10 Manfaat Ajaib Tamanu Oil untuk Kecantikan dan Kesehatan Kulit

Artikel ini dibuat oleh tim konten Dekoruma. Setiap hari, kami menerbitkan cerita mengenai rumah, ikuti di sini.

Ragam Khasiat Tamanu Oil yang Bisa Kamu Rasakan

Buat kaum hawa yang selalu kawal tren di dunia skincare dan beauty, pasti nggak asing lagi dengan tamanu oil. Kalau kamu belum tahu, sekarang saatnya kenalan dengan minyak ajaib yang sudah banyak dipakai oleh para beauty bloggers dan influencers lokal sampai global. Intip dan cari tahu seluk beluk tamanu oil beserta manfaatnya bareng Kania, yuk!

Apa itu Tamanu Oil?

pohon tamanu oilshopify.com

Tamanu oil merupakan ekstrak dari biji-bijian yang tumbuh pada pohon kacang tamanu di daerah tropis. Tamanu oil dan bagian lain dari pohon tersebut telah digunakan selama beratus-ratus tahun oleh berbagai suku di Asia, Afrika, dan kepulauan Pasifik sebagai bagian dari kebudayaan.

Sejarah menunjukkan kalau tamanu oil sudah sering dianggap sebagai bagian dari pengobatan, terutama untuk kesehatan kulit. Beberapa studi juga menunjukkan khasiat tamanu oil untuk mencegah pertumbuhan tumor pada pasien kanker, mengobati vaginitis, dan mengurangi gejala pada pasien HIV. 

10 Manfaat Ajaib Tamanu Oil

Meski sudah ada dari zaman dahulu, tapi tamanu oil masih terus populer hingga sekarang. Hal ini karena tamanu oil punya segudang manfaat ajaib, terutama untuk kecantikan wajah. Penasaran apa saja? Simak di bawah ini, ya!

1. Mengobati Jerawat

manfaat tamanu oil untuk wajah berjerawatgoogle.com

Sebuah studi membandingkan hingga lima jenis tamanu oil dari berbagai sumber. Hasilnya terbukti kalau tamanu oil memiliki kandungan antibakteri yang tinggi serta komponen penyembuh luka terhadap bakteri penyebab jerawat. Selain itu, juga ada pembuktian tamanu oil yang bersifat anti radang sehingga baik untuk mengempeskan jerawat.

2. Memudarkan Bekas Jerawat

manfaat tamanu oil untuk memudarkan bekas jerawatbodyperfect.com.my

Nggak cuma untuk mengobati jerawat, tamanu oil juga terbukti sukses menyembuhkan luka berat. Ini karena khasiat regenerasi kulit yang menunjukkan akselerasi pertumbuhan sel, termasuk kolagen dan antioksidan. 

3. Memiliki Efek Anti-Aging

manfaat tamanu oil sebagai anti agingshinagawa.ph

Bagi kamu yang ingin tampil awet muda, saatnya menyediakan tamanu oil di meja rias kamu. Sering dijadikan sebagai bahan untuk produk kecantikan, tamanu oil kaya akan asam lemak yang menghidrasi kulit dari dalam sekaligus antioksidan untuk melawan zat radikal bebas. Keriput dan garis halus keburu ciut deh sebelum muncul!

4. Memudarkan Noda Hitam

manfaat tamanu oil untuk memudarkan noda hitamdermalogica.com.au

Punya noda hitam di wajah? Tidak harus di laser, kok. Kamu bisa memanfaatkan tamanu oil yang bisa memudarkan noda hitam. Aplikasikanlah secara rutin pada wajah. Dengan begitu, noda hitam akan hilang perlahan.

5. Baik Untuk Kulit Kering

ilustrasi tamanu oil di dalam wadah bulatverywellhealth.com

Teksturnya memang bersifat cair dan berminyak, tetapi tidak memicu jerawat. Inilah yang membuatnya menjadi skincare favorit yang ideal untuk kalian yang berkulit kering. Tamanu oil punya kadar lemak yang tinggi, jadi hidrasinya bisa lebih totalitas.

6. Membantu Kondisi Ruam

manfaat tamanu oil untuk meredakan kulit ruamdiarionorte.com

Ruam atau eczema merupakan kondisi radang pada kulit yang sering membuat para wanita tidak percaya diri dengan penampilannya. Walaupun dibutuhkan lebih banyak riset untuk pengobatan terhadap eczema, tapi tamanu oil dipercaya bisa mengatasi bengkak dan kemerahan akibat ruam. 

7. Mengurangi Bekas Stretch Mark

manfaat tamanu oil untuk mengatasi stretch marksbeingtheparent.com

Tidak perlu bayar mahal hingga jutaan untuk membeli skincare saat sedang hamil. Tamanu oil dipercaya memiliki efek melembapkan yang baik untuk mengatasi guratan stretch mark yang kerap dialami oleh para ibu hamil.

8. Mengobati Bekas Gigitan Serangga

manfaat tamanu oil untuk atasi gigitan seranggahealthline.com

Tamanu oil sudah digunakan sejak zaman dulu untuk mengobati gigitan serangga, seperti nyamuk. Lagi-lagi karena kandungan anti radang yang bisa mengempeskan sekaligus membuat kulit terasa lebih lega dan adem. Keren banget, ‘kan? 

9. Mengobati Sunburn atau Luka Bakar

manfaat tamanu oil untuk atasi sunburn dan luka bakarsummitcares4u.com

Jika mengalami kulit terbakar akibat paparan sinar matahari, segera ademkan dengan tamanu oil. Berkat efek menyembuhkan dan juga kandungan antibakteri, minimal kulit yang mengalami luka bakar bisa lebih rileks dan tidak lagi terasa panas.

10. Membantu Pemulihan Segala Jenis Luka

semangkuk tamanu oilverywellhealth.com

Tamanu oil juga bermanfaat untuk menyembuhkan luka, mengatasi radang, dan juga memicu produksi kolagen agar lebih cepat pulih. Pada beberapa kasus perawatan luka di rumah sakit, tamanu oil juga digunakan dengan efek kesembuhan yang cukup menjanjikan.

Nggak ada alasan lagi untuk kamu tidak memiliki tamanu oil. Dengan segudang manfaatnya, kamu pun bisa mendapatkan kulit wajah yang lebih sehat dan mulus. Pastikan kamu beli dari brand terpercaya supaya hasilnya makin maksimal, ya!

Jangan lupa baca juga artikel menarik lainnya di Dekoruma, ya! Selain menyediakan artikel, Dekoruma juga jual aneka furnitur kekinian untuk hunianmu, lho. Mulai dari furnitur esensial, seperti meja, kursi, dan lemari, hingga furnitur yang multifungsi dan space-saving, seperti meja makan lipat, sofa bed, serta tempat tidur, semuanya ada! Harganya pun ramah di kantong. Yuk, langsung saja cek selengkapnya di Dekoruma!

Voucher Dekohouse