5 Cara Menghitung Luas Tanah Secara Akurat Tanpa Ribet

Artikel ini dibuat oleh tim konten Dekoruma. Setiap hari, kami menerbitkan cerita mengenai rumah, ikuti di sini.

Tips dan Trik Menghitung Luas Tanah dengan Tepat

Cara menghitung luas tanah sangatlah penting dilakukan untuk kamu yang berencana membangun rumah baru. Adapun, cara menghitung luas tanah ini perlu dilakukan secara akurat karena mempengaruhi harga jual objek serta dapat meminimalisir risiko sengketa tanah.

Pada artikel ini, Kania akan membagikan cara menghitung luas tanah yang bisa kamu lakukan secara sederhana dan cepat. Untuk itu, yuk simak lima cara menghitung luas tanah berikut ini! 

Cara Menghitung Luas Tanah dengan Rumus

gambar meteran sebagai ilustrasi cara menghitung luas tanahhousing.com 

Ada beberapa cara menghitung luas tanah yang bisa kamu lakukan saat membangun rumah baru. Salah satunya adalah menggunakan rumus. Untuk melakukannya, silakan kamu periksa kontur dan bentuk tanah yang akan dihitung sebab berbeda bentuk bidang tanah, maka akan memerlukan cara menghitung luas tanah yang berbeda pula.

  • Cara Menghitung Luas Tanah Persegi Panjang

Untuk tanah berbentuk persegi panjang, kamu bisa menghitung rumus panjang kali lebar. Sebagai contoh, kamu memiliki tanah dengan panjang 10 meter dan lebar 6 meter. Untuk melakukan cara menghitung luas tanah pada kondisi lahan tersebut, kamu cukup menghitung panjang 10 meter dikali lebar 6 meter dengan hasil 60 meter persegi.

  • Cara Menghitung Luas Tanah Segitiga Sembarang 

Untuk tanah berbentuk segitiga sembarang, kamu bisa menggunakan rumus:

S = (A+B+C) : 2

L = √ [S X (S-A) X (S-B) X (S-C)]

Luas tanah:

Untuk penghitungan ini, S merupakan keliling segitiga, ABC merupakan panjang sisi segitiga dan L adalah luas segitiga.

  • Cara Menghitung Luas Tanah Segitiga Siku-siku

Jika lahan yang kamu miliki bentuknya segitiga siku-siku, maka kamu bisa melakukan cara menghitung luas tanah menggunakan rumus: L = ½ x Alas x Tinggi

  • Cara Menghitung Luas Tanah Segitiga Sama Sisi

Untuk cara menghitung luas tanah berbentuk segitiga sama sisi, silahkan hitung dengan rumus L = ¼a2√3. Dalam hal inia” merupakan panjang sisi.

Cara Menghitung Luas Tanah Tak Beraturan (Asimetris)

beberapa alat ukur untuk cara menghitung luas tanahhomeonline.com

Jika bentuk tanah yang kamu miliki bentuknya jelas, maka cara menghitung luas tanah pun bisa dilakukan dengan mudah menggunakan rumus di atas. Lantas, bagaimana untuk penghitungan luas tanah yang tak beraturan? Tenang saja, kamu tetap bisa kok menghitung luas tanah tersebut!

Cara menghitung luas tanah yang asimetris bisa kamu mulai dengan membagi setiap sudutnya menjadi beberapa bagian berbentuk segitiga. Dengan begitu, kamu bisa mencari tahu luas dari masing-masing segitiga tersebut menggunakan rumus yang Kania bahas sebelumnya. Jika sudah mendapatkan hasil dari semua bagian segitiga, tinggal kamu tambahkan saja luas dari masing-masing segitiga tersebut. Jadi, hasil akhirnya itulah yang akan menjadi luas tanah keseluruhan.

Cara Menghitung Luas Tanah dengan Theodolit

dua orang sedang menerapkan cara menghitung luas tanah menggunakan theodolitmedium.com

Selain melakukan cara menghitung luas tanah menggunakan rumus di atas, kamu juga bisa menggunakan bantuan alat bernama theodolit. Biasanya, alat yang kerap digunakan pada suatu proyek pembangunan ini telah dilengkapi buku panduan yang bisa kamu pelajari saat ingin menghitung luas tanah.

Cara Menghitung Luas Tanah dengan Software

cara menghitung luas tanah melalui aplikasi di laptopyoutube.com

Cara menghitung luas tanah lainnya adalah menggunakan software PC. Ada banyak aplikasi yang bisa kamu gunakan, tapi aplikasi paling populer untuk digunakan dalam melakukan cara menghitung luas tanah adalah Autocad.

Untuk melakukan cara menghitung luas tanah dengan Autocad, kamu bisa menggambar denah dengan garis polyline hingga seluruh garis tersambung. Lalu, klik setiap garis yang telah kamu gambar agar nantinya terlihat putus-putus. Setelah itu, silakan gulir ke opsi command section, ketik “li” dan klik enter.

Jika proses melakukan cara menghitung luas tanah dengan Autocad di atas telah benar dilakukan, kamu akan melihat halaman baru yang mencantumkan informasi yang telah digambar, termasuk luasnya. Tidak sulit, ‘kan?

Cara Menghitung Luas Tanah dengan Aplikasi Ponsel

cara menghitung luas tanah melalui handphonenoble.org

Ada pula cara menghitung luas tanah menggunakan aplikasi ponsel. Untuk kamu pengguna Android, ada banyak aplikasi untuk menghitung luas tanah, seperti Kalkulator Area dan Penghitung Luas Tanah. Sementara itu, jika kamu menggunakan ponsel iOS, kamu bisa mencoba aplikasi bernama GeoMap – Field Area Calculator.

Melalui tips di atas, diharapkan kamu bisa mengukur luas tanah secara mudah dan cepat. Selain informasi cara menghitung luas tanah, temukan juga berbagai inspirasi menarik lainnya melalui artikel-artikel di Dekoruma!

Nah, kalau kamu tidak mau repot membangun rumah, kamu juga bisa lho langsung membeli rumah baru yang tersedia di Dekoruma Properti! Terdapat banyak pilihan rumah dengan harga terbaik dari berbagai lokasi di Jabodetabek, seperti rumah baru di Tangerang, Jakarta Barat, dan Depok. Selain itu, ada pula rumah dijual dari tangan kedua dengan harga yang terjangkau. Beberapa di antaranya, ada rumah dijual di Bekasi, Jakarta Selatan, BSD, dan di kawasan lainnya yang sedang berkembang. Yuk, wujudkan rumah impianmu bersama Dekoruma!

Voucher Dekohouse