5 Inspirasi Ciamik Dekorasi Ruang Tamu Minimalis

Artikel ini dibuat oleh tim konten Dekoruma. Setiap hari, kami menerbitkan cerita mengenai rumah, ikuti di sini.

Jika berkunjung ke rumah kerabat atau teman, ruangan yang pertama kali menjadi pusat perhatian adalah ruang tamu. Di ruangan ini, pemilik rumah akan bercengkerama dengan para tamunya, sambil menghidangkan camilan untuk teman berbincang. Apabila Anda berencana membangun rumah dan ingin mendapatkan ide dekorasi ruang tamu minimalis, coba cek 5 inspirasi ciamik untuk dekorasi ruang tamu berikut ini.  

Dekorasi Ruang Tamu Minimalis Bergaya Zen Jepang

dekorasi-ruang-tamu-minimalis-bergaya-zen-jepangikyu.com

Gaya arsitektur minimalis itu berkiblat pada filosofi Zen yang merupakan budaya masyarakat Jepang  zaman dahulu. Penerapan dekorasi ruang tamu bergaya Zen, akan terlihat pada banyak unsur. Ada beberapa unsur yang diperlukan, saat mendekor ruang tamu minimalis bergaya Zen Jepang ini.

Seperti warna yang terlihat di film zaman Samurai Jepang, warna dinding untuk dekorasi ruang tamu minimalis bergaya Zen bisa memakai warna krem, putih gading, atau abu-abu. Jika Anda ingin mencerminkan nuansa Jepang lebih lagi, bisa memadukan dua warna dan membuat semacam partisi di antara dinding atau memasang wallpaper bergaya Jepang.

Orang Jepang tidak memiliki banyak furnitur di dalam rumah. Mereka senang duduk di lantai menggunakan kursi lesehan berupa tatami. Anda bisa mempercantik ruangan dengan menambahkan tikar Jepang yang warnanya serasi dengan warna dinding. Pasti membuat keluarga Anda betah di rumah.

Jika berbicara aksesori bergaya Zen, Anda cukup membeli benda-benda bernuansa Jepang untuk ditaruh di dinding. Bisa pula memakai rak yang dipakukan di dinding, dengan ciri khas Jepang. Coba cari di toko aksesori dan dekorasi online atau toko serba ada.

Dekorasi ruang tamu minimalis bergaya Tradisional Indonesia

dekorasi-ruang-tamu-minimalis-bergaya-tradisional-indonesiapinterest.com

Gaya tradisional biasanya mengadopsi nilai luhur dari kebudayaan Indonesia. Anda pasti pernah kagum dengan dekorasi ruang tamu atau lobby hotel mewah. Di mana furnitur, aksesori dinding, sampai pemilihan warna dinding tampak elegan dan berhasil mempersembahkan kekayaan budaya Indonesia pada para tamu.

Nah, Anda bisa menconteknya ke dalam dekorasi ruang tamu minimalis di rumah. Sesuaikan saja dengan bujet yang Anda miliki. Jika Anda ingin memakai dekorasi ruang tamu minimalis bergaya tradisional Indonesia, warna apa saja bisa dipergunakan. Tidak ada warna khusus untuk gaya ini. Ada beberapa daerah yang memiliki kekhasan warna seperti Jawa dengan warna kalem, atau Sumatera dengan warna cerah. Pilih saja warna cokelat muda untuk warna dinding, bila Anda menyenanginya.

Furnitur bergaya tradisional mudah ditemukan. Seperti kursi tamu bergaya Jawa dengan corak ukiran di pinggirnya, atau meja yang mencerminkan budaya Dayak dan sebagainya. Meski beberapa furnitur itu terkesan mewah, ada pula yang cukup pas untuk ditaruh di ruang tamu Anda.

Anda dapat mencari aksesori dinding yang tepat untuk menghias ruang tamu minimalis ini. Misalnya, wayang kulit yang ukurannya pas jika dipajang di dinding, dan aksesori unik khas Indonesia lainnya. Anda bisa mencarinya pula di pasar barang antik.

Dekorasi ruang tamu minimalis bernuansa Alam

dekorasi-ruang-tamu-minimalis-bernuansa-alampinterest.ca

Jika Anda memiliki jiwa petualang, dekorasi ruang tamu minimalis dengan nuansa alam cocok untuk diterapkan. Nuansa alam artinya mengadaptasi suasana alam yang kadang temaram di saat malam, atau ceria di saat siang.

