7 Tumbuhan Langka di Indonesia, Ada yang Kamu Tahu?

Artikel ini dibuat oleh tim konten Dekoruma. Setiap hari, kami menerbitkan cerita mengenai rumah, ikuti di sini.

Jenis-jenis Tumbuhan Langka yang Ada di Indonesia

Kamu termasuk orang yang hobi menghias pekarangan rumah dengan beragam tanaman? Ya, kumpulan aneka tumbuhan memang bisa membuat tampilan rumah jadi lebih asri, bahkan menawan. Ngomong-ngomong soal tumbuhan, pernah nggak sih kamu kepikiran untuk memelihara salah satu tumbuhan langka di halaman rumahmu?

Di Indonesia sendiri, banyak lho jenis tumbuhan langka dengan segala macam keunikannya. Beberapa jenis tumbuhan langka memang dilindungi, tapi ada pula yang bisa ditanam bebas, walaupun memang agak sulit membudidayakan tumbuhan langka tersebut.

Penasaran tumbuhan langka apa saja yang ada di Indonesia? Berikut ini Kania akan membahan tujuh jenis tumbuhan langka nusantara yang akan membuatmu terkagum-kagum sekaligus ingin memilikinya!

Anggrek Hitam

tumbuhan langka anggrek hitamgoogle.com

Tumbuhan langka pertama adalah anggrek hitam dan kamu bisa, lho memelihara tumbuhan ini di halaman rumah! Walaupun memang, harga untuk membeli anggrek hitam terbilang sangat tinggi.

Seperti namanya, tumbuhan langka ini memiliki warna bunga kehitaman di area kelopakanya. Tanaman yang memiliki nama ilmiah Coelogyne pandurata ini tersebar di kawasan Kalimantan Timur. Selain kelopak bunga yang berwarna hitam, ciri lain dari tumbuhan langka ini adalah mahkota bunganya yang lancip dan bentuk daun memanjang berwarna hijau.

Cendana

tumbuhan langka cendanapinterest.com

Kayu dari jenis tumbuhan langka ini dulunya sering digunakan untuk berbagai kerajinan. Kekhasan dari kayu cendana sendiri adalah aroma yang harum sehingga tidak jarang kayu cendana diolah menjadi wewangian atau parfum. Ciri-ciri dari tanaman ini, antara lain batang pohon yang bulat dan memiliki kulit berwarna cokelat. Sementara itu, daunnya berbentuk elips dengan ujung lancip. Cendana bisa berbunga dan menghasilkan bunga yang memiliki empat sampai lima kelopak.

Rafflesia Arnoldi

tumbuhan langka rafflesia arnoldipinterest.com

Kamu pasti sudah nggak asing lagi dengan tumbuhan langka yang satu ini. Tumbuhan yang disebut juga sebagai bunga Padma raksasa ini statusnya sudah terancam punah hingga bersifat dilindungi. Kamu bisa melihat rafflesia arnoldi di beberapa kebun raya, seperti di Kebun Raya Bogor.

Tumbuhan langka ini sangat terkenal karena ukuranya yang sangat besar. Bunganya sendiri bisa berdiameter lebih dari satu meter dengan berat lebih dari 10 kilogram. Ciri khas utama dari tumbuhan langka ini adalah bunganya yang berwarna merah dengan bintik putih serta mengeluarkan bau busuk yang menyengat.

Bunga Bangkai

tumbuhan langka bunga bangkaigoogle.com

Amorphophallus titanum sering disebut sebagai sahabat eratnya Rafflesia arnoldi karena sama-sama mengeluarkan bau busuk menyengat. Namun, sebenarnya tumbuhan langka ini memiliki bentuk yang jauh berbeda dengan Padma raksasa. Tumbuhan langka yang dikenal dengan julukan bunga bangkai ini memiliki bentuk bunga yang menjulang ke atas. Tingginya bahkan dapat mencapai empat meter! Bunga bangkai sendiri berasal dari kawasan Sumatera, tapi kini banyak dikembangkan di berbagai taman hutan raya nusantara.

Anggrek Tebu

jenis tumbuhan langka anggrek tebu di Indonesiawikipedia.org

Dijamin kamu bisa gampang jatuh cinta dengan tumbuhan langka yang satu ini. Anggrek tebu merupakan jenis keluarga anggrek besar yang beratnya bisa menyentuh 1 ton. Panjang bunga anggreknya sendiri bisa mencapai tiga meter hingga disebut juga sebagai anggrek raksasa atau memiliki nama lain Grammatophyllum speciosum.

Bunga anggrek tebu umumnya berwarna kuning dengan motif bintik-bintik. Anggek ini biasa ditemukan di kawasan Jawa, Sulawesi, Kalimantan, dan Maluku. Namun, karena statusnya sebagai tumbuhan langka, pelestarian anggrek tebu tergolong dilindungi negara.

Kantong Semar

tumbuhan langka kantong semarilmubudidaya.com

Bisa bayangkan tanaman yang tergolong pemakan serangga atau daging? Ya, salah satunya adalah kantong semar yang banyak tumbuh liar di hutan langka. Kantong semar memiliki keunikan dari sisi keaktifannya memakan serangga lewat ujung kantong bunganya. Tumbuhan langka ini punya banyak jenis. Di Indonesia sendiri, sudah ada 103 jenis kantong semar yang terklasifikasi.

Damar

tumbuhan langka damarblogspot.com

Mungkin kamu pernah mendengar jenis tanaman ini saat masih sekolah dulu. Namun, tahukah kamu bahwa pohon yang mempunyai nama latin Agathis dammara ini sudah tergolong sebagai tumbuhan langka sekarang? Ini merupakan tumbuhan langka asli Indonesia yang berasal dari Papua. Saat ini, pohon damar sudah tersebar di beberapa wilayah, seperti Papua dan Nusa Tenggara.

Melalui ulasan di atas, kita bisa melihat betapa indahnya keragaman flora di Indonesia. Jangan sampai tumbuh-tumbuhan langka tadi mendadak punah, ya! Yuk, dukung pemerintah melestarikannya dengan tidak terlibat jual beli aneka jenis tumbuhan langka yang berstatus dilindungi!

Temukan artikel informatif lainnya hanya di Dekoruma! Selain artikel, Dekoruma juga jual aneka furnitur multifungsi dan space-saving untuk memaksimalkan fungsi ruang di hunianmu, lho. Beberapa di antaranya, ada sofa bed, lemari dapur, meja makan, hingga meja belajar. Modelnya pun bervariasi dan harganya ramah di kantong. Yuk, wujudkan rumah impianmu bersama Dekoruma karena rumah adalah tempat di mana momen indah berawal!

article_cicilan_0_percent
Voucher Dekohouse