8 Manfaat Asam Jawa untuk Kesehatan, Bukan Sekadar Bumbu Masakan

Artikel ini dibuat oleh tim konten Dekoruma. Setiap hari, kami menerbitkan cerita mengenai rumah, ikuti di sini.

Mengetahui Ragam Khasiat Asam Jawa

Asam jawa sudah menjadi bumbu dapur untuk keperluan beragam masakan nusantara. Resep makanan yang dicampur asam jawa rasanya sudah pasti segar. Namun, tahu tidak kalau ternyata asam jawa nggak hanya sekadar sebagai penyedap masakan saja? 

Mengonsumsi makanan dengan asam jawa ternyata berpengaruh juga buat kesehatan tubuh. Bumbu dapur yang satu ini ternyata punya manfaat untuk melindungi berbagai organ tubuh vital. Luar biasa, bukan?

Lalu, apa saja manfaat asam jawa untuk kesehatan? Di bawah ini, Kania sudah merangkum segudang khasiat asam jawa yang bisa membuatmu makin bugar dan terhindar dari berbagai penyakit!

Menyehatkan Pencernaan

manfaat asam jawa untuk pencernaanbettermedcare.com

Gangguan pencernaan ada banyak jenisnya, mulai dari rasa mulas sampai diare ataupun sembelit. Daripada bergantung pada obat kimia, nggak ada salahnya kamu mencoba mengonsumsi racikan asam jawa. Asam jawa yang dicampur dengan kayu manis dan diseduh air panas nyatanya bisa menyehatkan sistem pencernaanmu jika dikonsumsi rutin sehari sekali. Keluhan perut tidak nyaman pun tidak akan ada lagi!

Redakan Batuk

manfaat asam jawa untuk redakan batukwexnermedical.osu.edu

Batuk merupakan kondisi masalah kesehatan umum yang bisa menyerang siapa saja. Kalau kamu batuk, coba deh konsumsi asam jawa! Menyeruput seduhan asam jawa yang dicampur dengan satu gelas air panas dan gula merah ternyata bisa menjadi ramuan herbal yang diandalkan untuk meredakan batuk yang mengganggu.

Mencegah Rambut Rontok

manfaat asam jawa untuk mencegah rambut rontokdamepelo.com

Asam jawa ternyata berguna juga buat penampilanmu, lho! Mencampurkan asam jawa dengan sedikit air untuk dioleskan ke permukaan kulit rambut bisa membuatmu terhindar dari masalah kerontokan rambut. Jangan lupa, ketika mengoleskan racikan asam jawa di kulit kepala, berikan juga sentuhan pijatan yang lembut, ya! Tunggu beberapa saat, lalu bilaslah dengan air sampai bersih.

Menghancurkan Karang Gigi 

manfaat asam jawa untuk untuk menghancurkan karang gigimorimotodc.jp

Biasanya karang gigi bisa dihancurkan dengan meluangkan waktu ke dokter gigi. Namun, ternyata ada solusi lain untuk mengatasi masalah karang gigi yang membuat kamu ragu untuk tersenyum. Kamu bisa menyangrai asam jawa sampai kering kemudian menumbuknya menggunakan penumbuk makanan sampai halus. Setelah itu, bubuhkan dan gosok bubuk asam jawa ke bagian karang gigi sampai nantinya bisa terlepas. Tidak sulit, bukan?

Mengatasi Rematik 

manfaat asam jawa untuk mengatasi rematikgoogle.com

Bukan hanya buahnya, daun asam jawa ternyata juga punya khasiat jitu, lho! Daun asam jawa dipercaya bisa mengatasi rematik. Kamu hanya perlu menggiling daun asam jawa bersama kunyit kemudian seduh dengan sedikit air panas. Jadikan racikan tersebut sebagai obat oles di area yang nyeri karena rematik.

Menurunkan Gula Darah

manfaat asam jawa untuk untuk menurunkan gula darahglobalsportmatters.com

Manfaat asam jawa yang lain adalah mengurangi lemak pada organ hati. Nantinya, hati yang berfungsi lebih optimal bisa membuat kadar gula darah lebih terkontrol. Buat kamu yang selama ini punya masalah diabetes atau kadar gula darah tinggi, menyeruput seduhan asam jawa dengan air hangat sehari sekali sangat direkomendasikan, lho!  

Menjaga Kesehatan Jantung

manfaat asam jawa untuk menjaga kesehatan jantungstartsat60.com

Asam jawa ternyata punya kandungan flavonoid dan polifenol yang tinggi. Kedua senyawa tersebut ternyata mampu mengontrol kadar kolesterol jahat dan baik serta menurunkan kadar lemak dalam darah. Efek positifnya, aliran darah ke dan dari jantung lebih lancar. Penyakit jantung koroner sampai gagal jantung pun bisa dicegah.

Mengurangi Morning Sickness

manfaat asam jawa untuk mengatasi morning sickness pada ibu hamilnewser.com

Morning sickness pada ibu hamil terasa sangat berat. Kamu akan terus mual dan muntah, bahkan sulit dikendalikan. Namun, kamu tidak perlu khawatir karena kamu bisa mengendalikan masalah ini dengan mengonsumsi seduhan asam jawa. Karena alasan inilah, ibu hamil banyak yang disarankan untuk mengonsumsi asam jawa.

Ternyata asam jawa bukan hanya bermanfaat sebagai bumbu dapur saja, ‘kan? Diseduh untuk diminum santai ataupun dijadikan racikan oles nyatanya bisa membuat manfaat asam jawa makin terasa!

Temukan artikel dengan informasi dan inspirasi menarik lainnya di Dekoruma! Selain artikel, Dekoruma juga jual aneka furnitur multifungsi dan space-saving untuk memaksimalkan fungsi ruang di hunianmu, lho. Beberapa di antaranya, ada rak penyimpanan, meja TV, sofa bed, lemari dapur, hingga kursi kantor. Modelnya pun bervariasi dan harganya ramah di kantong. Yuk, langsung saja cek selengkapnya di Dekoruma dan wujudkanlah rumah impianmu karena rumah adalah tempat di mana momen indah berawal!

Voucher Dekohouse