Ini Dia 5 Bisnis Waralaba Bermodal Kecil, tapi Paling Menguntungkan!

Artikel ini dibuat oleh tim konten Dekoruma. Setiap hari, kami menerbitkan cerita mengenai rumah, ikuti di sini.

Ide Bisnis Waralaba yang Mendatangkan Cuan

Kamu mungkin tak asing dengan bisnis waralaba atau franchise. Biasanya, model bisnis waralaba ditunjukan dari banyaknya cabang dengan nama sama di berbagai tempat atau kota berbeda. Selain itu, bisnis waralaba pun biasanya mencakup berbagai bidang usaha, termasuk makanan. 

Bisnis waralaba dimiliki oleh badan usaha ataupun individu yang memberikan hak kepada pihak lain untuk memanfaatkan merek ataupun ciri khas usahanya. Nantinya, kamu bisa menggunakan merek dagang tersebut dengan sistem royalti, bagi hasil, dan membayar penuh agar bisa menjalankan bisnis waralaba sesuai standar yang ditetapkan. 

Sangat cocok untuk kamu yang tak ingin repot, bisnis waralaba juga biasanya menawarkan merek yang telah berkembang dan teruji sehingga kamu tak perlu memiliki pengalaman banyak dalam menjalankannya. Nah, jika kamu tertarik dengan bisnis waralaba, tapi modalnya masih minim, maka tak ada salahnya untuk menyimak ide bisnis waralaba dari Kania berikut ini!  

Bisnis Waralaba Kedai Kopi

bisnis waralaba kedai kopipinterest.com 

Penggemar minuman kopi jumlahnya makin banyak. Maka, tak heran kamu bisa menemukan banyak kedai kopi, bahkan hingga ke pelosok sekalipun. Ini karena minuman kopi disukai oleh berbagai kalangan. Sekarang, kamu juga bisa membuka bisnis waralaba dari kedai kopi terkenal dengan modal yang sangat beragam. Namun, jika modalmu masih minim, kamu bisa mengikuti bisnis waralaba dengan membuka kedai kopi berukuran mini yang tentu saja tidak memerlukan space besar dalam operasionalnya.  

Bisnis Waralaba Kebab 

ide bisnis waralaba kebabwikimedia.org 

Makanan khas Timur Tengah ini pun memiliki banyak penggemar. Kini, kamu bisa mengikuti bisnis waralaba dengan menjual kebab dari merek tertentu dan memasarkannya seperti di area kompleks perumahan ataupun menyewa space di pusat perbelanjaan. Untuk menjalankan bisnis waralaba kebab, kamu bisa menyiapkan modal sekitar Rp5 juta dan nantinya akan mendapatkan gerobak, bahan masakan, serta perlengkapan memasak.  

Bisnis Waralaba Ayam Goreng 

ide bisnis waralaba ayam gorengwikimedia.org 

Masih dari bidang kuliner, bisnis waralaba ayam goreng merupakan salah satu usaha yang tak terpengaruhi tren karena digemari oleh hampir semua orang. Kamu bisa join dengan badan usaha yang menawarkan bisnis waralaba untuk nantinya menjual berbagai menu ayam goreng, termasuk ayam goreng krispi ataupun ayam geprek yang kini banyak digandrungi orang-orang.  

Bisnis Waralaba Kurir Pengiriman 

bisnis waralaba kurir pengiriman paketforbesz.com 

Jika tak ingin menjalankan bisnis waralaba makanan, kamu juga bisa mencoba untuk bergabung dengan usaha kurir pengiriman. Ide bisnis layanan kurir pengiriman sendiri kini sedang berkembang pesat seiring dengan tingginya pengguna internet dan smartphone untuk belanja online. Saat ini, sejumlah perusahaan ekspedisi di Indonesia membuka kemitraan dengan berbagai skema, salah satunya sistem kemitraan full yang mengharuskan kamu turut menyediakan tempat khusus untuk difungsikan sebagai agen pengiriman.  

Bisnis Waralaba Laundry

ide bisnis waralaba laundrypinterest.com

Ada pula bisnis waralaba laundry yang juga memiliki peminat tinggi karena telah menjadi kebutuhan utama masyarakat. Untuk bisnis waralaba laundry, terdapat juga beberapa skema yang bisa kamu pilih. Mulai dari berupa investasi hingga mengelola agen secara penuh, di mana kamu harus menyediakan tempat dan nantinya kamu akan diberikan peralatan laundry yang lengkap, seperti mesin cuci, mesin pengering, dan alat pendukung usaha lainnya. 

Jika saat ini kamu tertarik untuk bergabung dan menjalankan bisnis waralaba, kamu sebaiknya melakukan berbagai riset, seperti mempelajari target pasar, menentukan lokasi terbaik, hingga menghitung potensi keuntungan maupun kerugian yang akan didapatkan. Selain itu, pastikan juga kamu mempelajari skema ataupun sistem yang diberlakukan oleh pemilik bisnis waralaba agar kamu bisa menjalankan usaha secara maksimal. Jadi, apakah kamu tertarik untuk membuka bisnis waralaba?

Jangan lupa baca juga artikel menarik lainnya di Dekoruma, ya! Selain artikel, Dekoruma juga jual aneka furnitur multifungsi dan space-saving untuk hunian atau tempat kamu menjalankan bisnis waralaba, lho. Di antaranya, ada kabinet dapur, meja kerja, sofa, coffee table, serta meja dan kursi makan. Modelnya pun bervariasi dan harganya ramah di kantong. Yuk, langsung saja cek selengkapnya di Dekoruma!

Voucher Dekohouse