Mau Tinggal di Kompleks Perumahan? Ketahui Dulu Plus Minusnya!

Artikel ini dibuat oleh tim konten Dekoruma. Setiap hari, kami menerbitkan cerita mengenai rumah, ikuti di sini.

Kelebihan dan Kekurangan Tinggal di Kompleks Perumahan

Memilih rumah baru tentu nggak boleh sembarangan. Salah satu yang bisa jadi bahan pertimbangan adalah lokasi dan model area tempat tinggal yang mau kamu pilih. Model area-area tempat tinggal sendiri sangat beragam. Ada yang menyerupai cluster, kompleks perumahan, ataupun area bebas seperti di perkampungan.

Kompleks perumahan sering disebut-sebut sebagai area tempat tinggal dan layak jadi pilihan. Anggapan ini ada benar dan tidaknya. Tinggal di kompleks perumahan memang punya beberapa keunggulan. Namun harus diingat, kelemahan tinggal di kompleks perumahan juga ada.

Yuk, bedah bersama Kania, apa saja sih plus minus tinggal di kompleks perumahan. Dengan begitu, kamu bisa makin matang dalam mempertimbangkan membeli rumah di area kompleks perumahan!

Banner Dekoruma Properti

Keunggulan Kompleks Perumahan

Sejumlah keunggulan ada dalam kompleks perumahan. Bukan hanya dari sisi fisik rumah, kelebihan tinggal di kompleks perumahan juga menyangkut kenyamanan kamu untuk bersosialisasi. Berikut kelebihannya yang bisa kamu rasakan:

1. Tata Rumah Teratur

deretan rumah di dalam kompleks perumahanzen.yandex.ru

Tata rumah di kompleks perumahan umumnya lebih teratur dibandingkan rumah-rumah di lahan bebas. Keteraturan rumah ini tentu saja penting karena dengan begitu, sistem drainase maupun akses jalan di depan rumah kamu juga nggak berantakan.

Keteraturan tata rumah ini juga membuat area hunianmu menjadi lebih bergengsi. Hanya saja karena model rumah terlalu teratur, bahkan ada beberapa yang sangat mirip, kamu mesti memikirkan sedikit renovasi untuk membuat hunianmu punya ciri khas dan beda daripada rumah lainnya.

 2. Memungkinkan Aktivitas Sosial

beberapa orang sedang melakukan aktivitas olahraga di dalam kompleks perumahanhealthyeating.org

Kompleks perumahan mempunyai lahan area yang lebih luas dibandingkan perumahan klaster. Di samping itu, suasana kompleks perumahan juga lebih inklusif sehingga interaksi antar penghuni kompleks lebih mudah terjadi. Kamu pun akan punya tetangga yang lebih banyak.  Beragam aktivitas sosial juga bisa kamu lakukan bersama tetangga-tetangga. Kehidupan area rumahmu dijamin akan lebih seru!

 3. Ada Fasilitas Penunjang

fasilitas taman di dalam kompleks perumahangoogle.com

Kompleks perumahan biasanya punya beberapa area umum yang diinisiasi menjadi tempat bermain anak ataupun lainnya. Adanya fasilitas penunjang ini tentunya menyenangkan. Jadi, kamu nggak perlu repot-repot mencari tempat khusus untuk anak bermain. Bahkan, dalam beberapa kompleks perumahan mewah, terhadap club house yang bisa menjadi tempat untuk melakukan berbagai kegiatan, mulai dari berenang, gym, ataupun acara-acara lain.

 4. Keamanan Terjaga

ilustrasi keamanan di dalam kompleks perumahancontainerjournal.com

Saat ini, kebanyakan kompleks perumahan sudah memiliki penjaga keamanan di area depan perumahannya. Ini tentunya membuat keamanan kawasan tempat tinggal kamu lebih terjaga. Belum lagi karena kekerabatan antar tetangga cukup erat, sering ada pembuatan sistem keamanan keliling yang diberlakukan secara bergilir oleh warga sekitar.

Kelemahan Kompleks Perumahan

Tak bisa dipungkiri, ada kelebihan, pasti ada juga kekurangan. Berikut merupakan kekurangan yang mungkin terjadi jika kamu tinggal di kompleks perumahan:

1. Akses Keluar Terbatas

gambar gerbang kompleks perumahanwikimedia.org

Dalam sebuah kompleks, pintu masuk ke area perumahan biasanya tidak terlalu banyak guna mempermudah menjaga keamanan. Di sisi lain, sistem pintu gerbang perumahan ini membuat akses keluar masuk kompleks menjadi terbatas. Belum lagi jika jika tempat tinggalmu ada di tengah-tengah kompleks perumahan, jalan menuju keluar kompleks akan cukup jauh.

2. Konflik dengan Tetangga

dua orang sedang berkelahi di dalam kompleks perumahanstandard.co.uk

Kekerabatan dengan tetangga di satu sisi memang membuat interaksi sosial semakin kuat. Namun di sisi lain, ini juga bisa menjadi pemicu konflik antar warga. Menjaga perkataan dan sikap tetap perlu kamu junjung tinggi apalagi kalau kamu adalah warga yang menempati rumah baru. Bagaimana pun, kehidupan di kompleks perumahan harus memperhatikan kenyamanan tetangga lainnya.

3. Privasi Kurang Terjaga

beberapa orang sedang bergosip di dalam kompleks perumahantimesofindia.indiatimes.com

Sering dengar ada istilah gosip ibu-ibu kompleks? Hal ini benar adanya, loh! Banyaknya warga dengan interaksi sosial yang cukup kuat akan membuat hal-hal tentang kamu dan keluarga lebih mudah diketahui dan menyebar. Jadinya, privasi keluarga menjadi kurang terjaga.

Setelah mengetahui plus minusnya, apakah kamu semakin tertarik mencari rumah dijual di kompleks perumahan? Atau justru kamu jadi berpikir dua kali? Semoga artikel ini dapat membantu kamu, ya!

Kalau kamu masih ragu, kamu bisa, lho menemukan hunian di dalam perumahan yang nyaman dan berlokasi strategis melalui Dekoruma Properti! Beberapa di antaranya, ada perumahan baru di Bekasi, Jakarta Barat, Tangerang, hingga Depok. Yuk, temukan rumah impianmu di Dekoruma dan ciptakanlah momen indah bersama keluarga di rumah barumu!

Voucher Dekohouse