6 Tips Beli Hunian Melalui Developer Rumah, Jangan Sampai Tertipu!

Artikel ini dibuat oleh tim konten Dekoruma. Setiap hari, kami menerbitkan cerita mengenai rumah, ikuti di sini.

Cara Aman Membeli Hunian Lewat Developer Rumah

Kamu sedang mencari rumah baru? Ada banyak rumah dijual yang bisa kamu lirik. Namun, jika kamu bingung mencari rumah yang tepat, kamu bisa membelinya melalui developer rumah karena tak hanya memudahkan proses pencarian, tapi juga membuatmu tak perlu repot mencari lahan, membangun rumah, bahkan dapat mempermudah kamu saat ingin melakukan proses pengajuan KPR.

Akan tetapi, perlu kamu ingat untuk tidak terburu-buru dalam melakukan transaksi jual beli dengan developer rumah karena saat ini ada banyak sekali tindak penipuan. Nah, agar kamu terhindar dari kerugian, simak ulasan Kania mengenai tips dan trik membeli hunian melalui developer, yuk!

Ketahui Reputasi Developer Rumah

tips aman beli hunian lewat developer rumahtime.com 

Sebelum memutuskan untuk membeli rumah yang dijual, pastikan kamu mengetahui reputasi dari developer rumah. Kamu akan mendapatkan risiko yang sangat besar jika asal-asalan memilih developer rumah karena meskipun bertransaksi secara kredit, nantinya kamu akan melunasi rumah baru tersebut sebelum dibangun oleh developer. Maka dari itu, lakukan riset untuk mengetahui informasi atau reputasi dari developer rumah tersebut.

Perhatikan Sertifikat Rumah

penyerahan sertifikat dari developer rumahshutterstock.com

Saat kamu membeli rumah melalui developer, maka sertifikat rumah tersebut masih tercatat atas nama developer rumah yang bersangkutan. Sebelum bertransaksi membeli rumah baru, pastikan kamu menanyakan kapan sertifikat rumah bisa dialih namakan kepada kamu. Meskipun hal ini biasanya dicantumkan dalam surat perjanjian jual beli, tapi tak ada salahnya untuk selalu mengonfirmasinya langsung kepada pihak developer rumah. 

Hindari Pembayaran DP Sebelum Persetujuan KPR

penyerahan kunci oleh developer rumahonthemarket.com 

Ada banyak developer rumah yang bekerja sama dengan bank tertentu untuk memudahkan proses pengajuan KPR. Akan tetapi, pastikan kamu tidak membayar DP kepada pihak developer rumah sebelum pengajuan KPR disetujui oleh bank karena ada banyak kasus uang DP yang susah dikembalikan atau dipotong oleh pihak developer rumah. 

Perhatikan Sertifikat IMB

sepasang kekasih memeriksa dokumen dari developer rumahthevaughnrealestategroup.com

Buat kamu yang berencana membeli rumah baru dan sedang dalam tahap pembangunan, pastikan juga untuk mengetahui adanya sertifikat dari Izin Mendirikan Bangunan (IMB) yang dimiliki oleh developer rumah. Sebab, sertifikat ini wajib dimiliki sesuai peraturan pemerintah agar nantinya dapat membantu kamu jika suatu saat mengalami kendala ataupun permasalahan. 

Ketahui Kinerja Developer Rumah Pada Proyek Terdahulu

tips beli hunian melalui developer rumahinvest-ways.com

Ada banyak permasalahan yang ditemukan saat membeli rumah baru melalui developer, mulai dari pembangunan rumah yang tidak diselesaikan meskipun pembayaran rumah telah dilunasi konsumen, penyelesaian pembangunan rumah yang terlambat, hingga pembangunan rumah yang tidak sesuai dengan standar ataupun spesifikasi awal yang ditawarkan. Oleh sebab itu, pastikan kamu mengetahui kinerja developer rumah pada proyek terdahulu agar dapat terhindar dari permasalahan di atas. 

Jangan Transaksi di Bawah Tangan!

proses transaksi jual beli hunian dengan developer rumahshbarcelona.com 

Jika rumah dijual yang akan kamu beli masih berstatus dijaminkan di bank, maka lakukan pengalihan kredit melalui bank bersangkutan dengan dikuatkan akta notaris agar lebih aman. Hindari melakukan transaksi alih kredit di bawah tangan atau atas dasar kepercayaan saja karena tanpa bukti yang akurat, misalnya hanya berupa kwitansi biasa saja, hal tersebut dapat berpotensi mendatangkan masalah di masa mendatang.

Itulah beberapa tips yang bisa kamu lakukan agar terhindar dari penipuan saat bertransaksi melalui developer rumah. Kamu juga bisa, lho menemukan rumah baru maupun rumah dijual di DekorumaHouse! Lokasinya pun tersebar di berbagai daerah di Jabodetabek sehingga bisa disesuaikan dengan domisili kamu. Beberapa di antaranya, ada rumah baru di Bekasi dan Tangerang, serta rumah dijual di Depok dan Jakarta Selatan. Yuk, temukan rumah impianmu di Dekoruma dan ciptakanlah momen indah bersama keluarga di rumah barumu!

article_cicilan_0_percent
Voucher Dekohouse