Anda dapat mencari banyak referensi inspirasi ini dari situs online desain interior. Apabila ada waktu luang, sempatkan melihat perabotan rumah tangga di toko serba ada. Banyak ide tentang nuansa alam bisa ditemukan di sana. 

Layaknya warna yang terlihat di alam, Anda bisa memilih banyak warna. Bisa memakai warna hijau muda, biru tua, warna kekuningan, bahkan putih. Pilihan berada di tangan Anda. Sesuaikan saja warna dinding dengan furnitur serta aksesori dinding yang akan dipergunakan kelak di ruang tamu.

Furnitur bagi dekorasi ruang tamu minimalis bernuansa alam bisa melihat dari pemilihan bahannya. Misalnya memakai kursi dari kayu jati atau meja dari rotan, yang sangat bercirikan alam. Bisa pula memilih sofa bergambar daun atau bermotif bunga.

Aksesori dinding untuk ruang tamu nuansa alam cukup mudah ditemukan. Bisa memajang pigura foto yang terbuat dari kerang, memasang lukisan dari daun-daun yang dikeringkan, dan banyak contoh lainnya.

Dekorasi ruang tamu minimalis bernuansa Islami

dekorasi-ruang-tamu-minimalis-bernuansa-islamiamazon.co.uk

Zaman di mana simbol-simbol agama diperlihatkan di ruang publik, selain ruang privat, bisa saja menjadi inspirasi asyik untuk dekorasi ruang tamu minimalis Anda. Mengapa tidak?
Dekorasi ruang tamu bernuansa Islami, berarti ada sentuhan kebudayaan negeri yang identik dengan Islam, seperti Timur Tengah. Bisa juga memasang lukisan kaligrafi di tengah tembok ruang tamu, untuk menegaskan nuansa Islam di ruangan tersebut. Anda perlu memperhatikan ketiga unsur ini, antara lain:

Warna dekorasi ruang tamu bernuansa Islami, bisa dengan warna yang menyejukkan hati, seperti putih, hijau muda, atau cokelat muda. Anda bisa pula menambahkan wallpaper dengan gambar bercirikan Islami.

Anda dapat memilih dari buku dekorasi ruangan luar negeri, atau kalau perlu lihat website khusus yang membahas masalah ini. Furnitur bernuansa Islami memang masih jarang yang mencari.

Bagi Anda pengemar seni kaligrafi, tidak sulit menemukan satu dua karya kaligrafi untuk ditaruh di dinding ruang tamu. Pilihlah lukisan kaligrafi yang indah dipandang dan memiliki makna mendalam.

Dekorasi ruang tamu minimalis dengan sentuhan Modern

dekorasi-ruang-tamu-minimalis-dengan-sentuhan-modernpinterest.com

Terakhir adalah dekorasi ruang tamu minimalis yang memakai sentuhan modern atau bergaya kekinian. Apa itu gaya modern atau kekinian? Gaya modern biasanya merujuk pada sesuatu yang simpel, tapi trendi dan berkelas.

Coba cari inspirasi dari menonton film bertema futuristik. Barangkali warna-warna monokrom atau keperakan bisa dijadikan pilihan, untuk warna furnitur di dalam ruang tamu minimalis Anda.

Jika Anda memilih gaya modern ini, berarti Anda siap bereksperimen dengan mencampur beragam warna, untuk menghasilkan warna yang kekinian. Konsultasikan hal ini kepada dekorator interior yang Anda kenal pula.

Pilih furnitur yang terbuat dari bahan ringan dan kuat, meski terbuat dari baja, plastik atau material lainnya. Coba perhatikan aksesori atau hiasan dinding yang bergaya kekinian di internet. Anda pasti menemukan banyak pilihan, seperti lukisan dengan gaya abstrak, dan lain sebagainya.

Temukan beragam produk keperluan rumah, seperti furnitur dan dekorasi hanya di Dekoruma! Dekoruma jual sprei, sofa, hiasan dinding, dan beragam perlengkapan rumah lain yang akan membuat hunian jadi lebih hidup.

Tak hanya itu saja, bagi kamu yang sedang membutuhkan kasur baru, Dekoruma juga jual aneka kasur dari merek-merek ternama, seperti kasur Alga, King Koil, dan The Luxe yang pastinya dengan kualitas material terbaik. Yuk, langsung saja cek selengkapnya di Dekoruma!

article_cicilan_0_percent
Voucher Dekohouse