Ide Interior Rumah Minimalis Bertema Japandi, Dijamin Keren!

Artikel ini dibuat oleh tim konten Dekoruma. Setiap hari, kami menerbitkan cerita mengenai rumah, ikuti di sini.

Inspirasi Desain Interior Rumah Minimalis dengan Konsep Japandi

Punya rumah dengan luas terbatas? Membuat interior rumah minimalis adalah ide yang bagus supaya hunianmu terlihat fungsional, sekaligus tidak penuh dengan barang-barang yang membuat sumpek. Namun, tentunya kamu nggak mau interior rumah minimalis milikmu terlihat pasaran, ‘kan?

Kamu bisa, lho memodifikasi interior rumah minimalismu dengan tema Japandi. Ini merupakan penggabungan konsep gaya Jepang dan Skandinavia. Memilih tema ini untuk interior rumah minimalis di hunianmu akan membuat kamu dan keluarga semakin betah di rumah.

Pada dasarnya, interior rumah minimalis dengan tema Japandi tetap mengarah ke model space-saving sehingga cocok untuk rumah-rumah dengan luas ruangan terbatas. Namun, konsep Japandi juga memperhatikan dengan detail tiap sudut ruangan dan perabotan agar lebih multifungsi. Daripada kamu penasaran dengan tema Japandi ini, berikut adalah beberapa inspirasi yang cocok kamu terapkan untuk interior rumah minimalis milikmu!

Open-space Biar Lega

desain interior rumah minimalis Japandi Industrialdekoruma.com

Kamu bisa meminimalkan pemakaian sekat atau partisi untuk interior rumah minimalis. Sebagai gantinya, buatlah ruangan menjadi open-space supaya terlihat lega. Dalam satu ruangan, kamu bisa menjadikannya sebagai beberapa ruangan fungsional. Umumnya, di rumah minimalis dengan ruang sangat terbatas, kamu bisa membuat area open-space untuk ruang tamu sekaligus ruang keluarga, ruang makan, dan dapur.

Pintu Kaca Depan Belakang

area makan pada interior rumah minimalis Japandi Industrialdekoruma.com

Terpikir tidak untuk memakai pintu geser kaca buat hunian rumah minimalismu? Selain membuat interior rumah minimalis terlihat makin elegan, pintu kaca juga bisa membuat ruangan terlihat lebih lapang karena bagian luar rumah terlihat lebih menyatu dengan bagian dalam.

area dapur pada interior rumah minimalis Japandidekoruma.com

Jangan cuma memakai pintu geser kaca untuk area rumah bagian depan atau belakang, tapi pakailah untuk keduanya. Konsep interior rumah minimalis dengan pintu geser kaca ini nyatanya multifungsi karena tidak hanya meluaskan, melainkan juga bisa mendukung pencahayaan yang lebih terang sekaligus aliran udara yang lebih lancar. Area dalam rumah pun jadi lebih cerah dan adem.

Kitchen Set Penuh Laci yang Bikin Rapi

kitchen set pada interior rumah minimalis Japandidekoruma.com

Banyaknya barang yang berceceran akan membuat interior rumah minimalis kamu tak sekadar berantakan, tapi juga jadi super sempit. Dapur biasanya menjadi area yang paling rawan dengan aneka peralatan masak yang berantakan. Untuk menyiasatinya, kamu bisa menata interior rumah minimalis hunianmu dengan kitchen set full. Semakin banyak laci di kitchen set, semakin bagus karena artinya kamu punya ruang penyimpanan yang banyak untuk menaruh berbagai peralatan makan dan masak.

Kamar Penuh Unsur Kayu

kamar tidur pada interior rumah minimalis Japandidekoruma.com

Memperkuat unsur Japandi untuk interior rumah minimalis nggak sulit, kok. Contohnya, untuk kamar tidur, penambahan unsur kayu bisa membuat interior rumah minimalis yang tadinya terlihat biasa saja menjadi kuat bertemakan Japandi.

Unsur kayu bisa kamu masukkan untuk bagian lantai dengan menggunakan vinyl kayu ataupun parket. Tambahkan pula unsur kayu untuk beberapa perabot utama, seperti rak ataupun lemari. Dengan begitu tema Japandi di interior rumah minimalis bisa semakin kental!

Putih Simpel Minimalis

area kamar pada interior rumah minimalis Japandidekoruma.com

Jangan lupa, selain unsur kayu, menghadirkan suasana Japandi bisa juga dengan memberi sentuhan warna putih yang simpel, tapi menawan. Salah satu caranya, kamu bisa membuat meja belajar hingga lemari custom yang saling menyatu.

Buatlah model yang space-saving supaya luas ruangan yang terbatas tidak terlihat sumpek. Warna putih jelas memberi kesan minimalis yang bikin lega. Tambahkan pula unsur geser untuk pintu-pintu yang ada, mulai dari pintu lemari ataupun kabinet. Menambahkan unsur cermin pun akan membuat kamar tidur makin estetik. 

Kamar Multifungsi untuk Anak Perempuan

kamar tidur anak pada interior rumah minimalis Japandidekoruma.com

Luas ruangan yang terbatas bisa menjadi sangat multifungsi kalau kamu membuat interior rumah minimalis yang tepat. Untuk kamar anak perempuan, pasti kamu ingin membuat kamar yang bukan hanya untuk tidur, melainkan juga bisa untuk belajar hingga tempatnya berdandan, ‘kan?

Nggak usah khawatir, kamu dapat menggunakan rak gantung space-saving yang sekaligus bisa difungsikan sebagai meja belajar dan disulap menjadi tempat berkaca dalam beberapa detik. Sangat keren dan multifungsi, bukan?

Ruang Bersantai Penuh Privasi

area santai pada interior rumah minimalis Japandidekoruma.com

Model rumah Japandi memang kerap mengusung konsep open space yang membuat hunian lebih lega. Namun, bukan berarti kamu nggak bisa membuat ruangan tertutup yang lebih menjaga privasi. Contohnya, kamu bisa membuat area loteng atau mezanin menjadi ruang santai dengan area yang tertutup.

Jangan lupa unsur kayu di lantai ataupun perabot untuk menekankan tema Japandi pada interior rumah minimalis tersebut. Mulai dari mengobrol bersama pasangan, membaca buku favorit, sampai melakukan maraton film bisa kamu lakukan di ruangan multifungsi yang penuh privasi ini.

Setelah melihat inspirasi di atas, pasti kamu jadi makin tidak sabar untuk membuat interior rumah minimalis bertema Japandi yang multifungsi dan space-saving, ‘kan? Jangan lupa pilih berbagai furnitur dan perabot penunjangnya di Dekoruma, ya! Kalau kamu bingung menentukan desain interior rumah minimalis-nya sendiri, kamu juga bisa mengandalkan Dekoruma untuk membantu membuatkan konsep interior yang sesuai impianmu!

Voucher Dekohouse