antara kebutuhan dan keinginan sehingga terkadang alokasi anggaran bulanan sepenuhnya digunakan untuk memenuhi keinginan semata.

Maka dari itu, pastikan kamu melakukan cara mengatur keuangan rumah tangga dengan selalu memenuhi kebutuhan utama terlebih dulu. Kemudian, sisa anggaran dapat digunakan untuk memenuhi keinginan pribadi. 

Buat Daftar Pengeluaran Utama Bulanan

ilustrasi cara mengatur keuangan rumah tangga dengan menuliskan kebutuhanpressablecdn.com 

Cara mengatur keuangan rumah tangga selanjutnya adalah membuat daftar pengeluaran utama dalam satu bulan. Cara mengatur keuangan rumah tangga ini sangatlah efektif karena kamu bisa mengetahui apa saja prioritas pembelanjaan utama setiap bulan dan membuat penggunaan dana lebih disiplin dan teratur.

Kamu bisa melakukan cara mengatur keuangan rumah tangga ini dengan menuliskan apa saja pengeluaran utama. Misalnya, biaya makan harian, biaya belanja, termasuk bahan makanan atau peralatan dapur yang memang sudah harus diganti, biaya tagihan listrik dan air, biaya transportasi, hingga biaya pendidikan jika kamu sudah memiliki anak. 

Hitung Seluruh Pendapatan Bulanan

ilustrasi cara mengatur keuangan rumah tangga dengan menghitung pendapatanwdef.com 

Kamu juga bisa melakukan cara mengatur keuangan rumah dengan menghitung seluruh pendapatan bulanan. Tak hanya penghasilan berupa gaji dari pekerjaan, penghitungan ini juga mencakup pendapatan lain, seperti keuntungan investasi hingga keuntungan jika kamu turut membuka bisnis. Cara mengatur keuangan rumah tangga yang satu ini penting dilakukan agar kamu bisa membagi alokasi penghasilan ke kebutuhan prioritas yang harus dipenuhi setiap bulannya. 

Selalu Gunakan Kartu Kredit dengan Bijak

tumpukan-uang-sebagai-ilustrasi-cara-mengatur-keuangan-rumahtheweeklytrends.com 

Dalam melakukan cara mengatur keuangan rumah tangga, kamu pun harus selalu bijak dalam menggunakan kartu kredit ataupun pinjaman paylater yang saat ini sedang menjadi tren di e-commerce. Pastikan, kamu selalu memanfaatkan kedua alat pembayaran di atas secara bijak dan tidak menggunakannya untuk belanja konsumtif sebab nantinya kamu diwajibkan untuk melunasinya dengan cara cicilan dan pastinya akan mempengaruhi pengeluaran setiap bulannya.

Siapkan Dana Darurat

tumpukan uang sebagai ilustrasi cara mengatur keuangan rumahsecureservercdn.net  

Selanjutnya, kamu juga bisa melakukan cara mengatur keuangan rumah tangga dengan menyiapkan dana darurat. Perlu kamu ketahui, tak semua hal bisa berjalan lurus sesuai rencana sehingga ketersediaan dana darurat bisa membantu kamu jika terjadi suatu hal yang tidak diinginkan, misalnya biaya untuk rumah sakit, memperbaiki atap rumah yang bocor, bahkan pemutusan kerja. Maka dari itu, kamu harus melakukan cara mengatur keuangan rumah tangga dengan mengalokasikan sekitar 10 hingga 30 persen dari penghasilan bulanan untuk dana darurat. 

Jangan Lupa untuk Investasi!

ilustrasi cara mengatur keuangan rumah tangga dengan berinvestasiwdef.com 

Selain melakukan cara mengatur keuangan rumah tangga dengan mengalokasikan dana untuk biaya darurat, Kania pun menyarankan kamu yang memiliki sisa dana untuk menggunakannya sebagai modal investasi. Kamu bisa menyimpan dana tersebut untuk tabungan ataupun berinvestasi pada berbagai instrumen, seperti investasi properti, reksadana, atau emas yang memang berpotensi mendatangkan keuntungan.

Sebagai ibu yang bijak, tentu saja kamu harus melakukan cara mengatur keuangan rumah tangga agar kebutuhan utama bulanan dapat selalu terpenuhi. Selain tips dan cara mengatur keuangan rumah tangga di atas, temukan juga berbagai informasi dan inspirasi menarik lainnya melalui Dekoruma!

Tak hanya artikel saja, di Dekoruma kamu juga bisa belanja furniture online untuk melengkapi hunianmu, lho! Ada banyak model furnitur yang multifungsi dan space-saving yang akan membuat fungsi ruang di hunian kamu lebih maksimal dan efisien, seperti sofa bed, tempat tidur berlaci, hingga meja makan lipat. Harganya juga ramah di kantong jadi kamu tetap bisa menghemat. Yuk, langsung saja cek selengkapnya di Dekoruma!

Voucher Dekohouse