8 Manfaat Daun Suji untuk Kesehatan, Sudah Tahu Belum

Artikel ini dibuat oleh tim konten Dekoruma. Setiap hari, kami menerbitkan cerita mengenai rumah, ikuti di sini.

Mengenal Khasiat Daun Suji Bagi Kesehatan Tubuh

Apa yang kamu tahu soal manfaat daun suji? Kebanyakan orang hanya melihat daun suji sebagai pewarna alami makanan yang aman. Hanya perlu diblender atau dicacah, kemudian dicampurkan pada bahan makanan, maka warna hijau alami akan langsung keluar.

Namun, di samping fungsinya untuk mewarnai makanan, daun suji juga bisa menjadi obat herbal, lho! Memang belum banyak yang tahu, tapi manfaat daun suji tidak kalah dibandingkan tanaman obat herbal lainnya. Berikut ini, Kania akan mengulas beberapa manfaat daun suji untuk kesehatan tubuh. Berminat mencobanya?

Meningkatkan Imunitas Tubuh

manfaat daun suji untuk tingkatkan imunitasetimg.com

Daun suji mengandung zat polifenol. Zat inilah yang berperan penting dalam mendukung kinerja sel-sel tubuh kamu untuk melawan infeksi. Alhasil, imunitas tubuh menjadi lebih kuat dan antibodi yang kamu miliki bisa lebih besar. Risiko terkena infeksi serius dari kuman, bakteri, maupun virus pun bisa dikurangi.

Menambah Nafsu Makan

manfaat daun suji untuk menambah napsu makanfreemalaysiatoday.com

Anak malas makan? Coba deh kamu membuat makanan dengan ekstrak daun suji. Tanaman hijau yang satu ini punya efek positif buat menambah nafsu makan seseorang. Masalah berat badan anak pun bisa teratasi dengan nafsu makan yang baik. Kamu hanya perlu menambahkan daun suji ke dalam makanan sebagai pewarna dan coba lihat, anak akan semangat mengonsumsi makanan yang diberi pewarna daun suji.

Mengurangi Nyeri Haid

manfaat daun suji untuk atasi nyeri haiddailyadvent.com

Jika kamu termasuk orang yang kerap mengalami nyeri haid atau dismenore tiap bulannya, kamu bisa menjadikan daun suji sebagai obat untuk mengatasinya. Daun suji memiliki kandungan senyawa saponin. Senyawa ini diklaim dapat meredakan peradangan yang menimbulkan nyeri. Tentu saja nyeri haid yang timbul karena peradangan dan kontraksi otot rahim juga bisa diminimalkan.

Melawan Sakit Gigi

manfaat daun suji untuk atasi sakit gigioverlandparkcosmeticdentist.com

Pernah menyangka bahwa pewarna makanan alami ini juga bisa menjadi cara yang cukup jitu untuk melawan sakit gigi? Kenyataannya, kamu bisa memilih daun suji sebagai alternatif untuk meredakan sakit gigi maupun gusi yang kamu alami. Kandungan senyawa tanin dan flavonoid pada daun suji terbukti efektif menghilangkan bakteri penyebab sakit gigi.

Meredakan Diare dan Disentri

manfaat daun suji untuk atasi diaretoiimg.com

Diare dan disentri bisa menyebabkan dehidrasi yang berbahaya bagi jiwa, Namun, tidak usah terlalu panik ketika mengalami diare dan disentri. Kamu bisa menjajal manfaat daun suji untuk meredakan gejala kedua penyakit ini. Pasalnya, daun suji memiliki senyawa aktif yang terkenal mampu menghambat pertumbuhan bakteri penyebab disentri maupun diare.

Menurunkan Kadar Kolesterol

manfaat daun suji untuk menurunkan kadar kolesterolmedicalnewstoday.com

Kadar kolesterol tinggi adalah pemicu berbagai penyakit serius, seperti penyakit jantung koroner dan juga stroke, di mana keduanya menjadi sumber penyebab kematian tertinggi di dunia. Nah, daun suji dapat menjadi penolong untuk menurunkan kadar kolesterolmu sehingga risiko terkena penyakit serius tersebut bisa dikurangi. Bahkan, dalam sebuah penelitian, ekstrak daun suji disebut-sebut bisa menurunkan kadar kolesterol darah hingga 50 persen.

Mengobati Batuk Berdarah

manfaat daun suji untuk mengobat batuk berdarahmedicalnewstoday.com

Daun suji mengandung alkaloid yang berperan meredakan infeksi. Tentunya, kandungan tersebut juga bisa berfungsi untuk mengobati infeksi di dalam tenggorokan yang menyebabkan batuk berdarah. Yang kamu butuhkan hanyalah memeras daun suji dan mengonsumsinya secara rutin untuk merasakan khasiatnya.

Mengatasi Masalah Pernapasan

manfaat daun suji untuk mengatasi masalah pernapasandailyecho.co.uk

Tahu tidak, ekstrak daun suji juga telah lama dikonsumsi sebagai obat herbal di beberapa daerah di Indonesia untuk mengatasi beragam keluhan pernapasan, lho! Ini karena daun suji punya kemampuan membunuh berbagai jenis bakteri, tidak terkecuali bakteri penyebab masalah pernapasan seperti Streptococcus pneumoniae yang menyebabkan pneumonia dan Mycobacterium yang memicu penyakit TBC.

Gimana, sangat banyak, bukan manfaat daun suji yang selama ini tidak terlalu terekspos? Yuk, manfaatkan bahan pewarna hijau alami ini dengan sebaik-baiknya agar kamu pun jadi lebih sehat!

Jangan lupa baca juga artikel menarik lainnya di Dekoruma, ya! Selain artikel, Dekoruma juga jual aneka furnitur multifungsi dan space-saving untuk hunianmu, lho. Mulai dari lemari dapurcoffee table, sofa, meja belajar, hingga rak buku, semuanya tersedia. Modelnya pun bervariasi dan harganya ramah di kantong. Yuk, langsung saja cek selengkapnya di Dekoruma!

Voucher Dekohouse