9 Kreasi Vertical Garden yang Bikin Suasana Rumah Lebih Hidup!

Artikel ini dibuat oleh tim konten Dekoruma. Setiap hari, kami menerbitkan cerita mengenai rumah, ikuti di sini.

Inspirasi Vertical Garden untuk Hunian Lebih Asri

Sesuai namanya, vertical garden adalah ruang hijau yang mengambil bidang vertikal alias tegak lurus. Solusi ini cocok untuk kamu yang mengeluh kurangnya area atau lahan berkebun karena sifatnya sangat hemat tempat alias space-saving. Jadi, konsep ini bisa jadi jawaban agar hobi berkebun bisa terus ditekuni, meskipun kondisi rumah terbatas.

Selain itu, kreasi vertical garden bisa jadi sangat indah dan memberi kebanggaan tersendiri. Biar makin bersemangat, cek dulu ide vertical garden dari Kania di bawah ini!

Dinding Belakang Paling Instagrammable

kreasi vertical garden dengan sekatpinterest.com

Buat yang punya halaman belakang dengan akses sinar matahari langsung, coba deh ide kreasi yang super cantik ini. Vertical garden yang dipajang pada bidang dinding ini menghadirkan ruang hijau dengan kapasitas maksimal. Selain tanaman pada vertical garden, jangan lupa tambahkan juga dekorasi unik dan pot-pot tanaman pada bagian lantainya.

Gaya Rustic yang Serba Adem

vertical garden bergaya rusticsunset.com

Ide vertical garden bisa juga dihadirkan dengan cara menggantung pot-pot ke bagian dinding. Supaya hasilnya maksimal, coba ide pot berbentuk unik dengan variasi tanaman hijau. Desain sesuai selera supaya hasil dinding punya ciri khas tersendiri, misalnya rustic, modern, atau minimalis. Supaya tidak repot, langsung saja tiru inspirasi vertical garden ini!

Vertical Garden Penuh Seni

kreasi vertical garden yang fullsucai.gaoding.com

Siapa sih yang tidak pangling melihat indahnya dinding rumah dengan karya artistik vertical garden yang hanya dipenuhi satu jenis bunga ini? Pendekatan vertical garden ini hanya menggunakan tanaman bromeliad yang merupakan jenis tanaman hias yang cukup minim perawatan. Buat kamu yang ingin membuat vertical garden seperti ide di atas, pilihlah tipe bunga yang memang lebih tahan banting.

Desain Interior Vertical Garden

kreasi vertical garden dengan polapinterest.com

Menjadikan vertical garden sebagai bagian dari desain interior rumah? Ide yang brilian! Dengan gaya tanaman yang berlekuk indah, konsep vertical garden ini lebih menekankan pada permainan pola dan warna, serta instalasi lampu secara strategis. Karya hidup ini cocok untuk bagian depan atau belakang rumah sebagai oase vertikal yang sedap dipandang.

Pigura Sukulen Indah untuk Dekorasi

kreasi vertical garden di dalam bingkaisunset.com

Bagi kamu yang baru mau memulai berkebun dengan konsep vertical garden, cobalah mulai dari bidang yang kecil terlebih dahulu. Pilih juga jenis tanaman cantik yang mudah dirawat, seperti sukulen. Dengan sedikit penataan, hasilnya bisa jadi bentuk pigura cantik beraneka ukuran. Meski simpel, kreasi vertical garden yang satu ini dijamin akan membuat semua orang terpukau!

Dapur Asri yang Bikin Adem

vertical garden di area dapurdesignerpremier.com

Vertical garden ini berlokasi di tengah dapur keluarga. Pastinya, spot ini jadi yang paling ideal untuk menanam tumbuhan herbal atau tanaman dapur yang bikin kegiatan memasak makin asyik. Keputusan menanam jenis tanaman tentu tergantung pada hobi masing-masing. Pastikan saja kondisinya tetap ideal agar pertumbuhannya subur dan asri. 

Bingkai Cantik Cermin Rumah

kreasi vertical garden cerminjackmanworks.com

Mau yang unik? Tiru saja ide vertical garden ini, di mana terdapat tambahan dekorasi cermin pada bagian bidangnya. Biarkan tanaman pilihanmu tumbuh mengelilingi bagian cermin sedemikian rupa. Untuk mencapai hasil yang diinginkan, kamu harus rajin memotong dan membersihkannya. Dengan begitu, vertical garden yang multifungsi ini siap dipajang jadi dekorasi kesayangan!

Manfaatkan Ruang Jendela

vertical garden di jendela rumahbalconygardenweb

Kreasi vertical garden tidak terbatas pada bidang dinding saja, lho! Kamu bisa membuat vertical garden yang tetap space-saving dengan memanfaatkan ruang jendela dan rak pembatas dengan berbagai gaya. Cara ini cukup ideal supaya tanaman tetap bisa mendapat sinar matahari. Pilih juga rak transparan biar ruangan terasa lebih lapang dan cerah. 

Pot-Pot Kecil yang Rapi

kreasi vertical garden sederhanabackyardboss.net

Mau membuat vertical garden yang apik dan menarik? Coba pakai penahan pot-pot kecil dan susun sesuai jenis tanaman yang tumbuh. Kunci dari keindahan vertical garden adalah menggunakan pot yang tidak terlalu berat supaya pemasangannya juga gampang. Jangan lupa pilih juga variasi tanaman tetap yang tidak akan kesulitan hidup di bidang yang kecil!

Gimana, semua inspirasi vertical garden di atas cantik-cantik dan asri banget, ‘kan? Dijamin kamu akan lebih semangat dan betah beraktivitas di rumah. Yuk, langsung buat vertical garden di rumahmu! Selamat berkreasi!

Jangan lupa lengkapi juga hunianmu dengan aneka furnitur yang multifungsi dan efisien dari Dekoruma, ya! Dengan demikian, hunian pun akan jadi lebih hemat tempat alias space-saving. Kamu bisa menemukan meja makan lipat, rak dinding, sofa minimalis, hingga kursi malas. Yuk, wujudkan rumah impianmu bersama Dekoruma karena rumah adalah tempat di mana kehidupan indah berawal!

article_cicilan_0_percent
Voucher Dekohouse