Dengan 7 Cara Ini, Keseharian Bekerja Kamupun Akan Semakin Produktif dan Menyenangkan!

Artikel ini dibuat oleh tim konten Dekoruma. Setiap hari, kami menerbitkan cerita mengenai rumah, ikuti di sini.

_MG_7642.jpg

 

Setiap orang tentunya memiliki pola kerja yang berbeda. Ada yang bekerja full-time di kantor, ada pula yang sering pergi meeting ke berbagai tempat. Mungkin ada juga dari kamu yang bekerja freelance sehingga bisa bekerja dari ruang kerja rumah atau bahkan dari tempat umum seperti restoran atau kafe.

Tak masalah seperti apa pola bekerjamu, yang penting adalah kamu membangun kebiasaan dan sikap yang baik dalam bekerja. Dengan adanya kebiasaan yang baik, kamu tentunya akan semakin produktif. Kamupun dapat membangun relasi yang baik dengan rekan kerja maupun klien.

 

1. Tepat Waktu

Datanglah tepat waktu, baik itu jam masuk kantor, ataupun saat mengikuti sebuah meeting. Bahkan lebih baik lagi apabila kamu bisa datang lebih awal 10-15 menit supaya kamu bisa mempersiapkan diri dan mengambil nafas sejenak.

 

_MG_7652.jpg

 

2. Bersih dan Rapi

Selain dari segi penampilan, kebersihan dan kerapianmu juga tercermin di area kerjamu loh. Meja kerja yang bersih akan membantumu lebih fokus dan membuat mood-mu lebih baik. Sebaiknya kamu juga mengaplikasikan prinsip ini ketika di area umum di kantor seperti kamar mandi dan pantry. Pastikan bahwa kamu selalu membuang sampah pada tempatnya dan menaruh peralatan makan di bak cucian.

Masalahnya untuk kamu yang tinggal di apartemen mungil atau rumah dengan area yang terbatas, tentunya akan sulit untuk mendedikasikan satu ruangan khusus sebagai ruang kerja. Nah, sebenarnya kamu bisa loh membagi area tengah atau ruang tamu kamu menjadi ruang kerja dengan rak ini.

Untuk menjadikannya sebagai meja, kamu bisa membuat bagian atas meja dengan menggunakan tripleks yang diberi rangka kayu di bagian bawahnya. Setelah itu, kamu bisa melapisinya dengan taco sheet atau HPL.

 

_MG_7661.jpg

 

3. Terorganisir

Supaya area kerjamu bersih dan rapi, pastikan bahwa semua peralatan dan dokumenmu memiliki tempat penyimpanan masing-masing. Kalau kamu sering lupa, gunakan label untuk menandai area penyimpanan tersebut.

Kamu bisa menggunakan meja berlaci, folder, kotak penyimpanan atau rak. Kamu juga bisa menyontek ruang kerja di atas dimana rak tersebut dialihfungsikan menjadi meja dengan tambahan kayu.

 

4. Sistematis

Sistem yang baik akan memudahkan kamu dalam bekerja. Sebuah perusahaan umumnya sudah memiliki standar prosedur mereka masing-masing. Tapi untuk kamu yang bekerja freelance atau memiliki usaha kecil, ada baiknya kamu membentuk sebuah sistem untuk diri sendiri dan tim kecil kamu.

 

_MG_7650.jpg

 

5. Efisien

Bekerjalah secara efisien. Misalnya, apabila kamu perlu melakukan meeting dengan dua klien dalam satu hari, coba jadwalkanlah meeting tersebut di tempat yang sama.

Untuk kamu yang masih sering kebingungan, cobalah buat to-do-list setiap harinya supaya kamu bisa tahu apa saja yang harus kamu selesaikan dalam satu hari atau satu minggu. Tempelkan to-do-list tersebut di board atau papan dekat meja kerjamu supaya kamu bisa selalu melihatnya.

 

6. Follow-up

Baik kamu bekerja dalam tim maupun bekerja dengan freelancer, ingatlah untuk selalu melakukan follow-up. Tentukanlah tenggat waktu yang disepakati oleh kedua belah pihak. Supaya tidak terlewatkan, kamu bisa menaruh reminder di kalendermu atau menuliskannya di to-do-list kamu.

 

7. Sikap Positif

Selain bersikap profesional, kamupun sebaiknya selalu bersikap positif. Bekerja bukan berarti kamu harus selalu terpaku pada duniamu sendiri, kamu bisa bersosialisasi dengan rekan kerja dan tim kamu untuk membangun suasana kantor yang lebih menyenangkan.

Ketika bekerja dalam tim pun, jangan ragu untuk berbagi ide. Bersikaplah proaktif dan cobalah untuk mengambil inisiatif. Hargai pendapat dan perbedaan setiap anggota tim. Apabila ada masalah, diskusikan dengan rekan kerja atau tim kamu untuk mencapai solusi yang terbaik.

 

_MG_7673.jpg

 

Tentunya setiap orang memiliki cara kerja yang berbeda-beda. Tapi, kalau dari pengalaman Kania, ini dia 7 cara untuk membangun kebiasaan dan sikap yang baik dalam bekerja. Satu hal yang tidak kalah penting yaitu, nikmatilah pekerjaanmu seperti sebuah kutipan yang berbunyi “Choose a job you love, and you will never have to work a day in your life.”

 

“Pilihlah pekerjaan yang kamu suka, dan kamu tidak akan perlu bekerja setiap hari selama hidupmu”

Voucher Dekohouse