Bunga Wijaya Kusuma, Si Cantik yang Simpan Mitos Hingga Manfaat

Artikel ini dibuat oleh tim konten Dekoruma. Setiap hari, kami menerbitkan cerita mengenai rumah, ikuti di sini.

Serba-serbi Bunga Wijaya Kusuma

Semasa pandemi, pecinta tanaman hias terus bertambah sehingga tak heran jika jenis bunga yang diincar pun semakin beragam. Salah satunya adalah tanaman hias bernama bunga wijaya kusuma yang kembali mendapatkan banyak peminat di kalangan pecinta bunga di Indonesia.

Bunga wijaya kusuma sangatlah menarik karena tak hanya memiliki paras yang cantik nan indah, tapi juga menyimpan banyak cerita termasuk mempunyai banyak manfaat bagi kesehatan. Nah, pada artikel ini, Kania akan mengulas serba-serbi mengenai bunga wijaya kusuma yang tentu saja bisa dijadikan referensi oleh kamu yang tertarik untuk memulai hobi merawat tanaman hias. Untuk tahu selengkapnya, langsung saja simak ulasan mengenai bunga wijaya kusuma di bawah ini!

Asal-usul Bunga Wijaya Kusuma

bunga wijaya kusuma di dalam pot plastikblogspot.com 

Banyak orang menganggap bahwa bunga wijaya kusuma merupakan tanaman hias asli Indonesia. Namun, fakta sesungguhnya, bunga dengan nama latin Epiphyllum Anguliger ini berasal dari Venezuela, Amerika Selatan. Bunga wijaya kusuma memiliki kemampuan tahan terhadap cuaca panas sehingga bunga ini pun dulunya dibawa oleh para pedagang Tiongkok menuju Indonesia melalui jalur laut pada zaman kerajaan Majapahit. 

Bunga Wijaya Kusuma Favorit Kaum Bangsawan

kumpulan bunga wijaya kusumaworldofsucculents.com 

Pada zaman kerajaan, bunga wijaya kusuma terkenal sebagai tanaman hias favorit para bangsawan. Bahkan, bunga dengan warna dan bentuk kelopak yang elegan ini kerap dijadikan hadiah dari para raja untuk sang ratu karena proses memetiknya memerlukan usaha, seperti bepergian jauh ke dalam hutan. 

Periode Singkat Bunga Wijaya Kusuma Saat Mekar

bunga wijaya kusuma yang mekarwikipedia.org 

Melihat proses bunga bermekaran pada pagi hari mungkin sudah biasa. Namun, hal unik terjadi pada bunga wijaya kusuma yang mekar saat memasuki gelap atau malam hari. Bunga ini akan mekar sempurna pada sekitar pukul 11 malam dan akan mulai layu setelah memasuki pukul 3 pagi.

Meskipun periode mekar dari bunga wijaya kusuma sangatlah singkat, tapi prosesnya sangat dinanti para pecinta bunga karena sangatlah unik dan berbeda dengan bunga kebanyakan. Dalam proses mekar ini, bunga wijaya kusuma pun akan mengeluarkan aroma harum yang sangat khas.

Mitos Bunga Wijaya Kusuma

mitos bunga wijaya kusumaetsystatic.com 

Pada zaman dulu, setiap kerajaan yang memiliki koleksi bunga wijaya kusuma juga kerap disebut kerajaan makmur karena keberadaan bunga ini sangatlah langka. Selain itu, terdapat juga mitos bahwa siapa pun yang melihat proses mekar sempurna dari bunga wijaya kusuma saat malam hari akan mendapatkan kemakmuran dan cepat diberikan keturunan.

Tak hanya itu saja, bunga wijaya kusuma juga memiliki mitos mistis yang berkaitan erat dengan legenda Ratu Selatan. Bahkan, di wilayah Cilacap, Jawa Tengah, bunga wijaya kusuma juga kerap disebut sebagai bunga gaib karena proses kemunculannya yang sangat misterius. 

Manfaat Bunga Wijaya Kusuma

tiga bunga wijaya kusumapinterest.com 

Tak hanya memiliki bentuk kelopak bunga yang sangat indah, bunga wijaya kusuma juga memiliki manfaat yang sangat kaya bagi kesehatan. Bunga wijaya kusuma dianggap mampu membantu meredakan nyeri pada bisul, mengobati batuk ataupun radang tenggorokan, hingga mengobati gejala sesak nafas ataupun asma. Berkhasiat sekali, ya?

Cara Merawat Bunga Wijaya Kusuma

bunga wijaya kusuma di halaman rumahreddit.com

Jika kamu tertarik memelihara bunga wijaya kusuma, kamu juga harus memahami cara merawatnya. Pertama, pastikan kamu tidak menyiramnya dengan air yang terlalu banyak karena bunga ini bisa menjadi busuk dan tidak tumbuh dengan sempurna. Selain itu, hindari penyimpanan di bawah sinar matahari secara langsung karena bisa menyebabkan daun menjadi kering. Jangan lupa berikan juga pupuk secara rutin agar bunga wijaya kusuma dapat tumbuh dengan sempurna.

Demikianlah asal-usul, mitos, hingga manfaat dari bunga wijaya kusuma. Sekarang, apakah kamu tertarik untuk merawat bunga cantik ini di rumah?

Jangan lupa baca juga artikel menarik lainnya di Dekoruma, ya! Selain artikel, Dekoruma juga jual aneka furnitur multifungsi dan space-saving untuk hunianmu, lho. Kamu bisa menemukan coffee table, rak dinding, sofa bed, kursi makan, meja TV, dan masih banyak lagi. Modelnya pun bervariasi dan harganya ramah di kantong. Yuk, langsung saja cek selengkapnya di Dekoruma!

Voucher Dekohouse