Jangan Sepelekan, Ini 5 Manfaat Tinggal di Lingkungan Hijau!

Artikel ini dibuat oleh tim konten Dekoruma. Setiap hari, kami menerbitkan cerita mengenai rumah, ikuti di sini.

5 Manfaat yang Bisa Kamu Rasakan Saat Tinggal di Lingkungan Hijau

Ketika hendak membeli rumah baru, aspek yang paling dipertimbangkan calon pembeli adalah harga dan lokasi strategis. Kedua aspek tersebut sering kali mengalahkan pertimbangan kehadiran lingkungan hijau di sekitar hunian.

Banyak yang menyepelekan lingkungan hijau dengan dalih tidak suka bercocok tanam. Padahal, lingkungan hijau tidak semata-mata berupa taman pribadi untuk orang dengan hobi bercocok tanam. Lingkungan hijau ini bisa berupa taman publik yang dikelola pihak tertentu dan memberikan manfaat yang luar biasa.

Memangnya, apa saja sih manfaat tinggal di lingkungan hijau? Cari tahu jawabannya bersama Kania di bawah ini, yuk!

Meningkatkan Kebahagiaan

sepasang kekasih sedang menikmati keindahan lingkungan hijaupixabay.com

Orang yang tinggal di lingkungan hijau terbukti lebih bahagia dibandingkan dengan orang yang tinggal di lingkungan biasa. Lingkungan hijau membantu menurunkan kadar hormon epinefrin dalam tubuh manusia. Hal ini berarti tingkat stres jadi lebih rendah juga.

Berjalan santai di lingkungan hijau pun membuat orang cenderung melupakan permasalahan hidup dan kekhawatiran. Pada akhirnya, hidup terasa lebih bahagia dan bebas dari stres berlebihan.

Menurunkan Risiko Serangan Jantung

dua tangan membentuk hati sebagai manfaat tinggal di lingkungan hijaupixabay.com

Masih berkaitan dengan stres. Orang yang tingkat stresnya rendah, maka risiko terkena serangan jantung pun rendah. Pernyataan ini diperkuat dengan penelitian bertajuk Journal of the American Heart Association. Penelitian tersebut menyatakan bahwa orang yang tinggal di lingkungan hijau memiliki tingkat stres yang rendah dan pembuluh darahnya sehat. Penelitian ini melibatkan 408 pasien di sebuah klinik kardiologi di Amerika Serikat.

Menunjang Penerapan Gaya Hidup Sehat

dua orang sedang lari pagi di lingkungan hijaupixabay.com

Kehadiran lingkungan hijau tanpa disadari dapat mendukung penerapan gaya hidup sehat. Lahan yang luas dipenuhi tanaman hijau akan terasa lebih sejuk, meski lokasinya ada di pusat kota sekali pun. Lingkungan tersebut juga bebas dari polusi udara dan suara. Kamu pun akan semakin semangat untuk jogging atau sekadar jalan santai sebelum memulai aktivitas di pagi hari.

Meningkatkan Kesehatan Mata

manfaat lingkungan hijau untuk kesehatan matapixabay.com

Banyak penelitian yang menyatakan bahwa warna hijau baik untuk kesehatan mata. Saat matamu lelah akibat terlalu lama menatap layar komputer, memandang benda warna hijau akan meredakan lelah tersebut. Efek ini pula yang akan kamu dapatkan ketika berjalan di lingkungan hijau. Bahkan, ada penelitian di Taiwan, di mana anak-anak yang menderita penyakit myopia atau rabun jauh diminta bermain di lingkungan hijau. Dalam 12 bulan, angka myopia mereka menurun.

Maksimalkan Tumbuh Kembang Anak

manfaat lingkungan hijau untuk tumbuh kembang anakpixabay.com

Lingkungan hijau dapat membantu proses tumbuh kembang anak. Lahan yang luas dan bebas polusi udara membuat mereka leluasa untuk mengeksplorasi hal-hal baru di sekitarnya. Kemampuan sensorik dan motorik anak pun dapat terlatih dengan baik. Bonusnya, anak-anak dapat bersosialisasi dengan teman sebaya dan mengurangi frekuensi pemakaian gadget yang kurang baik untuk pertumbuhan.

Memilih Hunian dengan Lingkungan Hijau

lingkungan hijau di Clover Hill Residencedekoruma.com

Menemukan hunian dengan lingkungan hijau memang sulit, tapi bukan berarti tidak ada. Kamu bisa menjatuhkan pilihan kepada Clover Hill Residence. Perumahan di kawasan Jakarta Barat ini berfokus pada konsep ruang hijau terbuka atau green concept, mulai dari lansekap pada gerbang utama hingga taman.

Kehidupan pun akan lebih seimbang. Misalnya, berolahraga di pagi hari bersama keluarga, lalu pergi bekerja, dan relaksasi usai kerja di taman yang asri sebelum tidur. Untuk urusan keamanan, Clover Hill Residence sudah dilengkapi dengan CCTV dan security 24 jam. Lokasinya juga strategis karena dekat dengan akses tol, bandara, dan pusat perbelanjaan.

Pilihan tipe rumah di Clover Hill Residence juga bervariasi dengan luas bangunan dan luas tanah yang berbeda-beda sehingga bisa kamu sesuaikan dengan jumlah anggota keluarga dan kebutuhan lainnya. Di antaranya, ada tipe Erios 97m2/85m2, Amoria 127m2/102m2, Bivona 132m2/119m2, Friscana 133m2/165m2, Amoria+ 135m2/133m2, dan Grandia 145m2/199 m2.

Nah, setelah melihat ulasan di atas, tidak ada alasan lagi untuk tidak tinggal di lingkungan hijau, ‘kan? Yuk, langsung saja kunjungi laman DekorumaHouse untuk melihat spesifikasi rumah di Clover Hill Residence yang mengusung green conceptSelamat menikmati kelima manfaat tinggal di lingkungan hijau bersama Clover Hill Residence!

article_cicilan_0_percent
Voucher Dekohouse