Kompor Gas atau Water Heater, Lebih Hemat Mana untuk Mandi Air Hangat?

Artikel ini dibuat oleh tim konten Dekoruma. Setiap hari, kami menerbitkan cerita mengenai rumah, ikuti di sini.

Persiapan Mandi Air Hangat Menggunakan Kompor Gas atau Water Heater

Di masa pandemi sekarang, menjaga kebersihan dan mengaplikasikan protokol kesehatan sangatlah penting untuk dilakukan. Setelah berkegiatan di luar rumah, kamu pun sebaiknya segera membersihkan tubuh agar terbebas dari kuman, bakteri, bahkan virus yang mungkin menempel. 

Saran Kania, sebaiknya kamu mandi air hangat. Tak sekadar membersihkan tubuh, tapi mandi air hangat juga bisa membuat kamu merasakan sensasi rileks dan memberikan banyak manfaat lain bagi tubuh. Selain itu, kamu juga memiliki sejumlah opsi untuk menyiapkan kebutuhan mandi air hangat, misalnya mendidihkan air menggunakan kompor gas atau dengan cara yang lebih praktis menggunakan water heater.

Kedua opsi tersebut tentu harus kamu pertimbangkan secara matang karena bisa mempengaruhi biaya pengeluaran bulananmu. Lalu, antara kompor gas dan water heater,  kita-kira mana yang lebih hemat, ya? Yuk, simak uasannya bersama Kania di bawah ini!

Manfaat Mandi Air Hangat

seorang ibu menemani anak-anaknya mandi air hangatariston.com

Selain memberikan sensasi rileks dan menenangkan seperti yang disebutkan di atas, mandi air hangat juga dapat memberikan efek positif lain yang bisa dirasakan pada tubuh. Dilansir dari berbagai sumber, mandi air hangat sangatlah efektif untuk meningkatkan kualitas pernafasan, meningkatkan kualitas tidur, mengurangi rasa sakit pada tubuh, membantu membakar kalori, hingga meredakan sakit kepala.

Namun, hal yang paling penting saat ini, mandi air hangat bisa menghilangkan kekhawatiran dari bahaya pandemi. Ini karena meskipun kamu selesai beraktivitas malam hari, kamu tetap bisa membersihkan tubuh dengan mandi air hangat. 

Persiapan Mandi Air Hangat dengan Kompor Gas

perisapan masak air menggunakan kompor gas untuk mandi air hangatariston.com

Setidaknya, ada dua cara yang bisa kamu lakukan untuk persiapan mandi air hangat. Yang pertama, kamu bisa mempersiapkan air hangat menggunakan kompor gas, yakni dengan cara memanaskan atau mendidihkan air secara manual di atas kompor. Akan tetapi, hal ini sepertinya sedikit merepotkan, terlebih jika kamu memiliki banyak pekerjaan atau sedang terburu-buru karena proses memanaskan air memerlukan waktu.

Persiapan Air Hangat dengan Water Heater

water heater Ariston untuk mandi air hangatariston.com

Berkat kecanggihan teknologi, kini kamu juga bisa mandi air hangat secara raktis dengan bantuan water heater. Alat pemanas air ini dapat kamu pakai kapan saja, serta membuatmu tak perlu menunggu lama karena dapat dinyalakan secara otomatis. Selain itu, penggunaan water heater untuk mandi air hangat memudahkan kamu untuk mengatur suhu air yang diinginkan sehingga aktivitas mandi pun bisa dilakukan lebih nyaman.

Pilih Kompor Gas atau Water Heater, ya?

ilustrasi perbandingan kompor gas dan water heater untuk mandi air hangatariston.com

Untuk kamu yang memiliki keterbatasan waktu dan lebih menyukai kepraktisan, maka water heater sangatlah pas digunakan untuk mandi air hangat. Selain itu, penggunaan water heater pun jauh lebih aman ketimbang mendidihkan air menggunakan kompor gas yang rentan berbahaya, terlebih jika ada anak kecil yang tinggal di rumah.

Kendati demikian, ada banyak orang yang masih meragukan mandi air hangat menggunakan water heater karena dirasa memerlukan budget yang besar. Padahal faktanya, mandi air hangat dengan cara mendidihkan air melalui kompor akan memerlukan budget sekitar Rp3.897 per hari atau sekitar Rp116.916 per bulannya, sedangkan mandi air hangat dengan water heater hanya memerlukan biaya sekitar Rp2.217 per haru atau Rp66.523 saja per bulannya. Dengan asumsi biaya listrik per kWh Rp 1.444,7 dan perbandingan menggunakan gas 12 Kg, serta dihitung menggunakan water heater kapasitas 15 liter dengan daya listrik 350 watt untuk keperluan mandi 2 orang ketika 2 kali mandi. Jadi, sudah jelas, ‘kan mana yang lebih hemat dan aman?

Mandi Air Hangat dengan Water Heater Berkualitas!

rangkaian produk water heater Ariston untuk mandi air hangatariston.com

Nah, jika kamu ingin menghemat waktu dan biaya untuk mandi air hangat, tentu saja penggunaan water heater sangat direkomendasikan. Bagi kamu yang saat ini ingin menggunakan water heater, Kania sarankan untuk memilih produk yang berkualitas agar penggunaanya awet dan tahan lama, seperti koleksi produk water heater dari Ariston.

Ariston merupakan merek water heater nomor satu di Indonesia, serta menyediakan berbagai produk water heater yang bisa kamu pilih sesuai kebutuhan. Selain itu, produk water heater dari Ariston juga didukung dengan jaminan garansi perbaikan, desain yang stylish untuk mempercantik tampilan kamar mandi di rumah, serta disertai berbagai fitur pintar dan canggih agar aktivitas mandi air hangat lebih menyenangkan. Yuk, langsung saja pilih produk water heater unggulan dari Ariston!

Voucher Dekohouse