Mau Tanam Lili Paris di Rumah? Begini Cara Budidaya dan Merawatnya!

Artikel ini dibuat oleh tim konten Dekoruma. Setiap hari, kami menerbitkan cerita mengenai rumah, ikuti di sini.

Tips dan Trik Membudidayakan Tanaman Lili Paris

Secantik namanya, Lili Paris atau spider plant bisa jadi salah satu koleksi tanaman hias yang menarik. Walaupun bentuknya termasuk sederhana, Lili Paris cukup banyak penggemarnya. Ini karena tanaman Lili Paris terkenal tahan lama dan anti rewel. Selain itu, cara budidaya Lili Paris juga tidak susah, lho. Buat kamu yang tertarik menanam atau membudidayakannya, simak ulasan Kania di bawah ini, yuk!

Cara Menanam Lili Paris

Umumnya, tanaman Lili Paris bisa dibudidayakan dengan dua cara. Pertama, dengan memisahkan sebagian rumput dari induknya. Kemudian, bagian akarnya yang utuh bisa dipisahkan dan ditanam di media tanam yang baru. 

tanaman Lili Paris di dalam potalmanac.com

Cara kedua menanam Lili Paris adalah memotong atau memetik anakan secara langsung. Setelah itu, barulah anakan direndam ke wadah air agar akarnya tumbuh. Kedua cara ini tetap butuh media tanam dan penambahan pupuk agar dapat tumbuh subur. 

5 Tips Budidaya & Perawatan Lili Paris

Nah, untuk cara menanam Lili Paris tergolong tidak susah. Lalu, bagaimana dengan upaya pembudidayaan dan perawatannya yang harus diperhatikan? Yuk, cek lima tips berikut!

1. Saat Menanam Lili Paris

tanaman lili paris di depan jendela rumahthespruce.com

Hal-hal yang harus diperhatikan saat membudidayakan tanaman yang cantik ini adalah soal kondisi tanah. Tanaman Lili Paris menyukai kondisi lembap, tapi tidak terlalu basah, atau kering. Oleh karena itu, lebih baik tanaman ini ditempatkan di area yang tidak terkena sinar matahari langsung. Jika tidak, maka ada risiko daun jadi terbakar atau gosong. 

Pertumbuhan tanaman Lili Paris juga cukup cepat dan bisa segera dipindahkan dari plastik atau pot tanaman kecil ke pot besar. Minimal setahun sekali, pertimbangkan untuk memindahkan ke ukuran pot yang lebih besar. 

2. Perawatan Lili Paris

Lili Paris di dalam pot cokelatpinterest.com

Frekuensi penyiraman Lili Paris harus cukup rutin sewaktu awal masa pertumbuhan. Setelah budidaya berhasil dan pertumbuhan stabil, cukup disiram sesekali saja. 

Jika cuaca terik, utamakan bagian tanah yang lembap agar tidak mengganggu kondisi tanaman Lili Paris. Jika ditempatkan di dalam ruangan, pastikan suhu ruangan tidak terlalu panas atau maksimal 27 Celcius. Usahakan juga pemupukan dua kali dalam sebulan. 

3. Mengecek Kerusakan atau Hama Penyakit

gambar lili paris dan tanahnyahgtv.com

Problem utama dalam merawat tanaman Lili Paris adalah ujung daun yang rusak. Hal ini bisa terjadi karena tanah yang kering, kurang lembap, atau akibat mineral dari air siraman. Untuk segera menghindari penyebaran kerusakan daun, cukup bersihkan bagian daun yang berwarna kecokelatan dengan ujung kuku atau gunting kecil.  

Sementara itu, untuk hama penyakit, tanaman Lili Paris tergolong cukup jarang bermasalah sepanjang perawatan tanah dan kondisi pot tetap bersih. 

4. Budidaya Lanjutan Lili Paris

detail tanaman Lili Parisgardenerspath.com

Jika tanaman Lili Paris berhasil dirawat dengan baik dan subur, maka ada kemungkinan keluar anakan yang bisa dibudidayakan secara lanjut. Anakan ini bisa dipindahkan dari tanaman induk dan digunakan sebagai Lili Paris baru. Pastikan anakan sudah mencapai sekitar minimal lima sentimeter sebelum dipisahkan dari tanaman induk.

Alternatif lain adalah membiarkan anakan Lili Paris tumbuh berdampingan hingga mengakar sempurna. Setelah stabil, baru anakan beserta akar yang sudah kokoh bisa dipindahkan ke pot baru. 

5. Tips Tambahan untuk Pemilik Hewan Peliharaan

seekor kucing di dekat tanaman Lili Parisgardeningknowhow.com

Bagi kamu yang memelihara kucing di rumah, perlu diketahui kalau hewan ini sering sangat tertarik pada tanaman Lili Paris. Bukan hanya helai daun yang menarik perhatiannya, tetapi juga aroma yang konon hanya bisa dirasakan oleh kucing. 

Jika memiliki kucing di rumah, pastikan tanaman Lili Paris jauh dari jangkauannya. Gunakan metode pot gantung dan pastikan tidak ada akses ke area tersebut. Selain itu, pastikan juga juntaiannya tidak terlalu panjang hingga bisa dicapai oleh hewan peliharaan kesayanganmu.

Setelah mengetahui tips dan trik di atas, kamu jadi makin semangat membudidayakan Lili Paris di rumah, ‘kan? Psst.. tanaman hias yang cantik ini juga sangat baik untuk menyaring udara di dalam ruangan, lho! Selamat menanam tanaman Lili Paris!

Temukan berbagai informasi dan inspirasi seputar home & living lainnya di Dekoruma! Selain baca artikel, kamu juga bisa belanja furniture online dengan harga terjangkau. Ada banyak jenis furnitur multifungsi dan space-saving, serta dekorasi rumah kekinian yang siap menghidupkan suasana hunianmu. Mulai dari sofa bed, kursi malas, lampu gantung, karpet, hingga rak dinding, semuanya tersedia. Yuk, langsung saja cek selengkapnya di Dekoruma!

article_cicilan_0_percent
Voucher Dekohouse