5 Ide Cat Ruang Tamu untuk Hunian Japandi yang Nyaman

Artikel ini dibuat oleh tim konten Dekoruma. Setiap hari, kami menerbitkan cerita mengenai rumah, ikuti di sini.

Inspirasi Cat Ruang Tamu Japandi yang Bikin Betah

Kenyamanan dalam sebuah ruang tamu dipengaruhi oleh beragam faktor. Di antaranya adalah furnitur, pencahayaan, dekorasi, serta pemilihan warna cat ruang tamu itu sendiri. Warna cat rumah minimalis dinilai dapat mempengaruhi kenyamanan lantaran memiliki efek psikologi. Sebut saja warna-warna pastel yang menghadirkan kesan lembut dan warna earthy yang menambah kehangatan.

Kamu butuh ide untuk memilih cat ruang tamu di hunian Japandi? Ketahui dulu, hunian bergaya Japandi atau Japanese Scandinavian selalu menggunakan warna-warna yang khas. Mulai dari yang netral, kecokelatan, dan serba pastel. Biasanya juga didominasi oleh warna putih dan baru dikombinasikan dengan warna lain. Nah, sekarang simak inspirasinya melalui ulasan Kania di bawah ini!

Warna Turquoise yang Lembut dan Elegan

warna cat ruang tamu Japandi turquoisedekoruma.com

Pertama-tama, ada warna turquoise yang merupakan campuran dari hijau dan biru. Warna cat ruang tamu ini memang mengambil rona yang agak gelap, tapi tetap lembut sehingga menciptakan kesan yang elegan. Sebagai penetral, kombinasikan dengan warna putih pada sisi lainnya.

Kamu juga bisa memadukannya dengan furnitur berwarna senada atau lebih cerah. Misalnya, sofa berlapis kain abu-abu dan bantal sofa dengan sarung biru. Jika cat ruang tamu ini terasa gelap bagimu, tambahkan dekorasi cermin pada dinding untuk mengatasinya.

Warna Putih yang Klasik

cat ruang tamu Japandi warna putih

dekoruma.com

Warna putih yang klasik tidak akan pernah membosankan, bahkan untuk ruang tamu sekalipun. Dinding ruang tamu berwarna putih ini dilengkapi dengan aksen garis menonjol dengan pola persegi. Pada area tersebut, terdapat dua sofa yang warnanya lebih tua dan coffee table berwarna emas. Posisi meja ada di antara kedua sofa sehingga lebih space-saving. Cat ruang tamu warna putih yang dipadukan dengan tirai dan pintu berwarna cokelat menjadikan ruangan ini semakin nyaman!

Warna Krem, Hangat tapi Tidak Berlebihan

cat ruang tamu Japandi warna kremdekoruma.com

Cat ruang tamu warna cokelat terbukti paling ampuh untuk menghadirkan kenyamanan dan kehangatan. Namun, bagi beberapa orang, warna tersebut terlalu gelap. Sebagai alternatifnya, kamu bisa menggunakan warna krem yang juga mampu menghadirkan kehangatan, tapi tidak menjadikan ruang tamu terlihat gelap.

Elemen-elemen di dalam ruangan ini turut mendukung warna cat ruang tamu. Sofanya berbahan kulit dengan warna baby coffee. Sedangkan kursi dan mejanya terbuat dari kayu. Di bagian dinding terdapat rak gantung yang spacesaving alias hemat tempat. Tidak ketinggalan, ada pula karpet berwarna senada yang membuat telapak kaki terasa nyaman.

Warna Abu-abu dalam Nuansa Ceria

cat ruang tamu Japandi warna abu-abudekoruma.com

Siapa bilang warna abu-abu hanya berlaku untuk hunian minimalis dan kesannya maskulin? Nyatanya, warna abu-abu cocok untuk hunian Japandi dan bisa tampil ceria! Rahasianya terdapat pada perpaduan warna elemen.

Cat ruang tamu ini didominasi dengan warna abu-abu muda. Tirai dan sofanya berwarna senada, tapi dua sofa di ujung ruang tamu memiliki warna yang kontras. Warna kuning dan biru muda inilah yang sukses menciptakan nuansa ceria. Meski kontras, semua elemen ini nampak menyatu dan sangat nyaman dihuni.

Perpaduan Putih dan Ungu Pastel

cat ruang tamu Japandi klasik warna ungu pasteldekoruma.com

Warna putih saja terlalu polos, ya? Kalau begitu padukan saja dengan warna ungu pastel untuk cat ruang tamu. Cara memadukannya bukan dengan dicampur, melainkan dinding dibagi atas beberapa bagian. Cat ruang tamu warna putih menjadi bingkai. Sedangkan cat ruang tamu warna ungu pastel dibubuhkan pada bagian tengah. Seakan-akan warna ini menjadi poin utama dalam ruang tamu. 

Kehangatan pun semakin terasa berkat penggunaan meja kopi dan lantai bermaterial kayu. Pada bagian samping ada tambahan cermin yang multifungsi untuk dekorasi sekaligus membuat ruang tamu terlihat lebih luas. Psst.. warna cat ruang tamu seperti ini cocok untuk desain rumah Japandi klasik, lho!

Itulah lima ide warna cat ruang tamu untuk hunian Japandi yang nyaman. Kamu dapat memodifikasi ide tadi untuk mendapatkan kenyamanan ekstra yang juga sesuai dengan kepribadian. Lalu, jangan lupa hadirkan elemen-elemen ruangan esensial khas Japandi, ya!

Kalau kamu sedang mencari furnitur atau dekorasi bergaya Japandi, kamu bisa menemukannya di Dekoruma, lho! Ada juga furnitur multifungsi dan space-saving yang akan membuat hunianmu makin maksimal dan tidak terkesan sumpek. Yuk, langsung saja cek selengkapnya di Dekoruma dan wujudkanlah rumah impianmu karena rumah adalah tempat di mana momen indah berawal!

Voucher Dekohouse